Portal Berita Ekonomi Sabtu, 25 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:29 WIB. AP I - AP I menyebut terjadi penurunan jumlah extra flight untuk musim lebaran tahun ini.
  • 11:49 WIB. Pelindo I - Pelindo I menyiapkan aspek pelayanan dan kenyamanan penumpang mudik lebaran.
  • 10:39 WIB. Telkomsel - Telkomsel bekerjasama dengan Samsung dan HCI menghadirkan program “Low-Cost Bundling 4G”.
  • 10:37 WIB. Telkom - Telkom membagikan dividen Rp16,23 triliun.
  • 10:36 WIB. Jiwasraya - Jiwasraya menerbitkan MTN Rp500 miliar.
  • 10:35 WIB. Perbankan - Pertumbuhan kredit masih di kisaran 11,05% secara yoy di kuartal I 2019.
  • 10:33 WIB. PSSI - PSSI mendapatkan pinjaman US$10 juta dari Citibank untuk menambah armada kapal.
  • 10:32 WIB. Game Online - Indonesia jadi tuan rumah turnamen PUBG Mobile Asia Tenggara.
  • 10:30 WIB. Pupuk - Pupuk Indonesia menyiapkan 1,32 juta ton stok lebaran.

Bangun Merek "Pakaian Dalam" di Era Digital, Begini yang Pria Ini Lakukan

Bangun Merek
WE Online, Jakarta -

Bisnis fesyen yang dapat digeluti bukan hanya fesyen pakaian luar saja, melainkan pakaian dalam yang menjadi rangkaian fesyen pun penting bagi setiap orang. Pakaian dalam secara harfiah merupakan lapisan kain pertama yang menyentuh tubuh. Ini adalah bagian yang sangat intim dari pakaian dan kebersihan.

Lantas, bagaimana Yongesh Kabra, pendiri merek XYXX, merek pakaian dalam bagi pria maupun wanita melihat peluangnya di pasaran? Merangkum dari Entrepreneur (21/3/2019), berikut cara Kabra menawarkan produk terbaiknya di pasaran sehingga dilihat banyak orang dan mampu bertahan di era digital:

Manfaatkan influencer

Di era yang serba digital saat ini, semua orang jadi lebih mudah terhubung daripada sebelumnya. Dengan internet, kabar apapun dengan mudah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Melihat perkembangan ini, Kabra mengupayakan untuk memperkenalkan mereknya melalui internet dengan jasa influencer. Pasalnya, ia meyakini, masyarakat akan dengan mudah mengetahui dan percaya kepada mereknya itu setelah ada influencer yang mempromosikannya berdasarkan pengalaman mereka.

Baca Juga: Langkah Simple Pasarkan Merek di Medsos Ala Influencer Superstar

Jangan hanya ikuti tren, tapi membangun tren

Dengan akses mudah ke internet dan media, pelanggan jauh lebih sadar akan tren yang sedang berjalan dan suka mengikutinya. Namun, zaman telah berubah dan merek-merek terkemuka lebih fokus pada pengaturan tren daripada mengikuti tren itu.

Untuk bertahan di pasar yang dinamis dan sangat kompetitif ini, merek dipaksa untuk mengambil tindakan inovatif dan membuat strategi kreatif untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

Pegang prinsip, "konsumen adalah raja"

Tidak seperti saat-saat awal ketika orang harus membeli apa yang dibuat pabrikan, konsumen saat ini adalah raja pasar. Dengan meningkatnya persaingan di setiap sektor, merek berusaha lebih keras dari sebelumnya untuk menghasilkan apa yang benar-benar diinginkan konsumen.

Baca Juga: Perilaku Konsumen Indonesia: Belanja Online, Bayarnya Masih Zaman Old

Sehubungan dengan pola ini, merek pakaian dalam berfokus pada membuat produk yang tidak hanya utilitas penting, tetapi juga dianggap sebagai komoditas fesyen. Sambil tetap mengikuti desain dan tren, produsen juga menjaga kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan produk.

Tingkatkan pelayanan

Layanan adalah bagian yang sangat integral dari proses pemasaran. Tidak ada produsen atau penjual yang dapat berkembang tanpa memfokuskan pada layanan mereka sebelum, selama dan setelah penjualan.

Pentingnya retensi konsumen

Selain mendapatkan basis konsumen yang lebih besar, merek juga ingin mempertahankan audiensi yang sudah mereka miliki. Retensi konsumen memainkan peran penting dalam proses karena di pasar yang sangat kompetitif ini, merek lain mudah merasakan putus asa untuk mengejar pelanggan. Ini dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah, seperti menghasilkan produk berkualitas baik, menawarkan layanan hebat, dan membuat produk mudah tersedia bagi mereka.

Baca Juga: Jangan Gaptek Plis! Ubah Bisnis Jadi Digital, Sudah Bukan Era Tradisional

Ketersediaan yang lebih luas melalui e-commerce

Basis konsumen yang paham teknologi bukanlah hal baru saat ini. Setiap merek lain memiliki akun situs web dan media sosialnya sendiri. Yang penting adalah cepat tanggap terhadap platform ini.

Namun, hanya memiliki situs web sendiri untuk penjualan tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai merek. Memasukkan merek Anda dalam penjualan ­e-commerce yang sudah terkenal pun penting untuk dilakukan.

Tag: Bisnis Fesyen, Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62