Portal Berita Ekonomi Selasa, 26 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:00 WIB. Oppo - Oppo nilai segmentasi smartphone gaming masih kecil dan tak menjanjikan keuntungan yang besar.
  • 21:57 WIB. Apple - Apple siap umumkan layanan video pesaing Netflix.
  • 21:25 WIB. PUBG - Kemenkominfo akan temui MUI bahas fatwa haram PUBG.
  • 21:19 WIB. Pemilu - Kemenkominfo dan KPU Bakal atur buzzer yang kampanye di medsos.
  • 21:16 WIB. Pemilu - Kemenominfo larang iklan kampanye politik di medsos selama masa tenang.
  • 20:42 WIB. Startup - Simona Ventures ingin danai startup yang usung kesetaraan gender.
  • 20:40 WIB. Pemilu - Saat mas tenang, netizen tak dilarang bahas pemilu di medsos.
  • 20:39 WIB. Samsung - Samsung bawa empat TV 8K ke Indonesia, paling mahal Rp1,5 miliar.
  • 20:39 WIB. Samsung - Samsung Galaxy A10 dan Galaxy A20 meluncur di Indonesia bulan depan.
  • 20:38 WIB. Facebook - Facebook sepakat tak tayangkan iklan kampanye selama masa tenang.
  • 20:37 WIB. Vivo - Vivo jadi smartphone resmi kompetisi PUBG Mobile tingkat dunia.
  • 20:36 WIB. Oppo - Oppo A5s resmi meluncur di Indonesia, harganya Rp1,999 juta.
  • 19:53 WIB. GM - General Motors kucurkan investasi Rp25,7 triliun dan ciptakan 700 lapangan kerja baru di AS.
  • 19:49 WIB. Indosat - Indosat sebut biaya pasang jaringan telko di MRT Jakarta mahal.
  • 19:48 WIB. Apple - Apple kabarnya bikin video hingga gim berlangganan.

3 Perbedaan Sandiaga dan Maruf Amin, dari Sarung Hingga Medsos

3 Perbedaan Sandiaga dan Maruf Amin, dari Sarung Hingga Medsos - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Saat disandingkan, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno terlihat kontras. Ma'ruf Amin dikenal sebagai pemuka agama, sedangkan Sandiaga identik dengan dunia bisnis.

Mereka berasal dari generasi berbeda dengan perbedaan usia yang terpaut jauh. Sandiaga kini berusia 49 tahun, sedangkan Ma'ruf Amin baru saja merayakan ulang tahun ke-76 pada 11 Maret silam.

Keduanya akan tampil berdua saja tanpa ditemani calon presiden dari kubu masing-masing dalam debat calon presiden yang akan berlangsung nanti malam.

Ma'ruf dan Sandi bagaikan berada dari kutub yang berbeda dari segi penampilan, pendekatan berkomunikasi hingga rekam jejak di media sosial.

Sarung

Pada umumnya, Sandi memang terlihat sangat memperhatikan penampilan, seperti dikomentari oleh pengamat mode Sonny Muchlison setelah melihat gaya berbusana sang polikus pada debat calon presiden putaran pertama.

Di sisi lain, Ma'ruf Amin punya tampilan yang tidak kalah berkarakter: sarung. Dia selalu mengenakan sarung sebagai pengganti celana dipadukan dengan kemeja sebagai atasan.

Pada acara-acara formal, pria yang selalu mengenakan peci itu kerap memakai jas yang membuat tampilannya terlihat lebih resmi. Sesekali, sorban menghiasi lehernya.

"Itu pakaian santri," ujar perancang Deden Siswanto saat dihubungi Antara, Sabtu (16/3/2019).

Tradisi bersarung awalnya dimulai dari kebiasaan kaum sarungan di wilayah Jawa. Menurut antropolog Cliffort Geertz dalam buku "Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa", kaum santri identik dengan pelaksanaan ritual pokok agama Islam.

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, PDIP: Maruf Kaya Pengalaman

Kini sarung juga jadi obyek karya para perancang-perancang Indonesia, salah satunya Deden. Dia adalah salah satu orang di industri mode yang ingin melejitkan popularitas sarung sebagai kain Indonesia. Baru-baru ini, pamor sarung dan perajinnya juga digenjot lewat Festival Sarung Indonesia 2019.

Lantas, apakah gaya busana Ma'ruf Amin juga berkontribusi secara signifikan dalam misi memopulerkan penggunaan sarung di luar busana untuk beribadah?

Deden berpendapat, dampaknya tidak begitu signifikan untuk kampanye "Sarung is My New Denim" dalam ajakan agar masyarakat memperlakukan sarung seperti celana-celana jins yang tak lepas dari keseharian untuk acara formal dan informal.

Gaya komunikasi

Peneliti Komunkasi Vokasi UI Devie Rachmawati menjabarkan tiga perbedaan antara kedua kandidat calon wakil presiden: isi, gaya, dan target khalayak.

"Value yang ditawarkan keduanya sama, positif dan optimistis," ujar Devie saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).

Hanya saja, Ma'ruf amin biasanya menyampaikan pesan dengan tema-tema yang lebih umum, sedangkan Sandiaga cenderung lebih spesifik. Tema yang identik dengan sosok Sandiaga berkisar pada kewirausahaan, ekonomi, serta kesehatan olahraga.

"Dua tema ini mudah diasosiasikan dengan Sandi karena dia memilih tema yang spesifik," ujarnya.

Dari sisi gaya, Ma'ruf Amin dinilai jauh lebih formal ketimbang Sandiaga yang lebih kasual. Ma'ruf Amin identik dengan balutan keagamaan, sedangkan Sandi lekat dengan gaya-gaya kontemporer yang kerap diperbincangkan di media sosial, sebut saja guyonan "rambut petai" saat berkampanye di Pasar Subang, juga komentarnya mengenai tempe setipis kartu ATM. Perbedaan gaya ini berhubungan dengan karakter masyarakat yang menjadi sasaran mereka.

"Segmentasinya, kiai Ma'ruf Amin menyasar usia senior dan old milenial. Sandi betul-betul menyasar kalangan muda, younger milenial," kata Devie.

Itu adalah bagian dari strategi masing-masing kubu untuk menjangkau sebanyak mungkin lapisan masyarakat.

Dari segi gaya, Sandiaga sebenarnya lebih bisa dibandingkan dengan Joko Widodo yang lebih aktif menyajikan konten-konten mutakhir yang menarik perhatian generasi muda.

Baca Juga: Sandi Banding-bandingkan Jokowi dengan Ahok, Katanya...

"Ini upaya saling melengkapi sehingga kemampuan komunikasi mereka paripurna," jelanya.

Media sosial

Akun @sandiuno, yang sudah mendapat "centang biru" sebagai tanda akun terverifikasi Twitter untuk pesohor yang punya banyak pengikut, sudah aktif sejak 2010. Tak mengherankan, pengikut @sandiuno sudah mencapai 1,25 juta warga Twitter. Jumlahnya tiga kali lipat di Instagram.

Jumlah pengikut akun media sosial Ma'ruf Amin kalah jauh. Pengikut di Twitter masih belasan ribu, sedangkan di Instagram jumlahnya hampir mencapai 40.000.

Menurut peneliti Komunikasi Digital Dwi Aini Bestari, ketimpangan di dunia maya tidak mengherankan karena Sandi memang sudah lebih lama mengelola akun-akunnya dibandingkan Ma'ruf.

"Ma'ruf Amin terlihat baru aktif di sosial media setelah mencalonkan diri, dia baru join 2018. Tak cuma itu, Sandi juga sudah lebih aktif sejak kampanye sebelumnya ketika jadi calon wakil gubernur," kata lulusan Universitas Utrecht, Belanda, saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).

Sesuai segmen yang disasar, Sandi dinilai lebih interaktif dengan para pengikutnya. Topik-topik yang digadang oleh Sandi tak jauh-jauh dari kewirausahaan.

Baca Juga: Sandiaga Puji AHY: Ini Brilian

Ia berpendapat Ma'ruf juga berusaha menyasar isu yang sama, hanya saja bahasa dan pendekatannya lebih informatif ketimbang interaktif. Itu membuat Sandiaga Uno lebih tenar di media sosial.

Konten-konten yang disajikan di media sosial Sandiaga Uno terlihat dipersiapkan matang oleh tim di belakangnya.

"Dia banyak memakai konten video di lanskap media sosial Indonesia, itu yang paling mudah menggaet perhatian pengguna," jelasnya.

Video mempunya keunggulan dalam menyampaikan pesan karena lebih menarik dan mudah dipahami dibandingkan konten dalam bentuk tulisan. Nilai tambah dari video-video itu adalah penampilan Sandi yang penuh percaya diri di depan kamera. Dia kerap memegang sendiri kameranya, seperti membuat vlog.

"Walau Sandi juga tidak mungkin membuat sendirian, tapi ada rasa percaya bahwa ini keluar dari pikirannya sendiri karena masih ada rasa kedekatan," imbuh Dwi.

Kolaborasi atau interaksi dengan para pesohor dunia maya, misalnya youtuber, diterapkan oleh kedua kandidat. Selebgram dan YouTuber Ria Ricis pernah membuat video bersama Jokowi dan baru-baru ini muncul di video yang diunggah Sandi.

Pekan ini, Sandi hadir di vlog komika Pandji Pragiwaksono berjudul "Sandiaga Uno Menjawab Semuanya". Dalam video berdurasi 38 menit dalam format ngobrol santai, Sandi menjawab berbagai pertanyaan.

Format vlog adalah salah satu cara yang marak dipakai untuk mencuri hati orang-orang yang sering berselancar di dunia maya. "Ketika ada di vlog, mereka enggak hardselling," kata Dwi lagi.

Sandi juga mempunya ciri khas dalam membuat konten. Tak melulu soal program kerja, dia berusaha mencampurkannya dengan kehidupan pribadi sehingga tidak membosankan.

Ma'ruf Amin tidak seaktif Sandi dalam kolaborasi bersama youtuber, tapi bukan berarti nihil. Empat hari lalu, youtuber nomor wahid di Asia Tenggara Atta Halilintar mengunggah fotonya bersanding dengan sang pemuka agama. Atta melengkapinya dengan ucapan selamat ulang tahun untuk Ma'ruf yang baru menginjak usia 76 tahun. "Kedua kubu sangat terlihat berusaha mencuri hati milenial," jelas dia.

Tag: Sandiaga Salahuddin Uno, Maruf Amin, Pemilu Presiden (Pilpres), Pilpres 2019

Penulis: Redaksi WE Online/Ant

Editor: Rosmayanti

Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,811.94 3,773.16
British Pound GBP 1.00 18,863.79 18,674.98
China Yuan CNY 1.00 2,130.32 2,109.15
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,294.00 14,152.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.01 10,009.71
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.61 1,803.45
Dolar Singapura SGD 1.00 10,574.83 10,465.91
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,152.22 15,986.10
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,512.90 3,474.59
Yen Jepang JPY 100.00 13,022.96 12,890.06

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6411.251 -114.023 629
2 Agriculture 1467.681 -23.100 21
3 Mining 1862.488 -25.374 47
4 Basic Industry and Chemicals 901.511 -8.856 71
5 Miscellanous Industry 1253.301 -31.590 46
6 Consumer Goods 2589.678 -73.784 52
7 Cons., Property & Real Estate 457.407 -8.163 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.772 -18.143 72
9 Finance 1244.414 -18.822 91
10 Trade & Service 817.509 -10.958 155
No Code Prev Close Change %
1 BEEF 190 240 50 26.32
2 COCO 525 650 125 23.81
3 BKDP 61 74 13 21.31
4 GAMA 58 70 12 20.69
5 STAR 104 120 16 15.38
6 JSKY 1,480 1,635 155 10.47
7 GDYR 2,100 2,300 200 9.52
8 ECII 990 1,080 90 9.09
9 PSSI 186 202 16 8.60
10 SRAJ 199 214 15 7.54
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 168 130 -38 -22.62
2 KONI 378 310 -68 -17.99
3 GLOB 440 380 -60 -13.64
4 TALF 340 300 -40 -11.76
5 HDFA 179 158 -21 -11.73
6 PEHA 2,630 2,330 -300 -11.41
7 BMSR 150 133 -17 -11.33
8 MFMI 830 740 -90 -10.84
9 KOIN 268 240 -28 -10.45
10 ARTA 700 630 -70 -10.00
No Code Prev Close Change %
1 INDF 7,400 6,775 -625 -8.45
2 JAYA 172 164 -8 -4.65
3 ICBP 10,325 9,400 -925 -8.96
4 ASII 7,250 7,050 -200 -2.76
5 ANTM 960 920 -40 -4.17
6 BBRI 4,060 4,000 -60 -1.48
7 SIMA 168 130 -38 -22.62
8 GGRM 85,900 81,800 -4,100 -4.77
9 BEEF 190 240 50 26.32
10 ADRO 1,425 1,365 -60 -4.21