Portal Berita Ekonomi Selasa, 12 November 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:57 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,81% pada level 23.520
  • 13:55 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 0,79% pada level 2.140
  • 13:54 WIB. Valas - Dollar melemah 0,05% terhadap Poundsterling pada level 1,2862 USD/Pound
  • 13:54 WIB. Valas - Dollar melemah 0,02% terhadap Euro pada level 1,1035 USD/Euro
  • 13:53 WIB. Valas - Dollar menguat 0,21% terhadap Yen pada level 109,28 Yen/USD
  • 13:53 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.451 USD/troy ounce
  • 13:52 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 62,50 USD/barel
  • 13:51 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 57,09 USD/barel
  • 12:01 WIB. IHSG - IHSG melemah -0,07% di akhir sesi I.

Aktivitas Digital Mampu Tingkatkan Popularitas Brand

Aktivitas Digital Mampu Tingkatkan Popularitas Brand - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Sebanyak 150 juta jiwa, lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia saat ini, telah menggunakan internet. Sementara pengguna media sosial sebesar 130 juta, sekitar 48% dari populasi. Melihat data tersebut, aktivitas pemasaran digital menjadi mutlak untuk dilakukan.

Demikian diungkapkan oleh Chairman TRAS N CO Tri Raharjo dalam penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 di Jakarta (25/3/2019). Dia mencontohkan, tiga tahun yang lalu sebuah brand belum tertarik untuk melakukan aktivitas digital, tapi sekarang semuanya sudah masuk ke ranah digital.

"Bukan hanya transaksi, saat akan melihat produk untuk mencari referensi secara detail, semua ada di sana (digital), di internet informasi dapat diakses secara luas," ujar Tri Raharjo.

Lalu, bagaimana sebuah brand yang ingin masuk ke dunia digital? Tri Raharjo menjelaskan, perlu dilakukan market riset terlebih dahulu. Ada tiga platform yang dapat digunakan, yakni Google Keyword untuk melihat produk yang sedang dicari oleh masyarakat. Kemudian Google Trend untuk melihat pergerakan suatu produk, dan Data Market Place untuk melihat berapa banyak barang terjual dan bagaimana ulasan akan suatu produk.

Baca Juga: Begini Pengaruh Pembayaran Digital untuk Bisnis Startup Kopi Kenangan

IDPBA 2019 mengusung tema Digital Activity Improving Your Brand. Selama riset, Tri Rahajo mengamati beberapa aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, terlihat benar-benar mempersiapkan apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat, seperti mengadakan kuis, kompetisi foto, dan video. Aktivitas tersebut dilakukan melalui media sosial dengan tujuan engagement ke masyarakat benar-benar terjadi.

Selain itu, beberapa perusahaan juga serius membangun aplikasi khusus untuk memberikan kemudahan kepada konsumen. Tidak hanya kemudahan dalam bertransaksi, tapi lebih detail untuk memberikan point reward hingga membuat saluran komplain yang lebih tepat.

"Beberapa brand bahkan serius membangun big data, membangun portal khusus pengajuan kredit sehingga digital betul-betul meningkatkan penjualan mereka," jelas Tri Raharjo.

Dalam survei yang dilakukan, Tri Raharjo menambahkan, tak kurang dari 244 brand di Indonesia telah berhasil menjadi pemenang dalam ajang IDPBA 2019. Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital.

Adapun para pemenang IDPBA 2019, di antaranya, Marcks (kategori bedak tabur muka), Salicyl (kategori bedak kesehatan), sharp (kategori AC, mesin cuci, vacuum cleaner, dan mesin fax), Softex (kategori pembalut wanita), OBH Combi (kategori obat batuk), Dekkson (kategori handel pintu), Terminix (kategori pembasmi hama), Citicon (kategori bata/beton ringan), Nusabess (kategori atap fiber cement), Nusaboard (kategori calcium silicate board).

Lalu, Lenovo (kategori laptop), QL Maskara (kategori maskara), BAF (kategori leasing mobil), Garda Oto (kategori asuransi mobil), Campina (kategori es krim), Onda (kategori kran air), Rucika (kategori pipa air PVC), dan BCA (kategori kartu kredit, mobile banking, internet banking dan call center bank).

Baca Juga: Teknologi Digital Dinilai Dapat Mengakselerasi Ekonomi Umat

Baca Juga

Tag: Digital, brand, TRAS N CO Indonesia

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti

Foto: Agus Aryanto

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,767.71 3,730.02
British Pound GBP 1.00 18,160.39 17,978.29
China Yuan CNY 1.00 2,017.49 1,996.56
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,129.30 13,988.71
Dolar Australia AUD 1.00 9,658.79 9,561.28
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,805.11 1,787.08
Dolar Singapura SGD 1.00 10,380.03 10,272.97
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,580.38 15,423.95
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,411.23 3,374.03
Yen Jepang JPY 100.00 12,944.85 12,814.87

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6148.740 -29.246 660
2 Agriculture 1415.410 17.876 20
3 Mining 1481.348 -43.290 49
4 Basic Industry and Chemicals 941.808 -7.757 75
5 Miscellanous Industry 1184.256 6.302 50
6 Consumer Goods 2070.639 -4.102 54
7 Cons., Property & Real Estate 508.975 -3.887 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1146.636 -9.799 75
9 Finance 1267.562 -2.638 90
10 Trade & Service 804.666 -3.024 165
No Code Prev Close Change %
1 KAYU 81 109 28 34.57
2 SINI 183 246 63 34.43
3 BMSR 183 246 63 34.43
4 SKYB 59 79 20 33.90
5 SWAT 89 110 21 23.60
6 ANDI 140 171 31 22.14
7 ARTA 342 410 68 19.88
8 SLIS 3,510 4,200 690 19.66
9 PGLI 128 149 21 16.41
10 YPAS 430 498 68 15.81
No Code Prev Close Change %
1 ARTO 3,080 2,310 -770 -25.00
2 OMRE 1,675 1,260 -415 -24.78
3 FORZ 675 510 -165 -24.44
4 TGRA 720 555 -165 -22.92
5 BYAN 14,400 11,600 -2,800 -19.44
6 PORT 550 454 -96 -17.45
7 PCAR 1,650 1,400 -250 -15.15
8 FIRE 1,595 1,375 -220 -13.79
9 LMSH 422 364 -58 -13.74
10 POLU 2,180 1,900 -280 -12.84
No Code Prev Close Change %
1 IPTV 540 520 -20 -3.70
2 MAMI 248 250 2 0.81
3 BBRI 3,990 4,000 10 0.25
4 KPIG 136 131 -5 -3.68
5 PTBA 2,580 2,600 20 0.78
6 BBCA 31,400 31,475 75 0.24
7 MSIN 470 470 0 0.00
8 PSAB 262 276 14 5.34
9 TCPI 4,720 4,500 -220 -4.66
10 EXCL 3,450 3,300 -150 -4.35