Portal Berita Ekonomi Minggu, 23 Februari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Apa Itu Click Through Rate?

Apa Itu Click Through Rate? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Banyak orang yang bertanya-tanya, "iklan online itu mendapatkan uang dari mana?" "bagaimana cara menghitungnya?" untuk menjawab pertanyaan itu, Click Through Rate (CTR) istilah yang bisa menjelaskannya.

Dalam iklan online, CTR adalah prensentase orang yang melihat halaman web yang mengklik iklan tertentu yang muncul di halaman tersebut. Melansir dari Investopedia (2/4) rasio klik per tayangan mengukur seberapa sukses sebuah iklan dalam menangkap minat pengguna. Artinya, semakin tinggi CTR atau rasio klik tayang, semakin sukses pula iklan tersebut dan mampu menghasilkan bunga.

Baca Juga: Apa Itu Call to Action?

Melihat pengguna internet yang semakin tidak sensitif terhadap iklan di halaman web saat ini, CTR biasanya hanya sekitar dua pengguna per 1.000 tampilan atau tayangan. Jika diubah dalam bentuk persen, hanya sekitar 0,2% saja.

Bagaimana cara menghitung CTR?

Menjelaskan gambar di atas, CTR bisa dihitung dengan membagi jumlah orang yang mengklik link atau iklan Anda dengan jumlah total tayangan, kemudian hasilnya dikalikan dengan 100%.

Baca Juga: 4 Tren Iklan Bisnis di 2019 yang "Milenial Banget"

Misalnya, jika iklan online telah diklik sebanyak 200 kali setelah ditayangkan 5.000 kali, dan kemudian dikalikan 100 persen, rasio yang dihasilkan dari iklan tersebut sebesar 4,0% [(200/5.000x100=4%)].

Di mana CTR bisa dimanfaatkan?

Tingkat CTR dapat membantu pemasar digital mengukur keberhasilan pemasaran online. Ini dapat digunakan di berbagai media, misalnya iklan bergambar, iklan email, dan pencarian berbayar. Dari sinilah pemasar digital bisa mempelajari apa yang berhasil dan yang tidak.

Taktik Tingkatkan CTR

Agar nilai CTR pada iklan online Anda meningkat, apa yang harus Anda lakukan? Sebenarnya ada dua cara, yakni yang pertama Anda bisa melihat ulang pemasaran-pemasaran yang telah memberikan hasil terbaik untuk Anda jadikan role model. Jika keberhasilan CTR pernah Anda dapatkan, Anda bisa meniru cara itu lagi dalam iklan online yang ingin Anda tingkatkan.

Baca Juga: Kenapa Pengusaha Zaman Now Butuh Strategi Pemasaran Digital?

Kedua, Anda bisa mengambil jalan lain dengan mencoba memperbaiki kampanye iklan online Anda secara keseluruhan. Ubah konten Anda menjadi menarik, dan buatlah call to action yang lebih kuat sehingga klien tahu apa tindakan yang Anda inginkan dari mereka.

Ingatlah, untuk membuat bisnis Anda melambung, satu klik itu sangat berarti. Keluarkan segala macam kemampuan Anda demi memperoleh klik sebanyak mungkin.

Baca Juga

Tag: Click Through Rate, Istilah Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,691.55 3,654.62
British Pound GBP 1.00 17,848.74 17,668.40
China Yuan CNY 1.00 1,968.03 1,948.14
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,845.89 13,708.12
Dolar Australia AUD 1.00 9,132.75 9,039.13
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,777.07 1,759.32
Dolar Singapura SGD 1.00 9,884.98 9,783.13
EURO Spot Rate EUR 1.00 14,942.48 14,788.32
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,304.51 3,267.73
Yen Jepang JPY 100.00 12,366.82 12,242.67
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5882.255 -60.232 682
2 Agriculture 1274.685 -18.467 22
3 Mining 1443.508 -11.390 49
4 Basic Industry and Chemicals 860.734 -22.263 77
5 Miscellanous Industry 1091.453 -10.546 51
6 Consumer Goods 1911.747 -25.787 57
7 Cons., Property & Real Estate 450.953 -4.923 88
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1021.452 3.971 78
9 Finance 1338.394 -10.794 92
10 Trade & Service 695.178 -9.022 168
No Code Prev Close Change %
1 MINA 67 90 23 34.33
2 BSSR 1,890 2,310 420 22.22
3 TALF 248 290 42 16.94
4 STTP 7,700 9,000 1,300 16.88
5 INTD 236 268 32 13.56
6 PRIM 292 330 38 13.01
7 JAWA 80 89 9 11.25
8 PEGE 134 149 15 11.19
9 RODA 58 64 6 10.34
10 DEAL 140 154 14 10.00
No Code Prev Close Change %
1 AYLS 204 153 -51 -25.00
2 RELI 150 113 -37 -24.67
3 YPAS 298 228 -70 -23.49
4 TIRA 256 202 -54 -21.09
5 KICI 228 180 -48 -21.05
6 ASBI 298 240 -58 -19.46
7 OCAP 114 93 -21 -18.42
8 ITMA 400 330 -70 -17.50
9 PGLI 344 290 -54 -15.70
10 LMSH 282 242 -40 -14.18
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,475 1,440 -35 -2.37
2 TOWR 880 860 -20 -2.27
3 MDKA 1,300 1,340 40 3.08
4 BBCA 32,975 33,075 100 0.30
5 MKNT 50 50 0 0.00
6 DEAL 140 154 14 10.00
7 TLKM 3,630 3,690 60 1.65
8 TELE 177 156 -21 -11.86
9 BBRI 4,560 4,510 -50 -1.10
10 PGAS 1,555 1,525 -30 -1.93