Portal Berita Ekonomi Selasa, 26 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:42 WIB. Mandiri - Bank Mandiri telah merampungkan kajian mengenai akuisisi sebagian saham Bank Permata.
  • 10:41 WIB. Mandiri - Bank Mandiri menawar Bank Permata di harga Rp1.115-Rp1.200 per saham.
  • 10:41 WIB. DJBC -  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bekerja sama dengan Bank Mandiri dalam hal pembayaran bea cukai.
  • 10:03 WIB. Suku Bunga - Yellen: The Fed perlu menurunkan suku bunga acuan. 
  • 10:02 WIB. Resesi - Mantan Gubernur The Fed, Janet Yellen menyatakan yield obligasi pemerintah AS bukan tanda akan terjadi resesi. 
  • 09:55 WIB. WIKA - Wijaya Karya memperoleh kontrak baru senilai Rp10,5 triliun.
  • 09:25 WIB. Rupiah - Rupiah menguat 0,04% ke level Rp14.175 per dolar AS. 
  • 09:03 WIB. IHSG - IHSG rebound 0,46% ke level 6.440,92 di awal sesi I.
  • 09:02 WIB. INKA - INKA dan Len Industri membidik proyek perkeretaapian di Afrika.
  • 08:08 WIB. Pelindo II - Pelindo II menyiapkan modal Rp1,7 triliun untuk membeli 49% saham anak usaha Krakatau Steel.
  • 08:07 WIB. PGN - Nusantara Regas dan PGN sepakat kerja sama pengembangan infrastruktur gas alam cair.
  • 08:06 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah memiliki rencana melantai di bursa dengan melepas paling tinggi 20% saham.
  • 07:56 WIB. ANTM - Antam mengembangkan Taman Buah Nusantara di Kecamatan Nanggung, Bogor.
  • 05:35 WIB. SMF - Obligasi terbaru milik SMF punya daya tarik tinggi bagi investor.
  • 05:31 WIB. WIKA - Hingga 25 Maret 2019, nilai kontrak baru dari luar negeri yang sudah berhasil dikantongi WIKA sebanyak Rp600 miliar.

Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis

Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Salah satu cara untuk tetap kompetitif dalam bisnis modern adalah mengotomatiskan sebanyak mungkin proses. Ini terbukti dari maraknya layanan self checkout di toko grosir dan memesan kios di restoran. Seperti dilakukan, Amazon baru-baru ini membuka toko tanpa kasir atau self checkout, dan membatasi interaksi dengan manusia hanya jika benar-benar diperlukan.

Salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam self checkout itu adalah chatbot. Chatbot memberikan value dan manfaat dari kemampuan teknologi tersebut untuk mengotomatiskan percakapan di seluruh kegiatan dalam sebuah kegiatan bisnis dan produksi. Berikut adalah lima manfaat utama yang disadari oleh bisnis saat menggunakan chatbots.

1. Hemat Waktu & Uang

Dengan mengotomatiskan percakapan yang sebaliknya mengharuskan karyawan untuk menjawab, perusahaan lebih menghemat waktu dan uang yang kemudian dapat dialokasikan untuk upaya lain. Jumlah waktu yang dihemat akan bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah pesan masuk. Penelitian Sprout Social menunjukkan jumlah pesan sosial yang membutuhkan respons dari suatu merek meningkat sebesar 18% dari 2015 hingga 2016.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia

2. Hasilkan Petunjuk & Penghasilan

Chatbots menggunakan pesan langsung untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memberikan dukungan yang efektif. Misalnya, menanyakan kepada pengguna mengapa mereka mengunjungi halaman Anda adalah satu pertanyaan yang mungkin ditanyakan dalam setiap keterlibatan. Mengotomatiskan interaksi awal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi yang diperlukan agar agen melayani mereka dengan lebih baik tanpa memerlukan manusia untuk memintanya.

Sebagai contoh, chatbot situs web Drift memenuhi syarat prospek dan mengumpulkan alamat email mereka sehingga seorang tenaga penjualan dapat menindaklanjuti. Chatbot ini secara otomatis memberikan arahan yang berkualitas ke organisasi penjualan sembari juga berjuang melawan kelelahan yang disebabkan oleh menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

3. Membimbing Pengguna untuk Hasil yang Lebih Baik

Pelanggan tidak selalu tahu ke mana harus pergi untuk menemukan informasi yang mereka minati. Bahkan, pelanggan mungkin tidak tahu apa yang mereka minati. Mungkin mereka hanya mendengar nama merek Anda secara sepintas lalu memutuskan untuk menjelajahi. Namun dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang memenuhi syarat, akan mengarahkan pengguna ke tempat terbaik bagi mereka untuk menemukan informasi yang mereka inginkan.

Sebuah organisasi global seperti maskapai penerbangan, antara lokasi keberangkatan, lokasi kedatangan, potensi peningkatan, dan berbagai tempat untuk membeli tiket, ada kombinasi jumlah yang hampir tak terbatas untuk pembelian. Dengan mempersonalisasikan pertanyaan yang diajukan chatbot, maskapai penerbangan tersebut mengarahkan pelanggan ke cara terbaik untuk membeli dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

4. Berikan Dukungan 'Setelah Jam Kerja'

Melihat data Drift, penggunaan chatbots yang paling populer adalah untuk memberikan jawaban cepat dalam keadaan darurat. Namun, organisasi yang tidak menawarkan dukungan 24 jam tidak akan memberikan jawaban ketika kantor ditutup. Dengan menggunakan chatbot yang kuat ketika bisnis Anda ditutup, pelanggan tetap mendapatkan akses ke informasi yang mereka butuhkan. Ini sangat penting karena konsumen mengharapkan respons yang lebih cepat daripada yang dapat dijamin oleh merek.

Menurut Indeks Q2 2016 Sprout Social, pelanggan mengharapkan respons antara 0-4 jam. Namun, merek biasanya membutuhkan waktu 10 jam untuk merespons. Chatbots membantu Anda secara signifikan mengurangi waktu rata-rata untuk merespons, membawa Anda lebih dekat dengan harapan pelanggan Anda.

Baca Juga: Seberapa Perlu Perusahaan Anda Memakai Chatbot?

5. Libatkan Pengguna dengan Cara Unik

Secara tradisional, pertanyaan pelanggan dialihkan ke bisnis melalui email atau telepon, yang membuat pengalaman pengguna cukup standar dan tidak disesuaikan. Tetapi chatbots menawarkan cara baru, menyenangkan dan interaktif untuk terlibat dengan merek. Salah satu contoh yang bagus adalah Twitter Domino's Pizza. Domino's memungkinkan pelanggan memesan pizza hanya dengan berbagi emoji. Bot Domino kemudian mengirimkan pesanan itu dan mengajukan pertanyaan tambahan jika perlu.

Tag: Chatbot, Artificial Intelligence

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/Per Lööv

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,811.94 3,773.16
British Pound GBP 1.00 18,863.79 18,674.98
China Yuan CNY 1.00 2,130.32 2,109.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,294.00 14,152.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.01 10,009.71
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.61 1,803.45
Dolar Singapura SGD 1.00 10,574.83 10,465.91
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,152.22 15,986.10
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,512.90 3,474.59
Yen Jepang JPY 100.00 13,022.96 12,890.06

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6411.251 -114.023 629
2 Agriculture 1467.681 -23.100 21
3 Mining 1862.488 -25.374 47
4 Basic Industry and Chemicals 901.511 -8.856 71
5 Miscellanous Industry 1253.301 -31.590 46
6 Consumer Goods 2589.678 -73.784 52
7 Cons., Property & Real Estate 457.407 -8.163 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.772 -18.143 72
9 Finance 1244.414 -18.822 91
10 Trade & Service 817.509 -10.958 155
No Code Prev Close Change %
1 BEEF 190 240 50 26.32
2 COCO 525 650 125 23.81
3 BKDP 61 74 13 21.31
4 GAMA 58 70 12 20.69
5 STAR 104 120 16 15.38
6 JSKY 1,480 1,635 155 10.47
7 GDYR 2,100 2,300 200 9.52
8 ECII 990 1,080 90 9.09
9 PSSI 186 202 16 8.60
10 SRAJ 199 214 15 7.54
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 168 130 -38 -22.62
2 KONI 378 310 -68 -17.99
3 GLOB 440 380 -60 -13.64
4 TALF 340 300 -40 -11.76
5 HDFA 179 158 -21 -11.73
6 PEHA 2,630 2,330 -300 -11.41
7 BMSR 150 133 -17 -11.33
8 MFMI 830 740 -90 -10.84
9 KOIN 268 240 -28 -10.45
10 ARTA 700 630 -70 -10.00
No Code Prev Close Change %
1 INDF 7,400 6,775 -625 -8.45
2 JAYA 172 164 -8 -4.65
3 ICBP 10,325 9,400 -925 -8.96
4 ASII 7,250 7,050 -200 -2.76
5 ANTM 960 920 -40 -4.17
6 BBRI 4,060 4,000 -60 -1.48
7 SIMA 168 130 -38 -22.62
8 GGRM 85,900 81,800 -4,100 -4.77
9 BEEF 190 240 50 26.32
10 ADRO 1,425 1,365 -60 -4.21