Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inilah Daftar Pemenang Spokesperson of The Year Award 2019

Inilah Daftar Pemenang Spokesperson of The Year Award 2019 Kredit Foto: Agus Aryanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Era digital membuat penyebaran informasi begitu mudah dan cepat aksesnya. Informasi yang benar dan salah bisa dengan mudah menyebar dan bisa menjadi viral. Siapa pun dapat memulai penyebaran isu dan bisa menyebar dengan massif dalam waktu sekejap. Tak terkecuali di dunia bisnis, informasi yang salah akan membuat citra negatif perusahaan di mata publik.

Perusahaan membutuhkan juru bicara (jubir/spokeperson) yang mewakili perusahaan untuk menjadi jembatan informasi kepada publik maupun stakeholder. Tidak hanya ketika publik kehilangan pemikiran yang relevan dengan isu perusahaan yang tersebar. Tapi dalam kondisi normal pun, komunikasi perusahaan dengan publik, konsumen maupun stakeholder harus terus terpelihara.

Spokesperson yang telah membangun kepercayaan dan kredibilitas perusahaan, menciptakan dan memelihara citra publik yang positif, memelihara komunikasi dengan publik, memberikan informasi yang benar, diapresiasi oleh Warta Ekonomi dalam, “Spokesperson of The Year Award 2019”.

Pemenang spokeperson adalah kandidat spokeperson yang dinilai memiliki empat poin penilaian antara lain:

1.    Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal adalah indikator penilaian berupa penjelasan yang diberikan spokesperson mengenai kinerja perusahaan, reputasi perusahaan dan kemampuan ekspansi perusahaan kepada media, pemerintah dan komunitas.

2.    Penanganan Krisis

Penanganan saat krisis adalah indikator berupa kemampuan spokesperson menangani isu atau masalah yang tersebar di publik.

Baca Juga: 104 Perusahaan Pemenang Millenial’s Top Brand Award 2019

3.    Kampanye Positif di Sosial Media

Kampanye positif di sosial media adalah indikator yang menilai program – program perusahaan yang dikampanyekan spokesperson di sosial media.

4.    Sentimen Analysis

Sentimen Analysis adalah analisis sentimen sosial terhadap merek, produk atau layanan perusahaan.

Proses riset dilakukan pada Januari-Desember 2018. Tim riset (Stratego) menggunakan survei kualitatif dengan data sekunder dan media monitoring. Data sekunder diambil dari beberapa media online di Indonesia dalam kurun 1 tahun terakhir (Januari-Desember 2018).

“Berdasarkan kajian dan penilaian yang telah dilakukan, Tim Analis Warta Ekonomi menetapkan 39 insan sebagai pemenang Spokesperson of The Year 2019,” kata Direktur Stratego, Mochamad Arief.

DAFTAR SPOKEPERSON OF THE YEAR 2019

1.    Febriati Nadira - PT Adaro Energy Tbk: Juru Bicara Terbaik dalam Membangun Citra Perusahaan Tambang Berkelanjutan

2.    Farid Budiyanto - PT Adhi Karya (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Konstruksi

3.    Ricardo Silaen - PT AKR Corporindo Tbk: Juru Bicara Terbaik dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Distribusi Minyak dan Bahan Kimia

4.    Devy W Suradji - PT Angkasa Pura I (Persero): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Moderenisasi Pengelolaan Bandara

5.    Hanna Lilies Puspawati - Artha Graha Peduli Foundation: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Pengembangan Ekonomi Kemasyarakatan

6.    Agung Laksamana - Asia Pacific Resources International Holdings (APRIL Group): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Industri Pulp and Paper Berkelanjutan

7.    Tofan Mahdi - PT Astra Agro Lestari Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan

8.    Boy Kelana Soebroto - PT Astra Internasional Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Korporasi yang Menjadi Kebanggaan Bangsa

9.    Rohan Hafas - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Bank BUMN Terbesar

10.    Ryan Kiryanto - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Bank Berbasis Layanan Digital

11.    N Nurlaela Arief - PT Bio Farma (Persero): Juru Bicara Terbaik  dalam Memberikan Edukasi Produk Vaksin

12.    Lani Rahayu - PT Global Digital Niaga (Blibli.com): Juru Bicara Terbaik dalam dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Ecommerce

13.    Mona Monika - PT Bank DBS Indonesia: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Bank Berbasis Layanan Digital untuk Milenial

14.    Ikshan Rosan - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Maskapai Penerbangan dengan Layanan Prima

15.    Nila Marita Indreswari - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Unicorn Indonesia dan Go International

16.    Wicaksono Soebroto - PT Goodyear Indonesia Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Perusahaan dan Produk Ban Berkualitas

17.    Istata Taswin Siddharta - PT Gudang Garam Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Perusahaan untuk Pembangunan Sosial Ekonomi Kemasyarakatan

18.    Jonfis Fandy - PT Honda Prospect Motor: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Perusahaan dan Loyalitas Konsumen Otomotif

19.    Suhendra Wiriadinata - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif  Perusahaan Pulp and Paper

20.    Azis Armand - PT Indika Energy Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Tambang Batubara

21.    Yulius Gozali - PT Indo Tambangraya Megah Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Tambang Batu Bara

22.    Theresia Rustandi - PT Intiland Development Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Properti yang Inovatif

23.    Danang Kemayan Jati - PT Lippo Karawaci Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Properti

24.    Arif Reza Fahlepi  - PT Mandiri Tunas Finance: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Pembiayaan

25.    Wahyu Sulistio - PT Metropolitan Land Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Properti

26.    Rachmat Hutama - PT Perusahaan Gas Negara Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif  Perusahaan Distribusi Gas Indonesia

27.    I Made Suprateka - PT PLN (Persero): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Program Elektrifikasi Nasional

28.    Agus Samuel Kana - PT Pembangunan Perumahan Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Properti dan Konstruksi

29.    Nini Sumohandoyo - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif  Perusahaan Asuransi Jiwa

30.    PT Sarana Multigriya Finansial (Persero): Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif  Perusahaan Pembiayaan Perumahan

31.    Swasti Kartikaningtyas - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perkebunan Sawit Berkelanjutan

32.    Suherman - PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Tambang Batubara Berkelanjutan

33.    Arif Prabowo - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Telekomunikasi

34.    Rouli H. Sijabat - PT Toyota Astra Motor: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Otomotif

35.    Aminuddin Nurdin - Triputra Group: Juru Bicara Terbaik dalam Memassifkan Citra Positif Holding Company

36.    Sancoyo Antarikso - PT Unilever Indonesia Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif  Perusahaan Barang Konsumsi

37.    Sara Loebis - PT United Tractors Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Alat Berat

38.    Budi Handoko - PT Vale Indonesia Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Tambang Mineral Berkelanjutan

39.    Ratna Ningrum - PT Waskita Beton Precast Tbk: Juru Bicara Terbaik  dalam Membangun Citra Positif Kinerja Perusahaan Beton Pra Cetak

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: