Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kata.ai dan Halosis Bersinergi Hadirkan Chatbot untuk UMKM

Kata.ai dan Halosis Bersinergi Hadirkan Chatbot untuk UMKM Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menurut penelitian Adweek, di tahun 2017 setidaknya ada 500 perusahaan retail ternama yang memperoleh pendapatan hingga US$6.5 miliar dari penjualan online di media sosial. Tentunya fenomena ini jadi peluang besar bagi para pelaku industri retail. Tidak heran, jika unit bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pun perlahan-lahan mulai melakukan digitalisasi.

Brand Marketing Kata.ai, Lia Lestari menyatakan hal tersebut pun jadi latar belakang Halosis, salah satu partnernya, untuk merilis platform social commerce 2.0 dan menawarkan solusi chatbot dengan kecerdasan buatan yang bernama Hana.

"Chatbot Hana hadir untuk membantu pengusaha UMKM menjual produk secara langsung di media sosial, menerima pesanan, memproses semua transaksi, mengelola stok produk tanpa rumit hanya dengan satu dashboard terintegrasi, dan menangani pertanyaan ataupun keluhan konsumen 24/7. Bahkan, jika konsumen ingin menghubungi admin, ada opsi untuk terhubung dengan agen customer service," ujar Lia di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Lalu, apa sebenarnya social commerce itu? Pada intinya, social commerce merupakan sebuah aktivitas digital dimana para pelaku bisnis online dapat menjual produk mereka langsung ke konsumen cukup melalui akun media sosialnya. Dengan fitur social commerce ini tidak akan ada lagi proses belanja yang rumit dan step yang cukup banyak, karena konsumen Anda dapat berbelanja produk yang mereka inginkan hanya dengan satu langkah dari media sosial, transaksi yang terjadi pun lebih terasa seperti interaksi dengan teman.

Baca Juga: Fasilitasi Transformasi Digital, Kata.ai Kenalkan Inovasi Conversational AI di Indonesia

Lia melanjutkan, Halosis menggabungkan teknologi dan personality untuk mendukung pengusaha UMKM agar dapat mengembangkan sistem jual beli yang cepat, sederhana, dan personal. Kehadiran asisten virtual Hana pun bertujuan untuk mempercepat UMKM dalam memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, salah satunya via media sosial.

"Chatbot Hana memiliki kapabilitas berkomunikasi dengan konsumen selama 24 jam, sekaligus mendata pesanan yang masuk, dan mengurangi resiko human error yang terjadi. Hana juga akan terhubung dengan dashboard milik toko Anda untuk mengetahui dan mengelola stok produk," tambahnya.

Menurutnya, fitur dashboard ini membantu bisnis dalam merekap seluruh transaksi penjualan secara efisien. Bahkan menurut data Halosis, di tahun lalu layanan mereka telah membantu seluruh mitranya untuk menghemat waktu operasional bisnis sampai 500.000 jam, dan dalam satu tahun terdapat 199.200 pesan yang menghasilkan 40.236 transaksi.

Ditambahkan, dalam menyediakan teknologi social commerce chatbot, Halosis menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dari Kata.ai. Kolaborasi antara kami dengan Halosis ini sekaligus menandakan pertama kalinya kami membuka fitur teknologi Kata.ai kepada pihak ketiga yang fokus di segmen UMKM. Selain itu, melalui kolaborasi ini kami ingin membuka akses AI dan menjadi perusahaan PaaS (Platform as a service) untuk semua jenis bisnis, industri, dan segmen tidak terkecuali UMKM.

Baca Juga: Gantikan Customer Service, Chatbot Berikan Layanan Ini

Menyasar UMKM sebagai target pasar, Halosis menawarkan layanan ini dalam tiga pilihan diantaranya:Free Package, Premium Package, dan Enterprise Package. Di tahun ini, Halosis menargetkan dapat menjangkau 100.000 pelaku UMKM, dan dapat membantu lebih banyak pengusaha perempuan yang melakukan bisnis online. Kedepannya, Halosis akan mengembangkan kapabilitas chatbot Hana, agar ia dapat memberikan rekomendasi produk pada konsumen berdasarkan riwayat pembelian mereka.

Sebagai kesimpulan, pada titik ini kita tentu setuju adanya social commerce chatbot akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk menjalankan operasional bisnis nya dengan cara yang lebih baik. Dengan menawarkan fitur-fitur baru, perusahaan Anda dapat menghilangkan hambatan dan membuat proses belanja jadi mudah. Teknologi ini pun dapat membantu Anda meningkatkan pendapatan penjualan tentunya. Lewat solusi yang ditawarkannya, Halosis ingin semua orang memiliki kesempatan solid menjadi pengusaha sukses dan menciptakan persaingan yang sehat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: