Portal Berita Ekonomi Kamis, 14 November 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:03 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.469 USD/troy ounce
  • 16:01 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 62,76 USD/barel
  • 16:01 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 57,46 USD/barel
  • 16:00 WIB. IHSG - IHSG melemah -0,71% di akhir sesi II.
  • 15:59 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,06% terhadap Poundsterling pada level 1,2843 USD/Pound
  • 15:59 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,05% terhadap Euro pada level 1,1012 USD/Euro
  • 15:57 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,13% terhadap Yen pada level 108,68 Yen/USD
  • 15:56 WIB. Valas - Yuan ditutup positif 0,04% terhadap USD pada level 7,0260 Yuan/USD
  • 15:53 WIB. Valas - Rupiah ditutup positif 0,06% terhadap USD pada level Rp.14.088/USD
  • 15:52 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup negatif 0,93% pada level 26.323
  • 15:51 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,16% pada level 2.909
  • 15:50 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup negatif 0,21% pada level 3.232
  • 15:49 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 0,34% pada level 7.326
  • 13:47 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup melemah 0,76% pada level 23.141
  • 13:47 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,36% pada level 2.130

Begini Lho Rencana Bisnis Bukalapak untuk Mitra Warungnya

Begini Lho Rencana Bisnis Bukalapak untuk Mitra Warungnya - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Sudah sejak 2017 lalu, Bukalapak memulai ekspansi bisnisnya yang secara khusus menyasar warung-warung kecil sebagai mitra usahanya. Hingga akhir 2018 lalu, sedikitnya 500.000 warung dan 700.000 lebih usaha mikro tanpa warung berhasil digandeng sebagai mitra.

Konsepnya, warung-warung dapat memfasilitasi masyarakat yang ingin membeli barang di Bukalapak, namun terkendala oleh satu dan lain hal sehingga tidak bisa bertransaksi sendiri. Warung-warung tadi yang kemudian membantu dengan mentransaksikan pembelian barang sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu, pelanggan juga bisa membeli produk-produk dengan harga diskon dengan syarat, barangnya harus diambil dari warung tersebut.

"Nah konsep bisnis untuk warung-warung ini terus coba kami kembangkan sedemikian rupa sehingga ke depan bisnis online atau pun offline ini semata-mata hanya option channel saja yang hidup dalam satu ekosistem yang tidak lagi terpisah. Jadi, ke depan bisa benar-benar menyatu," ujar Co-Founder sekaligus Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid kepada Warta Ekonomi akhir pekan kemarin.

Salah satu rencana pengembangan yang disiapkan, menurut Fajrin, adalah mengoneksikan jaringan warung-warung ini dengan puluhan juta produk usaha kecil dan menengah (UKM) yang selama ini telah dijual di Bukalapak. Dengan demikian, kedua kelompok besar pelaku mikro-ekonomi ini bisa saling bekerja sama dan saling memberi manfaat dalam sebuah ekosistem bersama.

Baca Juga: Diramal Jadi Decacorn, Ini Jawaban Bukalapak

"Yang ada dalam bayangan kami, ke depan mungkin bisa saja jaringan warung-warung ini juga mengambil suplai barangnya dari UKM-UKM pelapak kami. Jadi, misal warung-warung di Bogor selain menjual produk-produk dari produsen besar, dia juga jualan talas bogor hasil produksi UKM di sekitar sana. Warung-warung di Bandung juga jualan cilok, misalnya. Atau (warung-warung) yang di Surabaya juga berjualan almond crispy gitu. Jadi, keberadaan mereka saling menguatkan," tutur Fajrin.

Selain itu, lanjut Fajrin, pihaknya juga telah merintis kerja sama dengan sedikitnya seratusan produsen besar untuk dapat menghasilkan konsep distribution channel baru yang lebih efektif dan efisien.  Caranya adalah dengan memungkinkan para pemilik warung tadi untuk langsung memesan suplai barang melalui Bukalapak.

"Sehingga kalau biasanya mereka (pemilik warung) harus menunggu sales-nya datang atau beli di distributor, kini mereka bisa pesan ke produsennya langsung. Selain murah, juga proses datang barang bisa lebih cepat. Sedangkan untuk produsen, sistem baru ini sekaligus menawarkan insight. Mereka yang tadinya tidak tahu persis kondisi pasar, kini mereka secara akurat bisa dapat data bahwa warung A di ujung Bandung biasa stok barang per karton tiga hari habis. Warung B ini penjualan paling kenceng, per hari bisa habis tiga karton dan sebagainya. Dari data yang lebih akurat ini mereka bisa olah lagi menjadi berbagai macam kebijakan. Jadi, arah bisnisnya ke sana," tegas Fajrin.

Baca Juga: Bukalapak Tidak Berencana IPO?

Baca Juga

Tag: Bukalapak, Startup, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Penulis: Taufan Sukma

Editor: Rosmayanti

Foto: Bukalapak

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,778.16 3,740.37
British Pound GBP 1.00 18,193.76 18,011.32
China Yuan CNY 1.00 2,017.76 1,996.83
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,168.49 14,027.51
Dolar Australia AUD 1.00 9,633.16 9,535.90
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,809.58 1,791.55
Dolar Singapura SGD 1.00 10,395.08 10,288.62
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,586.76 15,430.26
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,408.34 3,370.38
Yen Jepang JPY 100.00 13,034.49 12,901.23

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6098.950 -43.551 661
2 Agriculture 1397.743 -4.240 20
3 Mining 1452.243 -21.357 49
4 Basic Industry and Chemicals 939.059 -8.969 76
5 Miscellanous Industry 1183.985 -19.385 50
6 Consumer Goods 2073.209 -0.509 54
7 Cons., Property & Real Estate 508.847 0.113 82
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1136.127 -19.892 75
9 Finance 1250.810 -5.434 90
10 Trade & Service 793.642 -8.727 165
No Code Prev Close Change %
1 ESIP 163 276 113 69.33
2 MPOW 135 182 47 34.81
3 ARMY 67 90 23 34.33
4 BOSS 179 240 61 34.08
5 RIMO 50 67 17 34.00
6 ARTO 2,160 2,700 540 25.00
7 SINI 382 476 94 24.61
8 MYRX 50 61 11 22.00
9 NICK 230 276 46 20.00
10 BRAM 9,775 11,725 1,950 19.95
No Code Prev Close Change %
1 VINS 182 138 -44 -24.18
2 DEAL 1,465 1,150 -315 -21.50
3 TGRA 314 250 -64 -20.38
4 MLPT 690 575 -115 -16.67
5 IRRA 705 590 -115 -16.31
6 TIRA 248 208 -40 -16.13
7 IBST 9,800 8,300 -1,500 -15.31
8 ANDI 238 204 -34 -14.29
9 DFAM 466 402 -64 -13.73
10 ECII 1,090 955 -135 -12.39
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 240 242 2 0.83
2 MYRX 50 61 11 22.00
3 BBRI 3,960 3,940 -20 -0.51
4 MNCN 1,440 1,405 -35 -2.43
5 BHIT 71 70 -1 -1.41
6 TLKM 4,150 4,050 -100 -2.41
7 RIMO 50 67 17 34.00
8 SCMA 1,310 1,320 10 0.76
9 BMRI 6,875 6,875 0 0.00
10 ADRO 1,335 1,300 -35 -2.62