Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:59 WIB. IHSG - IHSG dibuka menguat 0,31% ke level 5.925,42 di awal sesi I. 
  • 08:56 WIB. BRI Agro - BRI Agro akan menerbitkan saham baru maksimal 3 miliar saham dengan skema HMETD.
  • 08:55 WIB. Internasional - Ekonomi Singapura tumbuh 3,8 persen pada kuartal I 2019.
  • 08:14 WIB. PLN - Power Bank jumbo milik PLN suplai Listrik acara Jakarta Fair Kemayoran 2019.
  • 08:13 WIB. PLN - PLN suplai listrik ke industri tambang bauksit Antam di Sanggau Kalbar.
  • 08:11 WIB. PLN - PLN menambah kapasitas setrum 141,53 MW sepanjang kuartal-I 2019.
  • 08:09 WIB. Transportasi - Pegadaian, Garuda, PTPN III, & Taspen bekerja sama dalam penerbangan Jakarta-Denpasar.

Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bagi kamu pelaku bisnis di bidang digital, tentu pernah mendengar istilah Search Engine Marketing (SEM). Sudahkah kamu paham tentang SEM?

Pada dasarnya, SEM adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari. Penjelasan tersebut dikutip Warta Ekonomi melalui laman Optimizely (4/4/2019). SEM merupakan komponen penting bagi bisnis digital. Mengapa demikian? Pasalnya, semakin banyaknya konsumen yang meneliti dan berbelanja produk secara online, SEM telah menjadi strategi untuk meningkatkan jangkauan perusahaan.

Dalam SEM, pengiklan hanya membayar tayangan yang menghasilkan pengunjung, menjadikannya cara yang efisien bagi perusahaan untuk membelanjakan uang pemasarannya. Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung secara bertahap meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing?

Karena konsumen memasukkan permintaan pencarian dengan tujuan menemukan informasi yang bersifat komersial, mereka berada dalam kondisi pikiran yang sangat baik untuk menerima pesan pemasaran dan untuk dibina sebagai calon pelanggan. Selain itu, SEM juga menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen, seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC.

Istilah ini dipopulerkan oleh Danny Sullivan pada tahun 2001 untuk mencakup spektrum kegiatan yang terlibat dalam melakukan Search Engine Optimization (SEO), mengelola daftar dibayar di mesin pencari, mengirimkan situs ke direktori, dan mengembangkan strategi pemasaran online untuk bisnis, organisasi, dan individu.

Pada tahun 2006, SEM tumbuh jauh lebih cepat daripada iklan tradisional dan bahkan saluran pemasaran online lainnya. Mengelola kampanye pencarian dapat dilakukan secara langsung dengan vendor SEM atau melalui penyedia alat SEM atau mungkin juga melayani sendiri, bisa juga melalui agen periklanan.

Baca Juga: Gratis Tis Tis Tis... Terapkan Strategi Pemasaran Ini, Gratis dan Efektif Euy

Pada Oktober 2016, Google memimpin pasar mesin pencari global dengan pangsa pasar 89,3%. Selanjutnya ada Bing dengan pangsa pasar 4,36%, Yahoo berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 3,3%, dan mesin pencari China, Baidu berada di urutan keempat global dengan pangsa sekitar 0,68%.

Bagaimana SEM Bekerja?

Jaringan SEM adalah operasi swalayan. Setelah seorang pemasar memilih jaringan, dia bisa mendapatkan kampanye dalam waktu singkat.

Saat menyiapkan kampanye dalam jaringan SEM, pemasar diminta untuk:

• Pilih satu set kata kunci yang terkait dengan situs web atau produk mereka;

• Pilih lokasi geografis untuk iklan yang akan ditampilkan;

• Buat iklan berbasis teks untuk ditampilkan dalam hasil pencarian;

• Menawar harga yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik pada iklan mereka.

Baca Juga: 5 Rentetan Pemasaran Startup yang Benar, Pahami Baik-Baik!

Iklan hanya teks mudah diproduksi. Pemasar memasukkan judul, teks untuk badan iklan, ajakan untuk bertindak dan URL untuk hyperlink.

Pemasaran mesin pencari dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efisien untuk menghabiskan uang pemasaran.

Tag: Search Engine Marketing (SEM), Istilah Bisnis, pemasaran, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,880.41 3,841.09
British Pound GBP 1.00 18,536.70 18,346.04
China Yuan CNY 1.00 2,109.06 2,088.19
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,550.00 14,406.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,059.87 9,957.43
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,853.83 1,835.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,577.20 10,468.72
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,240.71 16,075.66
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,485.03 3,448.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,203.27 13,069.04

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5907.121 80.253 633
2 Agriculture 1351.935 -9.947 21
3 Mining 1609.598 10.601 47
4 Basic Industry and Chemicals 707.320 17.072 71
5 Miscellanous Industry 1203.823 30.883 46
6 Consumer Goods 2359.388 12.835 52
7 Cons., Property & Real Estate 435.075 5.924 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1079.565 21.890 74
9 Finance 1184.407 20.731 90
10 Trade & Service 783.451 0.917 156
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 140 180 40 28.57
2 JAST 460 575 115 25.00
3 HRME 260 324 64 24.62
4 MTPS 915 1,140 225 24.59
5 DUTI 4,440 5,500 1,060 23.87
6 BELL 386 458 72 18.65
7 MKPI 12,000 13,975 1,975 16.46
8 JSKY 1,065 1,230 165 15.49
9 MYTX 65 74 9 13.85
10 SSTM 352 400 48 13.64
No Code Prev Close Change %
1 RELI 244 202 -42 -17.21
2 LPGI 4,100 3,400 -700 -17.07
3 INPP 840 710 -130 -15.48
4 BIPP 88 75 -13 -14.77
5 PEHA 1,800 1,550 -250 -13.89
6 MTSM 202 176 -26 -12.87
7 IBFN 228 200 -28 -12.28
8 NICK 322 286 -36 -11.18
9 TRIS 266 238 -28 -10.53
10 NIPS 288 260 -28 -9.72
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,790 3,750 -40 -1.06
2 SRIL 328 342 14 4.27
3 MNCN 920 925 5 0.54
4 CPRI 67 73 6 8.96
5 TLKM 3,510 3,600 90 2.56
6 BBCA 25,900 26,900 1,000 3.86
7 ESTI 96 95 -1 -1.04
8 BMRI 7,075 7,225 150 2.12
9 SMGR 10,550 11,250 700 6.64
10 UNTR 24,825 24,500 -325 -1.31