Portal Berita Ekonomi Senin, 22 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:18 WIB. LRT - Pembangunan LRT Jabodebek tahap I sudah mencapai 61,3%. 
  • 17:17 WIB. LinkAja - Pengguna LinkAja sudah melebihi 25 juta orang. 
  • 17:17 WIB. LinkAja - Launching platform LinkAja kembali dibatalkan. 
  • 17:16 WIB. Akuisisi - Bank BCA resmi akuisisi Bank Royal. 
  • 16:23 WIB. Minyak - Harga minyak mentah dunia menguat sekitar 1% di tengah ancaman AS.
  • 16:22 WIB. Antam - Harga emas Antam stagnan di level Rp663.000/ons.
  • 16:21 WIB. Penerbangan - Penerbangan berjalan normal usai erupsi Gunung Agung.
  • 16:20 WIB. AEM - Mendag membahas isu ekonomi kawasan ASEAN di Thailand dalam acara AEM.
  • 16:18 WIB. UMKM - Mbiz membuka peluang besar bagi UMKM untuk naik kelas.
  • 16:16 WIB. Resesi - BlackRock: tidak ada tanda-tanda resesi global dalam 12 bulan ke depan.
  • 16:15 WIB. Properti - Crown Group: properti adalah permainan jangka panjang, investasinya membeli dan menunggu.
  • 16:14 WIB. Apartemen - Harga apartemen diramal akan melonjak tiga kali lipat 25 tahun ke depan.
  • 16:13 WIB. Mbizmarket - Mbizmarket digunakan untuk mendigitalisasi proses pengadaan barang dan jasa.
  • 16:11 WIB. Mbizmarket - Mbizmarket dapat dimanfaatkan secara gratis mulai dari enterprise hingga UMKM.
  • 16:10 WIB. Marketplace - Marketplace B2B, Mbismarket, pertama di Indonesia resmi diluncurkan.

PR Akan Digantikan AI? Begini Kata Lippo dan Goodyear

PR Akan Digantikan AI? Begini Kata Lippo dan Goodyear - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Pemanfaatan artificial intelligence (AI) di berbagai sektor, tak jarang menciptakan ketakutan tersendiri bagi para pelakunya. Apalagi di bidang komunikasi seperti bagian kehumasan (public relation). Meskipun begitu, sejumlah praktisi kehumasan menganggap peran mereka masih tak dapat digantikan oleh teknologi tersebut.

Salah satu praktisi yang berpikir begitu adalah Head of Corporate Communication PT Lippo Karawaci Tbk, Danang Kemayan Jati. Menurutnya, AI hanya memudahkan arus informasi, penyampaiannya tetap membutuhkan sosok humas.

"Penjelasan informasi tetap harus disampaikan oleh manusia, karena itu butuh interaksi antara dua manusia, bukan dua mesin atau robot," jelas Danang kepada Warta Ekonomi, Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, lompatan informasi memang terasa lebih cepat dan mudah dengan kemunculan teknologi seperti AI. Kecepatan itu menciptakan tantangan bagi para praktisi humas, yakni harus mengikuti isu-isu harian yang terjadi di sekitarnya.

Danang menambahkan, "Artinya, dari sisi komunikasi atau PR, kami harus alert ada isu apa selama 24 jam itu. Lalu, kami bisa menjelaskan lewat media sosial."

Baca Juga: Perspektif Humas: Apakah Peran Media Masih Dibutuhkan di Era 4.0?

Tantangan lainnya terletak pada pengetahuan praktisi humas terhadap manfaat AI dalam urusan pekerjaan mereka. Contohnya, manfaat yang akan didapatkan dari pemanfaatan AI dalam pengambilan keputusan terkait komunikasi perusahaan.

"Contohnya, pihak A bilang BCD, pihak B bilang EFG, nantinya saya akan cari informasi tentang itu menggunakan teknologi, lalu saya ambil keputusan berdasarkan penilaian dari diri sendiri. Itu membuat keputusan menjadi lebih solid dan lebih lengkap," papar Head of Marketing & Corporate Communications PT Goodyear Indonesia Tbk, Wicaksono Soebroto.

Ia pun menambahkan, pembuktian atas sebuah informasi menjadi lebih mudah didapatkan dengan hadirnya AI di bidang kehumasan. Dengan begitu, informasi bisa disebarluaskan kembali dengan waktu yang cepat.

Wicaksono mengatakan, "Itu sekarang sudah bisa lebih cepat, tapi tidak mungkin menggantikan karena ada bagian yang tidak mungkin digantikan oleh AI, seperti sense. Itu hanya dimiliki manusia."

Meskipun begitu, berdasarkan riset yang dipaparkan dalam kegiatan Kesiapan Praktisi PR pada Era Artificial Intelligence, masih ada beberapa pekerjaan PR yang berpotensi digantikan oleh AI. Mulai dari media monitoring, media analysist, media relations hingga distribusi rilis.

Baca Juga: Seperti Apa Kesiapan Praktisi PR pada Era Artificial Intelligence?

Sementara itu, aktivitas PR yang masih membutuhkan dukungan manusia, meliputi produksi foto/video serta presentasi secara tatap muka. Para praktisi PR juga diharapkan dapat memetakan kompetensi baru untuk hadapi era AI, yakni analisis data, influencer, manajemen media sosial, dan kreator konten.

Tag: Artificial Intelligence, Public Relations

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Pixabay

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,767.34 3,729.10
British Pound GBP 1.00 18,352.50 18,169.21
China Yuan CNY 1.00 2,107.26 2,086.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,126.00 13,986.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,088.79 9,987.40
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.52 1,782.63
Dolar Singapura SGD 1.00 10,418.17 10,313.40
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,876.21 15,717.47
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,416.20 3,378.26
Yen Jepang JPY 100.00 12,620.39 12,490.85

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6414.743 -92.478 632
2 Agriculture 1465.003 -23.397 21
3 Mining 1781.165 -2.123 47
4 Basic Industry and Chemicals 831.329 -16.797 71
5 Miscellanous Industry 1307.550 -48.206 46
6 Consumer Goods 2475.827 -70.443 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.877 -6.552 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1148.843 -15.603 73
9 Finance 1300.817 -9.558 91
10 Trade & Service 809.674 -1.726 156
No Code Prev Close Change %
1 JAYA 134 168 34 25.37
2 HRME 374 466 92 24.60
3 ESTI 94 109 15 15.96
4 RAJA 262 302 40 15.27
5 MDLN 260 286 26 10.00
6 IKBI 254 278 24 9.45
7 CSAP 585 640 55 9.40
8 LUCK 780 840 60 7.69
9 VOKS 260 280 20 7.69
10 FREN 290 312 22 7.59
No Code Prev Close Change %
1 KIOS 1,100 930 -170 -15.45
2 MAYA 8,100 7,000 -1,100 -13.58
3 IIKP 144 125 -19 -13.19
4 PTIS 306 266 -40 -13.07
5 AHAP 69 61 -8 -11.59
6 ABBA 163 147 -16 -9.82
7 LMPI 155 140 -15 -9.68
8 BMSR 138 125 -13 -9.42
9 INTD 166 151 -15 -9.04
10 JSKY 1,185 1,080 -105 -8.86
No Code Prev Close Change %
1 HMSP 3,630 3,440 -190 -5.23
2 MABA 55 52 -3 -5.45
3 JAYA 134 168 34 25.37
4 FREN 290 312 22 7.59
5 BBRI 4,460 4,440 -20 -0.45
6 CPRI 177 168 -9 -5.08
7 TLKM 3,860 3,780 -80 -2.07
8 BBCA 28,125 28,125 0 0.00
9 ANTM 885 855 -30 -3.39
10 WIKA 2,420 2,380 -40 -1.65