Portal Berita Ekonomi Selasa, 22 Oktober 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:25 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 58,36 US$/barel
  • 20:25 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 52,88 US$/barel
  • 20:24 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.494 US$/troy ounce
  • 20:23 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,13% terhadap Yuan pada level 7,0722 Yuan/US$
  • 20:22 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,02% terhadap yen pada level 108,47 Yen/US$
  • 20:22 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,02% terhadap Poundsterling pada level 1,2987 US$/Pound
  • 20:21 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,04% terhadap Euro pada level 1,1162 US$/Euro
  • 16:19 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,02% pada level 26.725
  • 16:17 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup menguat 0,89% pada level 3.141
  • 16:16 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 0,05% pada level 2.939
  • 16:07 WIB. Valas - Yuan ditutup melemah 0,13% terhadap USD pada level 7,0725 Yuan/USD
  • 16:06 WIB. Valas - Rupiah ditutup melemah 0,47% terhadap USD pada level Rp. 14.080/USD 
  • 14:06 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup menguat 0,25% pada level 22.548
  • 14:05 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,20% pada level 2.064

Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis

Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Salah satu cara untuk tetap kompetitif dalam bisnis modern adalah mengotomatiskan sebanyak mungkin proses. Ini terbukti dari maraknya layanan self checkout di toko grosir dan memesan kios di restoran. Seperti dilakukan, Amazon baru-baru ini membuka toko tanpa kasir atau self checkout, dan membatasi interaksi dengan manusia hanya jika benar-benar diperlukan.

Salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam self checkout itu adalah chatbot. Chatbot memberikan value dan manfaat dari kemampuan teknologi tersebut untuk mengotomatiskan percakapan di seluruh kegiatan dalam sebuah kegiatan bisnis dan produksi. Berikut adalah lima manfaat utama yang disadari oleh bisnis saat menggunakan chatbots.

1. Hemat Waktu & Uang

Dengan mengotomatiskan percakapan yang sebaliknya mengharuskan karyawan untuk menjawab, perusahaan lebih menghemat waktu dan uang yang kemudian dapat dialokasikan untuk upaya lain. Jumlah waktu yang dihemat akan bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah pesan masuk. Penelitian Sprout Social menunjukkan jumlah pesan sosial yang membutuhkan respons dari suatu merek meningkat sebesar 18% dari 2015 hingga 2016.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan Chatbot di Indonesia

2. Hasilkan Petunjuk & Penghasilan

Chatbots menggunakan pesan langsung untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memberikan dukungan yang efektif. Misalnya, menanyakan kepada pengguna mengapa mereka mengunjungi halaman Anda adalah satu pertanyaan yang mungkin ditanyakan dalam setiap keterlibatan. Mengotomatiskan interaksi awal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi yang diperlukan agar agen melayani mereka dengan lebih baik tanpa memerlukan manusia untuk memintanya.

Sebagai contoh, chatbot situs web Drift memenuhi syarat prospek dan mengumpulkan alamat email mereka sehingga seorang tenaga penjualan dapat menindaklanjuti. Chatbot ini secara otomatis memberikan arahan yang berkualitas ke organisasi penjualan sembari juga berjuang melawan kelelahan yang disebabkan oleh menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

3. Membimbing Pengguna untuk Hasil yang Lebih Baik

Pelanggan tidak selalu tahu ke mana harus pergi untuk menemukan informasi yang mereka minati. Bahkan, pelanggan mungkin tidak tahu apa yang mereka minati. Mungkin mereka hanya mendengar nama merek Anda secara sepintas lalu memutuskan untuk menjelajahi. Namun dengan mengajukan serangkaian pertanyaan yang memenuhi syarat, akan mengarahkan pengguna ke tempat terbaik bagi mereka untuk menemukan informasi yang mereka inginkan.

Sebuah organisasi global seperti maskapai penerbangan, antara lokasi keberangkatan, lokasi kedatangan, potensi peningkatan, dan berbagai tempat untuk membeli tiket, ada kombinasi jumlah yang hampir tak terbatas untuk pembelian. Dengan mempersonalisasikan pertanyaan yang diajukan chatbot, maskapai penerbangan tersebut mengarahkan pelanggan ke cara terbaik untuk membeli dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

4. Berikan Dukungan 'Setelah Jam Kerja'

Melihat data Drift, penggunaan chatbots yang paling populer adalah untuk memberikan jawaban cepat dalam keadaan darurat. Namun, organisasi yang tidak menawarkan dukungan 24 jam tidak akan memberikan jawaban ketika kantor ditutup. Dengan menggunakan chatbot yang kuat ketika bisnis Anda ditutup, pelanggan tetap mendapatkan akses ke informasi yang mereka butuhkan. Ini sangat penting karena konsumen mengharapkan respons yang lebih cepat daripada yang dapat dijamin oleh merek.

Menurut Indeks Q2 2016 Sprout Social, pelanggan mengharapkan respons antara 0-4 jam. Namun, merek biasanya membutuhkan waktu 10 jam untuk merespons. Chatbots membantu Anda secara signifikan mengurangi waktu rata-rata untuk merespons, membawa Anda lebih dekat dengan harapan pelanggan Anda.

Baca Juga: Seberapa Perlu Perusahaan Anda Memakai Chatbot?

5. Libatkan Pengguna dengan Cara Unik

Secara tradisional, pertanyaan pelanggan dialihkan ke bisnis melalui email atau telepon, yang membuat pengalaman pengguna cukup standar dan tidak disesuaikan. Tetapi chatbots menawarkan cara baru, menyenangkan dan interaktif untuk terlibat dengan merek. Salah satu contoh yang bagus adalah Twitter Domino's Pizza. Domino's memungkinkan pelanggan memesan pizza hanya dengan berbagi emoji. Bot Domino kemudian mengirimkan pesanan itu dan mengajukan pertanyaan tambahan jika perlu.

Baca Juga

Tag: Chatbot, Artificial Intelligence

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/Per Lööv

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,786.67 3,748.79
British Pound GBP 1.00 18,334.21 18,148.97
China Yuan CNY 1.00 2,009.80 1,988.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,202.66 14,061.34
Dolar Australia AUD 1.00 9,748.71 9,650.30
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,811.10 1,793.06
Dolar Singapura SGD 1.00 10,422.44 10,317.98
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,845.91 15,686.83
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,395.73 3,359.54
Yen Jepang JPY 100.00 13,093.63 12,959.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6198.987 7.040 659
2 Agriculture 1335.316 9.651 20
3 Mining 1590.926 2.398 48
4 Basic Industry and Chemicals 907.859 -2.236 74
5 Miscellanous Industry 1200.440 3.764 50
6 Consumer Goods 2118.599 17.332 54
7 Cons., Property & Real Estate 507.495 -0.600 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1208.713 -1.410 75
9 Finance 1260.988 0.498 90
10 Trade & Service 807.429 -1.845 166
No Code Prev Close Change %
1 SLIS 1,225 1,530 305 24.90
2 KRAH 930 1,150 220 23.66
3 ABBA 183 218 35 19.13
4 BPII 8,000 9,500 1,500 18.75
5 DMMX 230 268 38 16.52
6 NOBU 860 975 115 13.37
7 KONI 630 700 70 11.11
8 AGRS 175 194 19 10.86
9 OKAS 200 218 18 9.00
10 OPMS 212 230 18 8.49
No Code Prev Close Change %
1 PGLI 197 157 -40 -20.30
2 INTD 228 191 -37 -16.23
3 CASS 620 545 -75 -12.10
4 RDTX 6,900 6,100 -800 -11.59
5 MINA 1,590 1,410 -180 -11.32
6 PALM 246 222 -24 -9.76
7 WICO 575 520 -55 -9.57
8 CLAY 5,525 5,025 -500 -9.05
9 MARI 252 230 -22 -8.73
10 ANDI 1,630 1,495 -135 -8.28
No Code Prev Close Change %
1 ABBA 183 218 35 19.13
2 MNCN 1,270 1,325 55 4.33
3 MAMI 234 236 2 0.85
4 VIVA 93 93 0 0.00
5 DMMX 230 268 38 16.52
6 FREN 165 160 -5 -3.03
7 TCPI 6,125 6,125 0 0.00
8 BBRI 4,170 4,120 -50 -1.20
9 ERAA 1,880 1,790 -90 -4.79
10 JPFA 1,720 1,645 -75 -4.36