Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari Gini Masih Punya Konflik di Tempat Kerja? Buruan Selesaikan dengan Cara Ini

Hari Gini Masih Punya Konflik di Tempat Kerja? Buruan Selesaikan dengan Cara Ini Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Diskusi di tempat kerja tidak selamanya adem ayem. Konflik kerap terjadi, dan itu adalah hal yang lumrah. Konflik itu bisa terjadi dalam berbagai macam, mulai konflik antara dua karyawan sampai seluruh tim.

Baca Juga: Richard Branson Nasihati Elon Musk: Jangan Bekerja Terlalu Keras

Sesulit apapun konflik yang terjadi dalam suatu perusahaan, penyelesaian adalah hal yang mungkin. Jadi, bagaimana upaya kamu untuk menyelesaikan konflik yang terjadi? Melansir dari Entrepreneur, berikut beberapa strategi yang tepat yang bisa kamu lakukan:

Merangkul konflik

Ketika konflik muncul, jangan menghindarinya atau berpura-pura tidak ada yang terjadi. Seiring berjalannya waktu, ketegangan akan meningkat dan konflik hanya akan menjadi lebih buruk. Atasi masalah yang tidak nyaman ini sesegera mungkin, sebelum masalah dan perasaan buruk menjadi tertanam dalam pekerjaan sehari-hari.

Jika kamu melihat konflik di antara karyawan, dorong mereka untuk menemukan cara untuk menyelesaikannya. Jika konflik berkembang antara dua tim, ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan komunikasi antardepartemen. Jika kamu memiliki konflik dengan salah satu karyawanmu, atasi langsung dan secara pribadi.

Baca Juga: Akuisisi Usaha Kecil? Tips and Trik Ala Bos KFC Boleh Juga Nih

Bicara bersama

Atur waktu dan tempat sehingga kamu dapat berbicara untuk rentang yang diperpanjang tanpa gangguan dari luar.

Ketika kamu bertemu, setiap orang harus memiliki waktu yang cukup untuk mengatakan apa yang dia yakini perlu didengar pihak lain. Jangan biarkan individu memonopoli pembicaraan atau mengontrol topik. Setiap orang harus berbicara tentang perbedaan pendapat dan bagaimana perasaannya tentang situasi tersebut.

Ingat, ini bukan saatnya untuk menyerang atau menyalahkan. Fokus pada masalah, bukan pendapat Anda tentang karakter orang lain.

Dengarkan baik-baik

Sangat penting untuk memberikan perhatian penuh kepada orang yang sedang berbicara. Jangan menyela orang lain.

Pastikan kamu menerima pesan yang ingin ia sampaikan. Ulang dan ulangi kembali apa yang kajmu dengar untuk mengonfirmasi pemahaman. Mendengarkan selalu harus tentang mendapatkan pemahaman. Jangan biarkan dirimu menjadi reaksioner terhadap kata-kata orang lain.

Temukan kesepakatan

Pembicaraan yang kamu lakukan terutama akan fokus pada perbedaan pendapat, tetapi resolusi hanya mungkin terjadi ketika kamu menemukan poin kesepakatan. Terangkan kesamaan. Mencari persetujuan menunjukkan kesediaanmu untuk mencari titik temu dan membangun hubungan di sekitar elemen-elemen kepercayaan itu.

Berikan panduan

Jika kamu berada di posisi kepemimpinan, ada saatnya kamu perlu menengahi konflik kerja. Jangan memihak, selamanya. Sadarilah bahwa kamu ada di sana hanya untuk membantu karyawanmu mengatasi masalah mereka.

Cepat memaafkan

Setiap konflik membutuhkan resolusi yang jelas yang mengakui perasaan terluka dan menemukan solusi yang mulai memperbaikinya. 

Minta maaf. Beri tahu orang lain bahwa kamu benar-benar menyesal atas kata-kata atau tindakan buruk dan bersungguh-sungguh. Kamu juga harus memaafkan orang lain, hapus dendam.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: