Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Hal yang Wajib Pemimpin Perusahaan Lakukan untuk Membangun Tim yang Solid

3 Hal yang Wajib Pemimpin Perusahaan Lakukan untuk Membangun Tim yang Solid Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika Anda adalah pemimpin perusahaan yang memimpikan kesuksesan dan kepuasan, maka keuntungan perusahaan atau keuntungan Anda saja yang selalu Anda pikirkan. Namun, bagaimana membuat perusahaan Anda langgeng dan survive saat ditimpa krisis. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah membangun tim yang solid dan membangun hubungan dengan karyawan Anda yang tidak sekedar hubungan antara atasan dan bawahan. Berpikirlah untuk sukses bersama-sama, bukan menyukseskan diri sendiri.

Membangun tim menurut Gregory Ciotti dari HelpScout adalah bagaimana membentuk, memotivasi dan menjaga kebahagiaan timnya. Jika tim Anda berisi 2-3 tiga orang, mungkin komunikasinya akan mudah. Tapi bagaimana kalau Anda mempimpin sebuah perusahaan dengan lebih banyak orang lagi? Berikut beberapa cara membangun tim yang solid, seperti dilansir dari Urbanhire.com

1. Tak Kenal, Maka Tak Sayang

Tentunya Anda harus mengawali dengan mengetahui setiap karyawan di dalam tim Anda. Apa posisinya? Apa tugasnya? Apa juga mimpinya? Mungkin juga cari tahu tentang hobi dan keluarganya. Nggak hanya antara Anda dan mereka, tetapi juga sesama karyawan.

Baca Juga: Bersama BPT, Imperva Hadirkan Scrubbing Center untuk Para Pelaku Bisnis

Ubah kata “kolega” menjadi “teman”. Menurut Tom Rath, penulis buku Vital Friends: The People  You Can’t Afford to Live Without, karyawan yang memiliki teman baik di kantornya, tujuh kali lebih aktif di tempat kerja dibanding yang tidak.

Untuk saling mengenal, ada dua cara yang bisa Anda lakukan:

a. Harian

Kegiatan yang paling mudah dilakukan untuk saling mengenal adalah pada saat di kantor. Nggak hanya ngomongin kerjaan, tim Anda juga butuh obrolan yang non-formal. Membuat jadwal coffee break rutin atau menyediakan katering untuk makan siang dapat memberikan waktu lebih bagi para karyawan untuk mengenal satu sama lain.

b. Bulanan/Tahunan

Jika harian belum cukup, lakukan kegiatan rutin bulanan atau tahunan seperti pergi outing atau melakukan workshop. Outing lebih menarik karena dapat memberikan penyegaran dan makin mengenal karakter lebih jauh. Jika ingin yang lebih serius, lakukan workshop yang tentunya dapat menambah pengetahuan pekerjaan mereka. Misalnya, membuat les Bahasa Inggris.

Baca Juga: Ini Tips Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri Ala Lars Wittig

2. Seimbang itu Penting: Introvert dan Ekstrovert

Sekilas kedua kepribadian terlihat bertolak belakang, kan? Banyak yang beranggapan juga bahwa tim yang baik adalah yang berisi para ekstrovert karena mereka lebih terbuka dan mudah mengungkapkan ide-idenya dan mudah naik pangkat. Tapi menurut sebuah riset, orang introvert juga dapat mencapai hal yang sama dengan ekstorvert. Lagipula, jika semua orang terlalu terbuka dan meluap-meluap, siapa yang akan dengan seksama mendengarkannya? So, keep it balanced.

3. Ganti Brainstorming dengan Brainwriting

Jika ada proyek baru, seringkali tim melakukan brainstorming atau bertemu untuk menuangkan ide-ide anggota. Menurut sebuah riset dari Journal of Personality and Social Psychology, ternyata teknik ini nggak maksimal. Misalnya, banyak yang takut memberikan ide karena tahu ide mereka akan di-judge oleh orang lain, apalagi mereka yang introvert.

Untuk menggantinya cobalah sesekali melakukan electronic brainwriting, alias brainstorming dalam bentuk aplikasi chat. Di masa sekarang mungkin bisa menggunakan e-mail dan grup WhatsApp. Tapi pastikan semua tim tahu peraturannya. Pertama, jangan mengritik, semua ide adalah bagus. Fokus pada kuantitas, dengan begini dapat terlihat semua anggota tim ikut berpartisipasi. Terakhir, kombinasikan semua ide dan memolesnya menjadi lebih bagus.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: