Portal Berita Ekonomi Rabu, 27 Mei 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:00 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,25% di awal sesi I.

Mulai Melek Teknologi, Startup di India Manfaatkan AI Guna Tarik Pelanggan

Mulai Melek Teknologi, Startup di India Manfaatkan AI Guna Tarik Pelanggan
WE Online, Jakarta -

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini telah melanglang buana di berbagai sektor. Tak hanya membuat mesin menjadi lebih pintar, tetapi juga di sektor bisnis, AI berguna untuk membantu memanfaatkan sumber daya yang dialokasikan secara optimal.

Saat ini, beberapa bisnis kalangan offline sudah mulai melek teknologi. Salah satunya di India. Banyak dari mereka yang telah menjajaki dunia digital agar tak kehilangan relevansinya di masa mendatang. Mereka terus berlomba-lomba memanfaatkan teknologi, salah satunya mengemban AI untuk pemasaran.

Baca Juga: Manfaatkan AI untuk Manjakan Pembeli

Tak bergerak sendirian. Di India telah hadir startup yang berupaya untuk membantu pengecer memaksimalkan kampanye pemasaran mereka menggunakan AI, yakni Xeno. Bagaimana cara mereka melakukannya?

“Saya pikir AI memiliki potensi untuk membuka kunci hal-hal yang tidak pernah bisa dilakukan manusia sebelumnya. Di sektor ritel, pengalaman toko akan berubah. Dari online ke offline, Anda dapat menciptakan pengalaman yang sama ketika pelanggan berbelanja dengan Anda. AI juga akan mengubah departemen pemasaran dan alat backend,” ungkap Ahuja, salah satu pendiri Xeno, melansir dari Entrepreneur (18/3/2019).

Startup yang didirikan oleh Pranav Ahuja dan Anshuman Kumar pada tahun 2015 itu tidak seperti perusahaan lain, di mana pemasar menganalisis data yang ada dan kemudian menyiapkan kampanye pemasaran, Xeno akan mengharapkan kliennya melakukan sebaliknya.

"Kami meminta klien untuk membuat satu kampanye dan memahami atribut yang berbeda dari pelanggan dan saat mengirim mereka keluar kampanye, kami akan secara otomatis mempersonalisasi segala sesuatu tentang kampanye tersebut, mulai dari konten yang mencakup produk dan penawaran, waktu, hingga saluran," kata Ahuja.

Baca Juga: CTI IT Infrastructure Summit 2019: Diskusikan Manfaat AI untuk Bisnis Anda

Xeno juga menyasar platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram untuk menjangkau kelompok sasaran kampanye pelanggannya. Hal itu juga menguntungkan bagi Xeno, pasalnya melalu media sosial, Xeno mendapatkan banyak daya tarik dan membuktikan laba atas investasi (RoI).

Saat ini startup tersebut telah melayani lebih dari 100 pengecer, yang meliputi merek-merek, seperti Aarvind Group dan merek-merek internasional India, seperti Nandos, Dunkin Donuts, Taco Bell, US Polo, dll.

Baca Juga

Tag: Artificial Intelligence, Startup

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Pixabay

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,951.00 3,910.65
British Pound GBP 1.00 18,129.25 17,941.51
China Yuan CNY 1.00 2,082.33 2,061.41
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,847.87 14,700.13
Dolar Australia AUD 1.00 9,743.17 9,643.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,915.16 1,896.03
Dolar Singapura SGD 1.00 10,437.87 10,332.56
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,200.51 16,037.84
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,404.69 3,366.96
Yen Jepang JPY 100.00 13,767.15 13,627.64
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4626.799 80.847 692
2 Agriculture 962.303 -5.448 22
3 Mining 1255.099 16.003 49
4 Basic Industry and Chemicals 700.086 19.036 78
5 Miscellanous Industry 801.515 49.211 52
6 Consumer Goods 1833.764 11.999 58
7 Cons., Property & Real Estate 319.343 -0.308 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 879.965 19.595 78
9 Finance 905.095 18.290 93
10 Trade & Service 593.053 5.938 172
No Code Prev Close Change %
1 MDLN 50 67 17 34.00
2 LPLI 57 70 13 22.81
3 ETWA 50 60 10 20.00
4 LAND 260 300 40 15.38
5 KOBX 85 95 10 11.76
6 WEHA 78 87 9 11.54
7 TRIS 234 260 26 11.11
8 TKIM 4,030 4,470 440 10.92
9 BUVA 55 61 6 10.91
10 ADMG 83 92 9 10.84
No Code Prev Close Change %
1 HRME 200 186 -14 -7.00
2 PSDN 129 120 -9 -6.98
3 PEGE 172 160 -12 -6.98
4 STTP 10,100 9,400 -700 -6.93
5 REAL 58 54 -4 -6.90
6 POLL 8,725 8,125 -600 -6.88
7 INOV 320 298 -22 -6.88
8 AKPI 408 380 -28 -6.86
9 MYOH 1,025 955 -70 -6.83
10 JAST 132 123 -9 -6.82
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,480 2,520 40 1.61
2 BBCA 23,825 24,850 1,025 4.30
3 PURA 83 79 -4 -4.82
4 ASII 3,970 4,330 360 9.07
5 TOWR 920 930 10 1.09
6 TLKM 3,180 3,250 70 2.20
7 IPTV 386 382 -4 -1.04
8 BMRI 4,070 4,100 30 0.74
9 MDLN 50 67 17 34.00
10 PGAS 830 890 60 7.23