Portal Berita Ekonomi Minggu, 21 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:49 WIB. Smelter - Tahun depan, ANTM bangun smelter baru di Sorong, Papua. 
  • 21:48 WIB. Pendapatan - Pendapatan Destinasi Tirta Nusantara (PDES) naik 17%.
  • 21:46 WIB. Meikarta - Gelar rights issue, LPCK lanjutkan proyek Meikarta.
  • 21:45 WIB. Investasi - Menperin: investasi manufaktur semakin moncer usai pemilu. 
  • 21:42 WIB. Demokrat - SBY adakan pertemuan petinggi Demokrat di Singapura. 
  • 21:10 WIB. Kapal - Masuki perairan Indonesia tanpa izin, Menteri Susi hentikan tujuh kapal asal China. 
  • 20:21 WIB. Investasi - Jokowi klaim investasi Indonesia aman usai pemilu. 
  • 20:20 WIB. Caleg - Kalah, caleg Nasdem di Tidore ngamuk di Masjid dan ambil kembali sumbangan yang diberikan.
  • 20:19 WIB. Pilpres - Prabowo unggul 59% di Arab Saudi. 

Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bagi kamu pelaku bisnis di bidang digital, tentu pernah mendengar istilah Search Engine Marketing (SEM). Sudahkah kamu paham tentang SEM?

Pada dasarnya, SEM adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari. Penjelasan tersebut dikutip Warta Ekonomi melalui laman Optimizely (4/4/2019). SEM merupakan komponen penting bagi bisnis digital. Mengapa demikian? Pasalnya, semakin banyaknya konsumen yang meneliti dan berbelanja produk secara online, SEM telah menjadi strategi untuk meningkatkan jangkauan perusahaan.

Dalam SEM, pengiklan hanya membayar tayangan yang menghasilkan pengunjung, menjadikannya cara yang efisien bagi perusahaan untuk membelanjakan uang pemasarannya. Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung secara bertahap meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing?

Karena konsumen memasukkan permintaan pencarian dengan tujuan menemukan informasi yang bersifat komersial, mereka berada dalam kondisi pikiran yang sangat baik untuk menerima pesan pemasaran dan untuk dibina sebagai calon pelanggan. Selain itu, SEM juga menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen, seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC.

Istilah ini dipopulerkan oleh Danny Sullivan pada tahun 2001 untuk mencakup spektrum kegiatan yang terlibat dalam melakukan Search Engine Optimization (SEO), mengelola daftar dibayar di mesin pencari, mengirimkan situs ke direktori, dan mengembangkan strategi pemasaran online untuk bisnis, organisasi, dan individu.

Pada tahun 2006, SEM tumbuh jauh lebih cepat daripada iklan tradisional dan bahkan saluran pemasaran online lainnya. Mengelola kampanye pencarian dapat dilakukan secara langsung dengan vendor SEM atau melalui penyedia alat SEM atau mungkin juga melayani sendiri, bisa juga melalui agen periklanan.

Baca Juga: Gratis Tis Tis Tis... Terapkan Strategi Pemasaran Ini, Gratis dan Efektif Euy

Pada Oktober 2016, Google memimpin pasar mesin pencari global dengan pangsa pasar 89,3%. Selanjutnya ada Bing dengan pangsa pasar 4,36%, Yahoo berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 3,3%, dan mesin pencari China, Baidu berada di urutan keempat global dengan pangsa sekitar 0,68%.

Bagaimana SEM Bekerja?

Jaringan SEM adalah operasi swalayan. Setelah seorang pemasar memilih jaringan, dia bisa mendapatkan kampanye dalam waktu singkat.

Saat menyiapkan kampanye dalam jaringan SEM, pemasar diminta untuk:

• Pilih satu set kata kunci yang terkait dengan situs web atau produk mereka;

• Pilih lokasi geografis untuk iklan yang akan ditampilkan;

• Buat iklan berbasis teks untuk ditampilkan dalam hasil pencarian;

• Menawar harga yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik pada iklan mereka.

Baca Juga: 5 Rentetan Pemasaran Startup yang Benar, Pahami Baik-Baik!

Iklan hanya teks mudah diproduksi. Pemasar memasukkan judul, teks untuk badan iklan, ajakan untuk bertindak dan URL untuk hyperlink.

Pemasaran mesin pencari dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efisien untuk menghabiskan uang pemasaran.

Tag: Search Engine Marketing (SEM), Istilah Bisnis, pemasaran, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.57 3,718.34
British Pound GBP 1.00 18,368.14 18,184.19
China Yuan CNY 1.00 2,105.18 2,084.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,086.00 13,946.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.75 10,011.83
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,795.40 1,777.49
Dolar Singapura SGD 1.00 10,408.63 10,303.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,908.73 15,749.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,399.95 3,362.91
Yen Jepang JPY 100.00 12,583.53 12,455.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 href="Download_Data/" />Download_Data/ - Sep
2 href="Market_Summary/" />Market_Summary/ - Dec
3 href="MockTestReportingDRC/" />MockTestReportingDRC/ - Feb
4 href="PSPNDC/" />PSPNDC/ - Mar
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10