Portal Berita Ekonomi Kamis, 23 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:06 WIB. Bazar - Kemenko Perekonomian gelar bazar minyak murah mulai hari ini (23/5/2019) sampai (24/5/2019).
  • 15:04 WIB. Bazar - Bazar murah digelar di Banten, bawang putih dijual Rp30.000/kg.
  • 15:03 WIB. Tanah Abang - Pasar Tanah Abang akan buka kembali pada Minggu (26/5/2019).
  • 15:02 WIB. THR - Anggaran THR PNS sudah cair Rp10 triliun.
  • 15:02 WIB. 22 Mei - Sarinah rugi Rp6 miliar karena aksi 22 Mei.
  • 14:58 WIB. Migas - Neraca perdagangan migas diperbaiki.
  • 14:57 WIB. Penjahit - Kemendes PDTT tingkatkan kesejahteraan penjahit di daerah tertinggal bersama jahitin.com.
  • 14:56 WIB. Kemenhub - Persiapan angkutan laut lebaran 2019, Kemenhub uji petik dua kapal di Jayapura.
  • 14:55 WIB. Mudik - Pos Indonesia dirikan 20 titik pos rehat untuk mudik.
  • 14:55 WIB. Minyak - Harga minyak jatuh karena lonjakan pasokan minyak mentah AS.
  • 14:54 WIB. Bea Cukai - Bea Cukai Batam siap wujudkan institusi bersih dari KKN.
  • 14:53 WIB. Lebaran - Hadapi lonjakan angkutan lebaran, pemerintah tingkatkan keamanan di Bandara.
  • 14:52 WIB. AP I - Tiket pesawat mahal menggerus pendapatan AP I hingga Rp300 miliar.
  • 14:51 WIB. Tiket - Sektor pariwisata masih keluhkan harga tiket pesawat mahal.
  • 14:50 WIB. AMDK - PT Sariguna Primartirta Tbk berencana tambah lima pabrik, dan siapkan investasi Rp300 miliar.

Apa Itu Call to Action?

Apa Itu Call to Action? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bisnis dan pemasaran tentu berjalan beriringan. Ketika mendirikan bisnis, perlu adanya pemasaran atau promosi untuk memikat pelanggan ke dalam bisnis Anda, betul tidak? Nah, dalam dunia bisnis, kegiatan promosi ada berbagai macam, ada yang memanfaatkan digital atau juga bentuk tradisional.

Ketika promosi dengan manfaatkan digital, banyak istilah yang harus Anda pahami, salah satunya adalah Call to Action (CTA). Melansir dari thebalancesmb (2/4), CTA merupakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respons langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya.

CTA umumnya digunakan dalam bisnis sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk membuat target pasar Anda merespons melalui tindakan. Biasanya CTA menggunakan kata kerja imperatif, seperti "panggilan sekarang", "cari tahu lebih lanjut" atau "kunjungi toko hari ini".

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing?

Selain itu, kalimat pemberitahuan atau ajakan untuk konsumen segera membeli produk, seperti "penawaran hanya berlaku hari ini", "beli sekarang, stok terbatas" juga termasuk ke dalam CTA. Kesepakatan khusus yang biasanya disertai dengan batasan waktu juga termasuk CTA, misalnya "Pesan sebelum tengah malam untuk menerima hadiah gratis ini dengan pesanan Anda", "diskon berlaku hanya untuk 50 penelpon pertama".

Bukan hanya itu, CTA juga dapat berupa permintaan sederhana yang tidak menuntut, seperti "pilih warna" atau "tonton video ini", namun permintaan yang lebih menuntut juga tergolong ke dalam CTA.

Di mana CTA bisa diletakkan?

CTA bisa diletakkan dalam aplikasi yang Anda gunakan untuk promosi, misalnya brosur, selebaran, katalog, kampanye email, dll. Anda bisa meletakkan CTA di dalamnya sebagai ajakan untuk konsumen membeli dan membuat mereka tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dalam desain web, CTA bisa berupak spanduk, tombol, atau grafik atau teks yang dimaksudkan untuk pelanggan mengkliknya. Sasaran utama CTA adalah klik, atau pindaian dalam kasus kode QR , dan keberhasilannya dapat diukur dengan rasio klik-tayang , formula tingkat konversi yang menghitung jumlah klik selama waktu CTA berlangsung.

Baca Juga: Kenapa Pengusaha Zaman Now Butuh Strategi Pemasaran Digital?

Membuat Call to Action

Ketika Anda mau menerapkan CTA dalam kegiatan promosi, Anda harus memastikan penggunaan bahasa dalam iklan. Bahasa harus jelas dan tepat agar target pasar Anda mudah memahaminya dan tidak meninggalkan Anda.

Anda harus menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum menentukan penggunaan bahasa. Sebab, berbeda kalangan, berbeda pula bahasa yang mudah untuk mereka pahami.

Selanjutnya, Anda harus memberikan penawaran yang menarik. Biasanya kata-kata diskon, gratis, buy 1 get 1, dll lebih menarik peminat. Anda juga bisa menawarkan voucher atau keuntungan lainnya.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Online, Patut Dicoba di 2019!

Setelah itu, Anda juga bisa menggunakan kalimat tanya untuk merangsang keingintahuan pemirsa. Selain itu, kalimat tanya juga lebih komunikatif dan terdengar menawarkan solusi bagi masalah yang mungkin mereka miliki.

Tag: Call to Action, Istilah Bisnis, pemasaran, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: HostPapa

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,889.81 3,849.95
British Pound GBP 1.00 18,451.29 18,260.82
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,092.94
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,586.00 14,440.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,022.04 9,915.95
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,858.33 1,839.70
Dolar Singapura SGD 1.00 10,570.33 10,458.46
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,263.39 16,099.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,480.31 3,442.19
Yen Jepang JPY 100.00 13,233.53 13,097.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6032.696 93.060 633
2 Agriculture 1370.530 9.038 21
3 Mining 1649.204 16.278 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.627 12.743 71
5 Miscellanous Industry 1239.630 17.875 46
6 Consumer Goods 2382.807 22.091 52
7 Cons., Property & Real Estate 444.574 2.807 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1101.266 30.131 74
9 Finance 1217.684 24.828 90
10 Trade & Service 796.572 4.890 156
No Code Prev Close Change %
1 LMSH 478 590 112 23.43
2 POLA 940 1,145 205 21.81
3 IIKP 56 66 10 17.86
4 BEEF 164 189 25 15.24
5 HITS 570 650 80 14.04
6 RDTX 6,000 6,800 800 13.33
7 MBTO 126 139 13 10.32
8 CNTX 535 590 55 10.28
9 OKAS 150 165 15 10.00
10 MPRO 620 680 60 9.68
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 171 112 -59 -34.50
2 BMSR 130 86 -44 -33.85
3 MKNT 165 116 -49 -29.70
4 KONI 282 214 -68 -24.11
5 ARTA 486 380 -106 -21.81
6 POOL 2,780 2,260 -520 -18.71
7 INCF 312 254 -58 -18.59
8 DUTI 5,600 4,600 -1,000 -17.86
9 JSPT 1,245 1,040 -205 -16.47
10 BAYU 2,030 1,735 -295 -14.53
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,770 3,850 80 2.12
2 MNCN 950 1,030 80 8.42
3 TLKM 3,540 3,660 120 3.39
4 BBCA 27,300 28,025 725 2.66
5 BMRI 7,300 7,575 275 3.77
6 JPFA 1,360 1,400 40 2.94
7 JAYA 140 130 -10 -7.14
8 TAMU 4,810 4,830 20 0.42
9 PTBA 2,850 2,880 30 1.05
10 MAMI 135 132 -3 -2.22