Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ternyata, Starbucks Tak Tawarkan Investasi Waralaba

Ternyata, Starbucks Tak Tawarkan Investasi Waralaba Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Melakukan investasi waralaba pada bisnis yang sudah menyandang nama beken tentu menarik perhatian banyak pebisnis. Namun, jika Anda tinggal di AS atau Kanada, memiliki waralaba Starbucks mungkin bukanlah hal yang cocok.

Mengutip dari Entrepreneur (11/3/2019), CEO Starbucks Howard Schultz mengatakan, “Kami percaya sejak awal bahwa interaksi orang-orang dengan pengalaman Starbucks akan menentukan keberhasilan merek. Budaya dan nilai-nilai tentang bagaimana kami berhubungan dengan pelanggan kami, yang tercermin dalam bagaimana perusahaan berhubungan dengan [karyawan] kami, akan menentukan keberhasilan kami.

Dan kami pikir cara terbaik untuk memiliki nilai-nilai universal semacam itu adalah membangun di sekitar toko-toko milik perusahaan dan kemudian memberikan opsi saham kepada setiap karyawan, untuk memberi mereka saham finansial dan psikologis di perusahaan.”

Baca Juga: Rahasia Starbucks Pertahankan Kualitas Kopinya

Schultz selalu memandang waralaba sebagai cara untuk mendapatkan akses ke modal, karena Anda menggunakan uang orang lain untuk tumbuh, pada dasarnya. Sulit untuk memberikan tingkat kepekaan kepada pelanggan dan pengetahuan tentang produk yang dibutuhkan untuk menciptakan nilai-nilai Starbucks jika mereka melakukan waralaba.

Jadi, kecuali Anda tinggal di negara asing, tempat waralaba Starbucks lebih umum, Anda akan memerlukan strategi yang berbeda.

Namun, jika memang Anda bersikukuh untuk membuka bisnis kedai kopi ini, Anda bisa membuka toko Starbucks berlisensi.

Starbucks memang menawarkan toko berlisensi. Jadi, jika Anda sudah memiliki bisnis atau lokasi yang dapat membantu Starbucks mencapai demografi baru, Anda mungkin dapat menjangkau tentang menambahkan Starbucks ke lokasi itu.

Baca Juga: Starbucks Jalin Mitra dengan Uber, Layanan Pesan Antar

Ini cukup umum. Menurut Statista, ada 13.930 lokasi Starbucks di Amerika Serikat pada Oktober 2017, dan 5.708 lokasi Starbucks adalah toko berlisensi, yaitu sekitar 41 persen.

Di situs web lisensi Starbucks, Anda dapat melihat bahwa perusahaan membantu toko berlisensi dengan banyak aspek bisnis, termasuk desain toko, menu Starbucks, peralatan, pelatihan dan dukungan, makanan, promosi, dan kunjungan di tempat.

Namun, ini bukan pilihan yang paling mudah diakses atau terjangkau untuk semua orang. Anda harus sudah memiliki lokasi yang menarik di mana Starbucks ingin membuka dan sumber daya untuk membuka Starbucks itu. Jika Anda ingin membuka Starbucks sebagai bisnis pertama Anda, atau investasi besar pertama, ini mungkin bukan pilihan bagi Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: