Apa Beda Investasi dan Menabung?

Apa Beda Investasi dan Menabung? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Kegiatan menyimpan uang itu ada dua jenis, yakni menabung dan investasi. Secara awam, keduanya adalah dua kegiatan yang sama. Namun, ternyata berbeda lho!

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih salah satu di antaranya atau mau mencoba keduanya, ketahui dulu ya apa saja perbedaannya. Menurut artian harfiah, menabung adalah kegiatan memisahkan sejumlah uang untuk disimpan dan uang tersebut masih bisa digunakan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Baca Juga: Generasi Milenial Sudah Melek Investasi, Ini Buktinya!

Sedangkan investasi merupakan proses penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek guna memperoleh keuntungan jangka panjang. Melihat dari panjang jangka menabung dan investasi, tentulah berbeda. Menabung biasanya untuk keperluan jangka pendek, kurang dari 1 tahun. Kalau investasi, 3-5 tahun.

Selain itu, ada lagi yang menjadi pembeda di antara keduanya. Melihat dari faktor risiko dan keuntungan.

Menabung memiliki risiko yang sangat kecil apabila kamu menyimpan tabungan di tempat yang aman dan terpercaya. Jika kamu memutuskan untuk menabung di bank, kamu akan menikmati bunga tabungan tahunan, namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Lain halnya dengan investasi. Keuntungan yang ditawarkan lebih besar daripada bunga tabungan. Karena keuntungannya yang menggiurkan, semakin tinggi pula risiko yang akan ditanggung. Bahkan ada kemungkinan juga dana investasi yang disetorkan akan hilang total seperti dalam investasi saham.

Baca Juga: Arisan: Menabung dan Investasi Sekaligus Silaturahmi

Ada lagi perbedaan yang menonjol dari menabung dan investasi. Tabungan pada umumnya berupa uang yang disimpan dalam bank sebagai tabungan atau deposito, sedangkan investasi terdapat beberapa jenis produk.

Macam-macam menabung, di antaranya menabung di bawah kasur, menyimpan uang di bank, deposito, dan celengan. Sedangkan investasi, antara lain properti, reksadana, saham, dan emas.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini