Portal Berita Ekonomi Selasa, 23 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:38 WIB. Impor - Tahan izin impor 100 ribu ton bawang putih lewat Perum Bulog dinilai sejahterakan petani bawang.
  • 16:37 WIB. Douw Nabire - Penerbangan di Bandara Douw Nabire kembali normal pascakebakaran.
  • 16:36 WIB. Pemilu - Sri Mulyani akan memberikan santunan kepada 91 petugas penyelenggara pemilu yang meninggal.
  • 16:35 WIB. Wisman - Menko Luhut menyoroti masalah sampah bisa mengurangi kunjungan wisman.
  • 16:35 WIB. Nelayan - Menteri KKP menyayangkan nelayan masih suka pakai bom untuk tangkap ikan.
  • 16:34 WIB. Impor - Kebijakan Mendag tahan impor harus diperkuat produksi bawang putih.
  • 16:33 WIB. Kemenperin - Investasi meningkat, Kemenperin aktif siapkan SDM industri kompeten.
  • 16:32 WIB. SDM - Target 20 juta hektar konservasi, Kemenko Maritim inisiasi sertifikasi SDM.
  • 16:32 WIB. Sarung tangan - Tumbuh 10% per tahun, pasar sarung tangan karet global prospektif.
  • 16:31 WIB. Hotel - Hotel bintang lima Alila SCBD mencerminkan gaya hidup hip dan kontemporer.
  • 16:30 WIB. DOOgether - Raih pendanaan Seed Investment, DOOgetjer siap ekspansi.
  • 16:29 WIB. Bea Cukai - Tingkatkan pengawasan, Bea Cukai menjalni kerja sama dengan Ditjen Dukcapil.
  • 16:29 WIB. Migas - Investasi hulu migas kuartal I mencapai Rp31 triliun.
  • 16:28 WIB. Go-Food - Kontribusi Go-Food terhadap ekonomi mencapai Rp18 triliun.
  • 16:27 WIB. Tol - Tarif tol ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi resmi berlaku.

Aktivitas Digital Mampu Tingkatkan Popularitas Brand

Aktivitas Digital Mampu Tingkatkan Popularitas Brand - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Sebanyak 150 juta jiwa, lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia saat ini, telah menggunakan internet. Sementara pengguna media sosial sebesar 130 juta, sekitar 48% dari populasi. Melihat data tersebut, aktivitas pemasaran digital menjadi mutlak untuk dilakukan.

Demikian diungkapkan oleh Chairman TRAS N CO Tri Raharjo dalam penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 di Jakarta (25/3/2019). Dia mencontohkan, tiga tahun yang lalu sebuah brand belum tertarik untuk melakukan aktivitas digital, tapi sekarang semuanya sudah masuk ke ranah digital.

"Bukan hanya transaksi, saat akan melihat produk untuk mencari referensi secara detail, semua ada di sana (digital), di internet informasi dapat diakses secara luas," ujar Tri Raharjo.

Lalu, bagaimana sebuah brand yang ingin masuk ke dunia digital? Tri Raharjo menjelaskan, perlu dilakukan market riset terlebih dahulu. Ada tiga platform yang dapat digunakan, yakni Google Keyword untuk melihat produk yang sedang dicari oleh masyarakat. Kemudian Google Trend untuk melihat pergerakan suatu produk, dan Data Market Place untuk melihat berapa banyak barang terjual dan bagaimana ulasan akan suatu produk.

Baca Juga: Begini Pengaruh Pembayaran Digital untuk Bisnis Startup Kopi Kenangan

IDPBA 2019 mengusung tema Digital Activity Improving Your Brand. Selama riset, Tri Rahajo mengamati beberapa aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, terlihat benar-benar mempersiapkan apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat, seperti mengadakan kuis, kompetisi foto, dan video. Aktivitas tersebut dilakukan melalui media sosial dengan tujuan engagement ke masyarakat benar-benar terjadi.

Selain itu, beberapa perusahaan juga serius membangun aplikasi khusus untuk memberikan kemudahan kepada konsumen. Tidak hanya kemudahan dalam bertransaksi, tapi lebih detail untuk memberikan point reward hingga membuat saluran komplain yang lebih tepat.

"Beberapa brand bahkan serius membangun big data, membangun portal khusus pengajuan kredit sehingga digital betul-betul meningkatkan penjualan mereka," jelas Tri Raharjo.

Dalam survei yang dilakukan, Tri Raharjo menambahkan, tak kurang dari 244 brand di Indonesia telah berhasil menjadi pemenang dalam ajang IDPBA 2019. Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital.

Adapun para pemenang IDPBA 2019, di antaranya, Marcks (kategori bedak tabur muka), Salicyl (kategori bedak kesehatan), sharp (kategori AC, mesin cuci, vacuum cleaner, dan mesin fax), Softex (kategori pembalut wanita), OBH Combi (kategori obat batuk), Dekkson (kategori handel pintu), Terminix (kategori pembasmi hama), Citicon (kategori bata/beton ringan), Nusabess (kategori atap fiber cement), Nusaboard (kategori calcium silicate board).

Lalu, Lenovo (kategori laptop), QL Maskara (kategori maskara), BAF (kategori leasing mobil), Garda Oto (kategori asuransi mobil), Campina (kategori es krim), Onda (kategori kran air), Rucika (kategori pipa air PVC), dan BCA (kategori kartu kredit, mobile banking, internet banking dan call center bank).

Baca Juga: Teknologi Digital Dinilai Dapat Mengakselerasi Ekonomi Umat

Tag: Digital, brand, TRAS N CO Indonesia

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Agus Aryanto

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.33 3,735.70
British Pound GBP 1.00 18,375.19 18,187.78
China Yuan CNY 1.00 2,109.36 2,088.49
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,150.00 14,010.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,087.54 9,986.33
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,803.65 1,785.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,436.64 10,331.86
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,920.17 15,755.65
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,426.15 3,388.15
Yen Jepang JPY 100.00 12,659.93 12,531.31

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6462.822 48.079 632
2 Agriculture 1471.418 6.415 21
3 Mining 1816.490 35.325 47
4 Basic Industry and Chemicals 835.511 4.182 71
5 Miscellanous Industry 1327.492 19.942 46
6 Consumer Goods 2506.880 31.053 52
7 Cons., Property & Real Estate 491.243 -0.634 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.999 14.156 73
9 Finance 1303.709 2.892 91
10 Trade & Service 815.278 5.604 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 466 580 114 24.46
2 ABBA 147 169 22 14.97
3 LUCK 840 960 120 14.29
4 BCAP 149 170 21 14.09
5 ALMI 525 595 70 13.33
6 CNTX 505 570 65 12.87
7 GSMF 110 123 13 11.82
8 JSKY 1,080 1,200 120 11.11
9 ZINC 555 615 60 10.81
10 MYTX 75 83 8 10.67
No Code Prev Close Change %
1 TRIS 266 200 -66 -24.81
2 ARTA 535 406 -129 -24.11
3 MTPS 1,210 920 -290 -23.97
4 CPRI 168 131 -37 -22.02
5 TRIO 155 121 -34 -21.94
6 IIKP 125 99 -26 -20.80
7 MTSM 238 202 -36 -15.13
8 BBLD 565 480 -85 -15.04
9 GHON 1,500 1,275 -225 -15.00
10 MKPI 17,175 15,000 -2,175 -12.66
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 168 131 -37 -22.02
2 BGTG 82 83 1 1.22
3 TLKM 3,780 3,850 70 1.85
4 TRAM 111 112 1 0.90
5 ABBA 147 169 22 14.97
6 FREN 312 298 -14 -4.49
7 BUMI 113 125 12 10.62
8 ERAA 1,495 1,585 90 6.02
9 UNTR 26,075 27,200 1,125 4.31
10 ESTI 109 100 -9 -8.26