Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berikan Wawasan Wirausaha ke Milenial, Pelindo III Gelar Kelas Kreatif di Kupang

Berikan Wawasan Wirausaha ke Milenial, Pelindo III Gelar Kelas Kreatif di Kupang Kredit Foto: Ahmad Subaidi
Warta Ekonomi, Kupang -

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar kegiatan BUMN Goes to Campus di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), (26/3/2019). Dihelat acara tersebut dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Tak kurang dari 350 peserta mengikuti pelatihan, mulai dari mahasiswa, siswa SMA dan SMK, serta perwakilan dari UKM mitra binaan Pelindo III dan warga. Pada kesempatan itu, Pelindo III juga menyerahkan bantuan sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR) berupa sarana pendukung kegiatan belajar ke Undana senilai Rp50 juta rupiah.

“Sembari memberikan inspirasi tentang pentingnya semangat membangun negeri seperti yang dikerjakan oleh BUMN, peserta juga mengikuti beberapa Kelas Kreatif yang merupakan pelatihan bersertifikat. Mulai dari pelatihan teknik bertani urban hidroponik, hingga memasak penganan khas setempat dan ketrampilan membuat kerajinan lokal,” jelas Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III, Toto Nugroho, dalam keterangan yang diterima Jum'at (29/3/2019).

Baca Juga: Jadikan Tanjung Perak Pusat Distribusi Kertas Nasional, Pelindo III-Sinarmas Group Jajaki Sinergi

Lanjut Toto, generasi milenial perlu dikenalkan kepada berbagai jenis ketrampilan agar bisa mengeksplorasi minat dan bakatnya. Karena jika sesuai passion (minat) maka tidak akan mudah merasa jenuh dan terpaksa, bahkan dapat memacu kreativitas.

“Peserta juga diberikan kelas kreatif tentang pentingnya social media marketing. Agar mereka kelak dapat memasarkan produk atau jasa kreatifnya pada platform digital sesuai dengan tuntutan persaingan global di masa depan,” tambahnya.

Dari kelas kreatif ini para peserta mendapatkan literasi tentang bagaimana menengarai informasi yang keliru di internet, agar tentunya tidak turut menyebarkan berita hoax. Kemudian juga diajarkan bagaimana membuat penganan, kerajinan lokal, dan memasarkan produk kepada audience yang tepat melalui media sosial.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Undana, Siprianus Suban Garak, mengapreasiasi diselenggarakannya Kelas Kreatif tersebut. Ia menyebutan bahwa pembekalan kelas-kelas kreatif sangat bermanfaat.

Baca Juga: Ribuan Warga Blitar Siap Go Online Lewat Kampung Wirausaha Online

“Karena kini kampus harus mendorong mahasiswanya untuk tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga harus menjadi lebih siap untuk berwirausaha. Beragam ketrampilan di luar bidang akademik akan memperluas kapabilitas mahasiswa yang nantinya berguna baik di dunia kerja atau saat berwirausaha,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Filmon Lulupoy, juga turut mengapresiasi kehadiran BUMN dalam memberdayakan generasi muda seperti saat ini menjadi langkah positif yang sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam peningkatan sumber daya manusia yang berkompeten dan berkualitas.

“Semoga pada ulang tahunnya yang ke-21 ini, Kementerian BUMN semakin meningkatkan komitmennya dalam mendukung program-program pembangunan pemerintah daerah. Terutama melalui program yang inovatif, membumi atau sesuai dengan karakter lokal, dan tetap mengembangkan potensi implementasi teknologi agar generasi muda semakin siap menghadapi persaingan global,” pungkasnya.

Baca Juga: Pelindo III Siapkan Rp6,44 Triliun di 2019, Ini Rincian Alokasinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: