Portal Berita Ekonomi Sabtu, 23 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:58 WIB. Listrik - Pengoperasian pembangkit listrik diperhitungkan menambah cadangan daya sistem kelistrikan Jawa-Bali sebesar 30%.
  • 15:58 WIB. Listrik - Pengoperasian pembangkit listrik di Jawa dipastikan sesuai jadwal pada akhir 2019.
  • 15:34 WIB. CPO - Ekspor minyak sawit mentah mulai merangkak naik.
  • 15:34 WIB. KA - Kemenhub telah selese mereaktivasi jalur KA dari Stasiun Pariaman ke Stasiun Naras, Padang.
  • 15:33 WIB. PLN -  PLN menyebut indikator kemajuan ekonomi suatu negara diukur dari konsumsi energi per kapita.
  • 14:42 WIB. JSMR - Menteri Rini puas atas sistem transaksi tanpa henti di jalan tol yang dikembangkan Jasa Marga.
  • 13:45 WIB. Indocement - Indocement menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 4% pada 2019.
  • 13:44 WIB. Kargo - PT AP Aviasi optimistis mampu meningkatkan pertumbuhan kinerja kargo di Bandara Kualanamu hingga 20%.
  • 13:44 WIB. Garuda - Pilot Garuda gadungan ditangkap di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.
  • 13:42 WIB. PTPN IX - PTPN IX melakukan penyulingan perdana minyak atsiri serai wangi di Kabupaten Batang.
  • 13:42 WIB. BRI - BRI meraih dua penghargaan dari The Asian Banker.
  • 13:42 WIB. BRI - BRI bakal mengembangkan ekosistem keuangan guna meraup sumber pendanaan murah.
  • 11:29 WIB. PRDA - Prodia Widyahusada mencatatkan laba bersih sebesar Rp175,45 miliar pada tahun 2018.

Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini

Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Peran teknologi Machine Learning dan Artificial Intelligence telah membuka peluang bagi semakin banyak perusahaan termasuk perbankan untuk meluncurkan chatbot sebagai solusi untuk mengurangi biaya dalam aktivitas melayani konsumen. Dengan teknologi chatbot, untuk melayani komunikasi dua arah layaknya berkomunikasi dengan seorang customer service.

Dalam beberapa tahun terakhir bermunculan perbankan yang mengadopsi agen percaka[an otomatis atau chatbots di platfom mobile banking mereka. Ally Bank's Ally Assist adalah salah satu bank pertama yang mengimplementasikan chatbot di dunia. Contoh lain Bank dari Agen Digital Amerika Erica, chatbot Wells Fargo, Clari TD Bank, dan Eno asisten chatbot berbasis teks dari Capital One.

Baca Juga: Tahun 2020, 25% Layanan Pelanggan Digantikan Chatbot

Tujuan mereka adalah untuk menyediakan layanan cepat dan dukungan transaksional kepada pelanggan, menangani tugas-tugas paling mendasar seperti penyelidikan saldo, detail rekening bank, permintaan pinjaman, dan lain sebagainya. Dimana hal itu dapat ditangani secara efisien oleh chatbot, sehingga membebaskan waktu perwakilan layanan pelanggan untuk masalah-masalah rumit.

Di Indonesia sendiri hampir semua bank yang ada juga telah mengadopsi teknologi tersebut. Seperti Smart New Assistant atau Sabrina di BRI, Chat with your INTelligent Advisor (Cinta) di BNI, Mandiri Intteligence Assistant (Mita) di Bank Mandiri, dan Virtual Assistant Chat Banking (VIRA) di BCA. Namun sejauh ini layanan yang diberikan baru sebatas informasi berkaitan dengan produk perbankan.

Adapun beberapa use cases penggunaan chatbots dalam perbankan yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Menjawab pertanyaan yang sering diajukan

Salah satu tugas paling mendasar dari Chatbot Perbankan atau asisten Digital, menyediakan layanan otomatis yang menjawab pertanyaan seperti di mana ATM atau cabang terdekat, bagaimana cara mengatur ulang kata sandi, bagaimana cara memblokir kehilangan saya kartu, dan lain-lain.

Baca Juga: Ajaib! Beginilah Manfaat Chatbot dalam Kegiatan Bisnis

2. Layanan Akun

Menjawab layanan akun sederhana dan permintaan pembayaran, pertanyaan tentang setoran dan akun kartu kredit, transaksi, pembayaran dan lain sebagainya, ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang semakin baik.

3. Pengaturan tujuan keuangan dan pelacakan pengeluaran

Karena terintegrasi dengan data historis yang tepat, prediktif perbankan, dan platform analisis cerdas lainnya, chatbots dapat menjawab pertanyaan pelanggan seputar pengeluaran dan penganggaran, membantu pelanggan mengelola kehidupan keuangan mereka, dan menjadi penasihat keuangan tepercaya.

Tag: Chatbot, Digital Economy

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Kumairoh

Foto: Reuters/Adnan Abidi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,794.23 3,755.47
British Pound GBP 1.00 18,692.75 18,500.55
China Yuan CNY 1.00 2,125.36 2,104.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,228.00 14,086.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,103.30 10,001.06
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,813.38 1,795.26
Dolar Singapura SGD 1.00 10,546.29 10,439.49
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,182.93 16,018.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,506.16 3,466.90
Yen Jepang JPY 100.00 12,850.43 12,718.74

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6525.274 23.498 629
2 Agriculture 1490.781 9.164 21
3 Mining 1887.862 3.129 47
4 Basic Industry and Chemicals 910.367 -5.244 71
5 Miscellanous Industry 1284.891 0.529 46
6 Consumer Goods 2663.462 4.407 52
7 Cons., Property & Real Estate 465.570 -1.138 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1170.915 5.940 72
9 Finance 1263.236 12.361 91
10 Trade & Service 828.467 0.865 155
No Code Prev Close Change %
1 COCO 420 525 105 25.00
2 GLOB 352 440 88 25.00
3 CAKK 270 326 56 20.74
4 ECII 825 990 165 20.00
5 SMMA 7,700 9,000 1,300 16.88
6 TGKA 3,010 3,500 490 16.28
7 ANDI 1,605 1,805 200 12.46
8 FISH 3,400 3,760 360 10.59
9 LPLI 135 149 14 10.37
10 BKSW 175 193 18 10.29
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 224 168 -56 -25.00
2 KICI 310 260 -50 -16.13
3 IDPR 735 640 -95 -12.93
4 PYFA 198 177 -21 -10.61
5 ATIC 990 895 -95 -9.60
6 JMAS 895 810 -85 -9.50
7 LAND 1,085 1,010 -75 -6.91
8 MTSM 240 224 -16 -6.67
9 UNIT 242 226 -16 -6.61
10 AKSI 400 374 -26 -6.50
No Code Prev Close Change %
1 NUSA 101 97 -4 -3.96
2 HOME 102 102 0 0.00
3 GGRM 88,000 85,900 -2,100 -2.39
4 BBRI 3,980 4,060 80 2.01
5 TLKM 3,800 3,820 20 0.53
6 INKP 10,200 9,800 -400 -3.92
7 FREN 308 328 20 6.49
8 CTRA 975 1,030 55 5.64
9 UNTR 27,800 28,000 200 0.72
10 GIAA 555 555 0 0.00