Portal Berita Ekonomi Rabu, 24 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:07 WIB. IHSG - IHSG dibuka merah 0,04% ke level 6.460,27 di awal sesi I. 
  • 06:32 WIB. JSMR - Jasa Marga mencatatkan laba bersih sebesar Rp584,83 miliar pada kuartal I 2019.
  • 06:30 WIB. KSB - Krakatau Bandar Samudera membidik tender untuk menjadi pengelola pelabuhan milik PLN.
  • 06:30 WIB. GMFI - Pendapatan GMF AeroAsia kuartal I 2019 tumbuh, tapi laba tahun berjalan turun.
  • 06:29 WIB. BTN - BTN mengkaji akuisisi Asuransi Jiwasraya.
  • 06:17 WIB. BTN - BTN akan menerbitkan MTN sebesar Rp500 miliar untuk melunasi polis JS Saving Plan yang jatuh tempo.
  • 06:16 WIB. Holding Asuransi - Diperkirakan bakal ada sembilan perusahaan asuransi yang bergabung dalam holding asuransi.
  • 06:15 WIB. Holding Asuransi - Holding asuransu diperkirakan akan mengurangi capital outflow.
  • 00:10 WIB. Blue Bird - Blue Bird beli taksi listrik Tesla di importir umum.
  • 00:09 WIB. Tesla - Taksi robot Tesla meluncur tahun depan.

Kata.ai dan Halosis Bersinergi Hadirkan Chatbot untuk UMKM

Kata.ai dan Halosis Bersinergi Hadirkan Chatbot untuk UMKM - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Menurut penelitian Adweek, di tahun 2017 setidaknya ada 500 perusahaan retail ternama yang memperoleh pendapatan hingga US$6.5 miliar dari penjualan online di media sosial. Tentunya fenomena ini jadi peluang besar bagi para pelaku industri retail. Tidak heran, jika unit bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pun perlahan-lahan mulai melakukan digitalisasi.

Brand Marketing Kata.ai, Lia Lestari menyatakan hal tersebut pun jadi latar belakang Halosis, salah satu partnernya, untuk merilis platform social commerce 2.0 dan menawarkan solusi chatbot dengan kecerdasan buatan yang bernama Hana.

"Chatbot Hana hadir untuk membantu pengusaha UMKM menjual produk secara langsung di media sosial, menerima pesanan, memproses semua transaksi, mengelola stok produk tanpa rumit hanya dengan satu dashboard terintegrasi, dan menangani pertanyaan ataupun keluhan konsumen 24/7. Bahkan, jika konsumen ingin menghubungi admin, ada opsi untuk terhubung dengan agen customer service," ujar Lia di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Lalu, apa sebenarnya social commerce itu? Pada intinya, social commerce merupakan sebuah aktivitas digital dimana para pelaku bisnis online dapat menjual produk mereka langsung ke konsumen cukup melalui akun media sosialnya. Dengan fitur social commerce ini tidak akan ada lagi proses belanja yang rumit dan step yang cukup banyak, karena konsumen Anda dapat berbelanja produk yang mereka inginkan hanya dengan satu langkah dari media sosial, transaksi yang terjadi pun lebih terasa seperti interaksi dengan teman.

Baca Juga: Fasilitasi Transformasi Digital, Kata.ai Kenalkan Inovasi Conversational AI di Indonesia

Lia melanjutkan, Halosis menggabungkan teknologi dan personality untuk mendukung pengusaha UMKM agar dapat mengembangkan sistem jual beli yang cepat, sederhana, dan personal. Kehadiran asisten virtual Hana pun bertujuan untuk mempercepat UMKM dalam memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, salah satunya via media sosial.

"Chatbot Hana memiliki kapabilitas berkomunikasi dengan konsumen selama 24 jam, sekaligus mendata pesanan yang masuk, dan mengurangi resiko human error yang terjadi. Hana juga akan terhubung dengan dashboard milik toko Anda untuk mengetahui dan mengelola stok produk," tambahnya.

Menurutnya, fitur dashboard ini membantu bisnis dalam merekap seluruh transaksi penjualan secara efisien. Bahkan menurut data Halosis, di tahun lalu layanan mereka telah membantu seluruh mitranya untuk menghemat waktu operasional bisnis sampai 500.000 jam, dan dalam satu tahun terdapat 199.200 pesan yang menghasilkan 40.236 transaksi.

Ditambahkan, dalam menyediakan teknologi social commerce chatbot, Halosis menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dari Kata.ai. Kolaborasi antara kami dengan Halosis ini sekaligus menandakan pertama kalinya kami membuka fitur teknologi Kata.ai kepada pihak ketiga yang fokus di segmen UMKM. Selain itu, melalui kolaborasi ini kami ingin membuka akses AI dan menjadi perusahaan PaaS (Platform as a service) untuk semua jenis bisnis, industri, dan segmen tidak terkecuali UMKM.

Baca Juga: Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini

Menyasar UMKM sebagai target pasar, Halosis menawarkan layanan ini dalam tiga pilihan diantaranya:Free Package, Premium Package, dan Enterprise Package. Di tahun ini, Halosis menargetkan dapat menjangkau 100.000 pelaku UMKM, dan dapat membantu lebih banyak pengusaha perempuan yang melakukan bisnis online. Kedepannya, Halosis akan mengembangkan kapabilitas chatbot Hana, agar ia dapat memberikan rekomendasi produk pada konsumen berdasarkan riwayat pembelian mereka.

Sebagai kesimpulan, pada titik ini kita tentu setuju adanya social commerce chatbot akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk menjalankan operasional bisnis nya dengan cara yang lebih baik. Dengan menawarkan fitur-fitur baru, perusahaan Anda dapat menghilangkan hambatan dan membuat proses belanja jadi mudah. Teknologi ini pun dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan penjualan tentunya. Lewat solusi yang ditawarkannya, Halosis ingin semua orang memiliki kesempatan solid menjadi pengusaha sukses dan menciptakan persaingan yang sehat.

Tag: Chatbot, E-commerce

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/Andrew Neel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.33 3,735.70
British Pound GBP 1.00 18,375.19 18,187.78
China Yuan CNY 1.00 2,109.36 2,088.49
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,150.00 14,010.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,087.54 9,986.33
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,803.65 1,785.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,436.64 10,331.86
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,920.17 15,755.65
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,426.15 3,388.15
Yen Jepang JPY 100.00 12,659.93 12,531.31

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26