Portal Berita Ekonomi Sabtu, 06 Juni 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:29 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,48% terhadap Yen pada level 109,67 JPY/USD.
  • 22:28 WIB. Valas - Dollar AS melemah 1,00% terhadap Poundsterling pada level 1,2723 USD/GBP.
  • 22:27 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,18% terhadap Euro pada level 1,1318 USD/EUR.
  • 22:26 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.676 USD/troy ounce.
  • 22:25 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 42,08 USD/barel.
  • 22:25 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 39,16 USD/barel.
  • 22:24 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka positif 3,50% pada level 27.202.
  • 22:23 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka positif 2,68% pada level 3.195.
  • 22:22 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka positif 1,89% pada level 9.797.
  • 16:11 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,30% terhadap Yuan pada level 7,08 CNY/USD.
  • 16:09 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,74% pada level 22.863.
  • 16:09 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 1,66% pada level 24.770.
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup menguat 1,67% pada level 2.752.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 0,40% pada level 2.930.
  • 16:07 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup positif 1,43% pada level 2.181.

Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing?
WE Online, Jakarta -

Bagi kamu pelaku bisnis di bidang digital, tentu pernah mendengar istilah Search Engine Marketing (SEM). Sudahkah kamu paham tentang SEM?

Pada dasarnya, SEM adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari. Penjelasan tersebut dikutip Warta Ekonomi melalui laman Optimizely (4/4/2019). SEM merupakan komponen penting bagi bisnis digital. Mengapa demikian? Pasalnya, semakin banyaknya konsumen yang meneliti dan berbelanja produk secara online, SEM telah menjadi strategi untuk meningkatkan jangkauan perusahaan.

Dalam SEM, pengiklan hanya membayar tayangan yang menghasilkan pengunjung, menjadikannya cara yang efisien bagi perusahaan untuk membelanjakan uang pemasarannya. Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung secara bertahap meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing?

Karena konsumen memasukkan permintaan pencarian dengan tujuan menemukan informasi yang bersifat komersial, mereka berada dalam kondisi pikiran yang sangat baik untuk menerima pesan pemasaran dan untuk dibina sebagai calon pelanggan. Selain itu, SEM juga menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen, seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar, bentuknya adalah kampanye (iklan) dan kegiatan PPC.

Istilah ini dipopulerkan oleh Danny Sullivan pada tahun 2001 untuk mencakup spektrum kegiatan yang terlibat dalam melakukan Search Engine Optimization (SEO), mengelola daftar dibayar di mesin pencari, mengirimkan situs ke direktori, dan mengembangkan strategi pemasaran online untuk bisnis, organisasi, dan individu.

Pada tahun 2006, SEM tumbuh jauh lebih cepat daripada iklan tradisional dan bahkan saluran pemasaran online lainnya. Mengelola kampanye pencarian dapat dilakukan secara langsung dengan vendor SEM atau melalui penyedia alat SEM atau mungkin juga melayani sendiri, bisa juga melalui agen periklanan.

Baca Juga: Gratis Tis Tis Tis... Terapkan Strategi Pemasaran Ini, Gratis dan Efektif Euy

Pada Oktober 2016, Google memimpin pasar mesin pencari global dengan pangsa pasar 89,3%. Selanjutnya ada Bing dengan pangsa pasar 4,36%, Yahoo berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 3,3%, dan mesin pencari China, Baidu berada di urutan keempat global dengan pangsa sekitar 0,68%.

Bagaimana SEM Bekerja?

Jaringan SEM adalah operasi swalayan. Setelah seorang pemasar memilih jaringan, dia bisa mendapatkan kampanye dalam waktu singkat.

Saat menyiapkan kampanye dalam jaringan SEM, pemasar diminta untuk:

• Pilih satu set kata kunci yang terkait dengan situs web atau produk mereka;

• Pilih lokasi geografis untuk iklan yang akan ditampilkan;

• Buat iklan berbasis teks untuk ditampilkan dalam hasil pencarian;

• Menawar harga yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik pada iklan mereka.

Baca Juga: 5 Rentetan Pemasaran Startup yang Benar, Pahami Baik-Baik!

Iklan hanya teks mudah diproduksi. Pemasar memasukkan judul, teks untuk badan iklan, ajakan untuk bertindak dan URL untuk hyperlink.

Pemasaran mesin pencari dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efisien untuk menghabiskan uang pemasaran.

Baca Juga

Tag: Search Engine Marketing (SEM), Istilah Bisnis, pemasaran, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,774.27 3,735.72
British Pound GBP 1.00 17,840.66 17,661.74
China Yuan CNY 1.00 1,992.25 1,972.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,170.50 14,029.50
Dolar Australia AUD 1.00 9,848.50 9,749.10
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,828.43 1,810.21
Dolar Singapura SGD 1.00 10,141.34 10,035.41
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,050.93 15,889.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,317.06 3,277.92
Yen Jepang JPY 100.00 12,990.92 12,860.48
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4947.782 31.078 693
2 Agriculture 1005.979 2.246 22
3 Mining 1279.030 9.869 49
4 Basic Industry and Chemicals 756.813 -4.797 78
5 Miscellanous Industry 899.382 35.666 52
6 Consumer Goods 1816.718 -5.780 58
7 Cons., Property & Real Estate 342.717 5.540 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 906.783 3.973 78
9 Finance 1031.378 8.454 93
10 Trade & Service 615.344 6.666 173
No Code Prev Close Change %
1 JAST 102 137 35 34.31
2 FOOD 85 114 29 34.12
3 MTSM 138 185 47 34.06
4 CMNP 1,500 1,875 375 25.00
5 SAPX 1,460 1,825 365 25.00
6 TECH 216 270 54 25.00
7 IMAS 520 645 125 24.04
8 TPMA 226 276 50 22.12
9 OASA 318 386 68 21.38
10 INPP 705 855 150 21.28
No Code Prev Close Change %
1 DPUM 100 93 -7 -7.00
2 NATO 432 402 -30 -6.94
3 JAWA 73 68 -5 -6.85
4 INPS 2,920 2,720 -200 -6.85
5 KBLV 470 438 -32 -6.81
6 MPRO 890 830 -60 -6.74
7 TMPO 149 139 -10 -6.71
8 NIRO 150 140 -10 -6.67
9 MARI 135 126 -9 -6.67
10 INCI 394 368 -26 -6.60
No Code Prev Close Change %
1 PURA 77 74 -3 -3.90
2 BBRI 3,060 3,110 50 1.63
3 TLKM 3,300 3,230 -70 -2.12
4 PWON 414 462 48 11.59
5 BBCA 28,950 28,625 -325 -1.12
6 BBTN 975 1,055 80 8.21
7 BMRI 4,730 4,850 120 2.54
8 TOWR 1,015 1,065 50 4.93
9 PGAS 955 1,030 75 7.85
10 BBNI 4,140 4,250 110 2.66