Portal Berita Ekonomi Jum'at, 26 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:39 WIB. Bursa - LINK bukukan pendapatan Rp3,72 triliun di tahun 2018.
  • 16:38 WIB. Dividen - LPPF bagikan dividen Rp933,60 miliar. 
  • 16:37 WIB. Kredit - LinkAja targetkan bisa layani penyaluran kredit di semester I tahun 2020. 
  • 16:35 WIB. Rupiah - Rupiah melemah 0,02% ke level Rp14.188 per dolar AS. 
  • 16:34 WIB. 5G - Ericsson rilis platform 5G terbaru. 
  • 16:33 WIB. IHSG - IHSG ditutup hijau 0,44% ke level 6.401,08 di akhir sesi II. 
  • 16:32 WIB. Saham - OJK rilis produk wakaf saham. 
  • 13:17 WIB. Bio Farma - WHO-Unicef menggandeng Bio Farma untuk menyediakan vaksin polio.
  • 13:09 WIB. Pertamina - Tahun 2018, total kontribusi Pertamina Grup untuk APBN mencapai Rp120,8 triliun.

Keren! AI Bisa Dipercaya Lakukan Panggilan '911'

Keren! AI Bisa Dipercaya Lakukan Panggilan '911' - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Reaksi pertama Anda ketika mendengar apa mungkin kecerdasan buatan melakukan panggulan darurat 911 mungkin tidak. Pusat panggilan darurat 911 di AS telah berubah secara signifikan sejak diperkenalkan 50 tahun lalu. Hari ini, waktu tunggu yang lama bisa berakibat fatal terhadap hidup atau matinya seseorang. Penggunaan AI yang bisa menganalisis panggilan dan teks, mereka dapat menyelamatkan nyawa dengan mengurangi waktu tunggu untuk panggilan darurat.

Bagaimana proses ini bekerja? Natural Language Processing (NLP) adalah jenis Artificial Intelligence (AI) yang cocok untuk pekerjaan ini. NLP atau kemampuan mesin untuk memahami, menganalisis, dan menghasilkan ucapan selayaknya manusia, ketika semakin canggih dalam melakukan hal-hal ini, akan ada banyak aplikasi untuk itu.

Meminta TV untuk memutar film tertentu hanyalah salah satu contoh penerapan NLP dalam kehidupan kita sehari-hari. Saat ini kita juga dapat meminta smartphone kita untuk menemukan arah atau mengetik teks. Kita dapat meminta asisten rumah kita untuk menentukan timer, membeli barang, mendapatkan taksi, atau menceritakan lelucon. Meski kemampuan-kemampuan ini belum benar-benar mengubah hidup manusia, tetapi mereka mulai menunjukkan kekuatan sebenarnya NLP.

Baca Juga: AI Facebook Gagal Deteksi Video Aksi Teroris Masjid Selandia Baru

Masa depan dan kekuatan sebenarnya dari sistem ini adalah ketika AI tidak hanya berbicara dengan manusia, tetapi juga dengan AI lain. Ini juga perlu pelatihan yang sama sekali baru di mana algoritma yang ditulis oleh satu perusahaan atau kotamadya harus dapat diintegrasikan dan dinegosiasikan dengan banyak algoritma lain yang ditulis oleh perusahaan atau kota lain. Peluangnya luar biasa.

Contoh yang bagus tentang apa yang mungkin terjadi setelah AI berbicara satu sama lain adalah panggilan ke 911 yang harus dialihkan dengan cepat dan benar. Menggunakan NLP dan AI yang berbicara dengan AI, memungkinkan satu sistem yang kompleks dengan akses ke segala sesuatu mulai dari lampu lalu lintas ke UGD rumah sakit dan sebagainya.

Dengan smart 911, Anda akan tahu bahwa panggilan darurat Anda akan sampai ke manusia dan ia akan diamankan. Karena AI mengenali melalui analisis sentimen bahwa Anda berada dalam bahaya atau kesakitan nyata, akan ada lebih sedikit ketakutan bahwa Anda terjebak dalam antrian di belakang anak kecil yang secara tidak sengaja menelepon 911 saat bermain game di telepon ayahnya, misalnya.

Manusia di ujung lain saluran telepon yang dengan tenang, rasional, dan dengan penuh kasih sayang, membantu orang-orang di saat mereka membutuhkan memang saat ini tidak tergantikan. Tetapi ada berbagai macam sistem dan data yang tersedia, yang jika terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, dapat membuat manusia merespons lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak orang yang dibantu.

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence?

Dengan AI berbicara satu sama lain, kru yang tepat dapat segera diikirim, siklus ringan disinkronkan untuk mengakomodasi kendaraan darurat, menyiapkan UGD, dan sebagainya. Hasil dari sistem terintegrasi ini dapat menyelamatkan nyawa ketika diterapkan pada keadaan darurat nyata.

Misalnya, Anda memiliki apa yang Anda anggap sebagai serangan jantung dan menelepon 911. Dibutuhkan banyak waktu dan banyak data untuk melatih algoritme untuk memahami apakah orang di ujung telepon itu dalam bahaya serius atau tidak. Untungnya ada banyak data yang tersedia. Pusat panggilan 911 menerima telepon dan SMS dari orang-orang yang melaporkan sesuatu dan meminta bantuan. Semua data ini dapat digunakan untuk melatih sistem untuk memahami sentimen - nada, sintaksis, konten, dan urgensi. Dengan tambahan AI lain yang menyediakan layanan hemat waktu, seperti ambulans yang dikirim, Anda dapat melihat bagaimana interaksi AI-ke-AI dapat menyelamatkan nyawa.

Diperkirakan ada sekitar 240 juta panggilan ke pusat panggilan 911 per taunnya di AS, menurut data National Emergency Number Association. Sebelum Anda mengabaikan ide AI untuk menjawab panggilan darurat, ingatlah AI adalah solusi yang tidak hanya dapat merutekan panggilan dengan lebih efisien, tetapi bahkan merespons dengan cukup cepat untuk membantu menyelamatkan nyawa seseorang

Tag: Artificial Intelligence, Teknologi, Digital Economy

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,802.70 3,763.93
British Pound GBP 1.00 18,402.67 18,212.34
China Yuan CNY 1.00 2,118.50 2,097.40
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,259.00 14,117.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,024.08 9,917.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,817.92 1,799.63
Dolar Singapura SGD 1.00 10,480.71 10,374.81
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,883.10 15,722.10
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,453.38 3,416.51
Yen Jepang JPY 100.00 12,770.02 12,641.71

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6401.080 28.293 632
2 Agriculture 1425.748 3.867 21
3 Mining 1789.597 -4.457 47
4 Basic Industry and Chemicals 810.428 1.649 71
5 Miscellanous Industry 1323.098 15.290 46
6 Consumer Goods 2455.145 2.953 52
7 Cons., Property & Real Estate 484.000 -1.163 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1174.876 18.670 73
9 Finance 1296.486 6.756 91
10 Trade & Service 815.999 1.120 156
No Code Prev Close Change %
1 POOL 2,470 2,990 520 21.05
2 TFCO 520 620 100 19.23
3 ALKA 340 404 64 18.82
4 CPRI 101 114 13 12.87
5 RANC 380 418 38 10.00
6 SGRO 2,260 2,480 220 9.73
7 MBSS 655 715 60 9.16
8 TALF 284 310 26 9.15
9 PNSE 605 655 50 8.26
10 ASMI 635 685 50 7.87
No Code Prev Close Change %
1 MLPT 1,200 920 -280 -23.33
2 GOLD 500 390 -110 -22.00
3 INCF 585 480 -105 -17.95
4 HRME 440 372 -68 -15.45
5 OASA 360 306 -54 -15.00
6 TNCA 316 270 -46 -14.56
7 FAST 2,400 2,060 -340 -14.17
8 KONI 318 274 -44 -13.84
9 SOTS 216 190 -26 -12.04
10 YULE 153 136 -17 -11.11
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 101 114 13 12.87
2 BBRI 4,330 4,330 0 0.00
3 SWAT 125 127 2 1.60
4 JPFA 1,540 1,550 10 0.65
5 UNVR 46,400 45,500 -900 -1.94
6 LPPF 4,050 4,320 270 6.67
7 BMRI 7,650 7,725 75 0.98
8 GGRM 80,000 82,950 2,950 3.69
9 TLKM 3,830 3,910 80 2.09
10 FILM 850 850 0 0.00