Portal Berita Ekonomi Senin, 27 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:38 WIB. Mobil listrik - VW bicara intensif dengan Northvolt untuk batrei mobil listrik.
  • 19:47 WIB. ISIS - 3 orang Prancis dihukum mati di Irak karena terlibat ISIS.
  • 18:39 WIB. EU - 400 juta orang sedang memilih parlemen di Uni Eropa.

Lazada Berambisi Jadi Amazon Versi Asia Tenggara

Lazada Berambisi Jadi Amazon Versi Asia Tenggara - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Platform belanja daring asal Singapura yang disokong Alibaba, Lazada, menyatakan visinya untuk menguasai bisnis e-commerce dan rantai pasokan (supply chain) di Asia Tenggara, seperti Amazon di Amerika Serikat. Perusahaan akan mewujudkan hal tersebut dengan mengusung konsep shoppertainment, memadukan pengalaman berbelanja dengan hiburan.

Menjelaskan konsep itu, Chief Executive Officer (CEO) Lazada Group, Pierre Poignant mengatakan, fitur siaran langsung yang baru dirilis untuk para penjual di platform mengizinkan konsumen untuk berinteraksi dengan merek-merek di Lazada. Perusahaan itu juga telah mengintegrasikan gamifikasi, influencer, dan konser ke dalam aplikasi, membantunya untuk memanen data pelanggan yang cenderung suka membeli tiket hiburan seperti itu.

"Begitulah cara kami akan menang, dengan menggabungkan belanja dan hiburan," pungkas Poignant di Hotel JW Mariott, Singapura, dilansir dari Mumbrella Asia, Jumat (22/3/2019).

Selain Alibaba, para investor di Lazada, termasuk Tesco dan Temasek. Pada 2017, Lazada juga mengakuisisi platform bahan makanan online Redmart--yang kini telah masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bangun Ekosistem E-Commerce, Bhinneka dan Lazada Luncurkan Bhinneka Official Store

Lazada telah berinovasi dengan langkah-langkah seperti pembayaran pengiriman, pengiriman hari berikutnya (jika memungkinkan), dan poin penjemputan pelanggan.

Selain pendapatan dari komisi untuk produk vendor yang dijual di situs dan penjualan berbagai produknya sendiri, Lazada juga menerima pendapatan iklan. Seperti Amazon, ia memiliki rantai pasokan dan logistiknya sendiri--sumber pendapatan potensial lainnya karena infrastruktur ini dapat digunakan oleh pemasok lain dengan biaya tambahan.

Cara kerjanya sama seperti Amazon, di mana layanan pasokannya kepada orang lain karena perusahaan memiliki banyak pesawat, kapal, gudang, dan mekanisme pengiriman.

"Kami mengendalikan 80% dari logistik dan rantai pasokan kami sendiri, yang membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan," kata Poignant.

Alibaba telah menyatakan ambisinya untuk mencapai 300 juta pelanggan pada 2030. Pada saat yang sama, mereka juga menciptakan 20 juta pekerjaan baru dan delapan juta usaha kecil dan menengah sebagai penjual di platformnya.

Lazada sendiri membual bahwa basis konsumennya adalah 60% wanita karena wanita adalah pengambil keputusan pembelian di rumah tangga Asia. Segmen terlaris di platform adalah elektronik, fesyen, dan barang konsumen yang bergerak cepat.

Baca Juga: Lazada Group Punya Pemimpin Baru

Tag: PT ECart Services Indonesia (Lazada), Amazon

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Lazada Indonesia

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62