Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:06 WIB. IHSG - IHSG amblas 1,16% ke level 6.372,79 di akhir sesi II. 
  • 15:11 WIB. Geo Dipa - Pembangunan PLTP Dieng dan Patuha menelan investasi US$300 juta.
  • 15:10 WIB. PLTP - Sri Mulyani memastikan proyek PLTP Unit 2 Dieng bebas korupsi.
  • 15:09 WIB. K3 - Menteri ESDM: industri migas dan pertambangan membutuhkan implementasi K3 secara menyeluruh.
  • 15:08 WIB. Geothermal - Sri Mulyani menyontek Islandia soal pemanfaatan Geothermal.
  • 15:07 WIB. Milenial - Menteri ESDM cemas milenial tak lagi tertarik ke industri energi.
  • 15:06 WIB. Minyak - Harga minyak mentah dunia merosot dihantam peningkatan pasokan AS.
  • 15:06 WIB. Sutra - Menko Luhut menyebutkan proyek Jalur Sutra modern menggunakan skema B to B.
  • 15:05 WIB. Go-Pay - Go-Pay kembangkan donasi digital di Jawa Tengah.
  • 15:04 WIB. Wisata - Labuan Bajo dikembangkan sebagai destinasi wisata berkelanjutan.
  • 15:03 WIB. KPBU - PUPR mendorong KPBU mencapai 10 juta sambungan air minum baru.
  • 15:03 WIB. Vial - Data Kemenperin menyebutkan konsumsi produk vial di dalam negeri 500 juta pcs per tahun.
  • 15:02 WIB. Ampul - Data Kemenperin menyebutkan konsumsi produk ampul di dalam negeri 700 juta pcs per tahun.
  • 15:00 WIB. Ekspor - Kemenperin menargetkan ekspor kerajinan Indonesia naik 9% di 2019.
  • 15:00 WIB. Hotel - Hotel Prime Park menargetkan tingkat okupansi di 2019 sebesar 70%.

Benarkah Uber, Grab, dan Go-Jek Dapat Uang Lebih Sedikit dari yang Terlihat?

Benarkah Uber, Grab, dan Go-Jek Dapat Uang Lebih Sedikit dari yang Terlihat? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Setelah bersaing bertahun-tahun sebagai perusahaan swasta, Uber dan Lyft akhirnya go public di pasar bursa Amerika Serikat. Para penyedia layanan skuter yang sedang tren pun mengumpulkan ratusan juta dolar sepanjang 2017 dan 2018. Sementara di wilayah Asia Pasifik, Grab dan Go-Jek menghimpun banyak sekali uang tunai sambil terus berekspansi dan bertumbuh.

Dari semua pendanaan tahap seed, modal ventura tahap awal dan akhir yang dikumpulkan selama beberapa tahun terakhir, berapa dana yang benar-benar diterima oleh perusahaan ride-sharing, pengiriman makanan, dan penyewaan transportasi last mile (sepeda dan skuter)? Mungkin jumlahnya tak sebanyak yang kita pikirkan. Istilahnya, beberapa di antara perusahaan-perusahaan itu masih "membakar uang".

Melansir TechCrunch, Senin (1/4/2019), perusahaan-perusahaan di sektor itu baru mengumpulkan kurang dari 10% dari total volume dana ventura yang dilaporkan masing-masing dari mereka, selama lima tahun terakhir.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Uber, Lyft Tingkatkan Kisaran Harga Saham IPO-nya

Berdasarkan data dari Crunchbase, berikut ini adalah perbandingan pembagian pendanaan modal ventura dan ekuitas pribadi sektor ride-sharing, antar makanan, dan penyewaan transportasi last mile dengan sektor lainnya secara global:

2014: sektor lain (95,2%), sedangkan sektor ride-sharing dkk (4,8%).

2015: sektor lain (92,9%), sektor ride-sharing dkk (7,1%).

2016: sektor lain (92,1%), sektor ride-sharing dkk (7,9%).

2017: sektor lain (91,5%), sektor ride-sharing dkk (8,5%).

2018: sektor lain (94,4%), sektor ride-sharing dkk (5,6%). 

Perusahaan dalam tiga kategori tersebut mengumpulkan lebih dari US$22miliar dalam putaran pendanaan ventura (tak termasuk ekuitas swasta) pada 2017, serta menghimpun lebih dari US$18 miliar pada 2018. Jumlah uang yang tak bisa dibilang sedikit.

Usaha di ruang transportasi memang tampak besar. Pasarnya dipadati modal yang sulit untuk dimainkan, mengharuskan perusahaan untuk mendapatkan jumlah besar, menjadikannya bercitra baik di kalangan publik.

Baca Juga: Soal Tarif Ojol, Ini Tanggapan Go-Jek dan Grab

Pada tahun-tahun awalnya, persaingan antara perusahaan pasar transportasi berdasarkan permintaan (on-demand), terdapat pada kecepatan dan pengalaman penggunanya. Kemudian, keuntungan struktural jangka panjang akan didapatkan oleh perusahaan yang bertumbuh paling cepat.

Namun, keunggulan itu mungkin tidak sekaku itu lagi. Lyft mengalahkan Uber ke pasar publik, menaikkan valuasi selama roadshow IPO-nya, memberi harga di batas atas yang juga ditingkatkan harganya, kemudian melonjak hingga 21% ketika perdagangan dimulai.

Keberhasilan itu menunjukkan, jumlah modal yang diterima dari pemodal ventura yang masih sedikit di sektor ride-sharing dkk bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Sebaliknya, sebagian besar ekuitas di sektor itu saat ini bersifat likuid. Tentu saja, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk setiap perusahaan ride-sharing, antar makanan, penyewaan transportasi jarak pendek seperti sepeda dan skuter, serta unicorn lainnya, salah satunya: mereka masih harus melantai di bursa.

Baca Juga: Begini Upaya Grab Bawa Indonesia ke Ekonomi Digital Terbesar se-Asia Tenggara

Tag: Uber, Lyft Inc, PT Go-Jek Indonesia, Grab

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Reuters/Darren Whiteside

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,793.33 3,755.17
British Pound GBP 1.00 18,367.32 18,182.56
China Yuan CNY 1.00 2,113.45 2,092.35
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,225.00 14,083.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,988.80 9,886.27
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,814.09 1,795.96
Dolar Singapura SGD 1.00 10,444.97 10,339.94
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,870.83 15,709.59
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,441.81 3,404.98
Yen Jepang JPY 100.00 12,711.11 12,581.97

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6372.787 -75.098 632
2 Agriculture 1421.881 -21.070 21
3 Mining 1794.054 -17.227 47
4 Basic Industry and Chemicals 808.779 -14.126 71
5 Miscellanous Industry 1307.808 -18.810 46
6 Consumer Goods 2452.192 -53.986 52
7 Cons., Property & Real Estate 485.163 -8.513 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1156.206 -6.210 73
9 Finance 1289.730 -9.597 91
10 Trade & Service 814.879 -3.774 156
No Code Prev Close Change %
1 TMPO 160 190 30 18.75
2 MTPS 1,035 1,195 160 15.46
3 NIKL 2,410 2,620 210 8.71
4 APEX 750 815 65 8.67
5 TRST 370 400 30 8.11
6 LPIN 1,060 1,140 80 7.55
7 DVLA 2,120 2,280 160 7.55
8 CNTX 454 488 34 7.49
9 KBLI 382 410 28 7.33
10 RIGS 302 324 22 7.28
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 630 520 -110 -17.46
2 TRIO 108 93 -15 -13.89
3 PADI 715 625 -90 -12.59
4 KIOS 900 800 -100 -11.11
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 HDTX 119 108 -11 -9.24
7 CAKK 141 129 -12 -8.51
8 ALMI 600 550 -50 -8.33
9 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
10 GIAA 500 462 -38 -7.60
No Code Prev Close Change %
1 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
2 SWAT 124 125 1 0.81
3 UNVR 48,650 46,400 -2,250 -4.62
4 BBRI 4,400 4,330 -70 -1.59
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 MNCN 895 945 50 5.59
7 ESTI 99 98 -1 -1.01
8 PTBA 4,130 4,030 -100 -2.42
9 BBCA 28,150 27,975 -175 -0.62
10 CPIN 5,625 5,200 -425 -7.56