Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menyewa Konsultan Bisnis? Pahami Dulu Untung dan Ruginya

Menyewa Konsultan Bisnis? Pahami Dulu Untung dan Ruginya Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Banyak orang yang masih awam ketika memasuki dunia bisnis, itulah mengapa pentingnya peran seorang konsultan untuk bisnis. Namun, ternyata konsultan untuk bisnis itu ada sisi keuntungan dan kekurangannya lho.

Melansir dari Entrepreneur (5/4/2019), mari kita liat apa saja keuntungan dan kekurangannya bagi pebisnis yang menyewa konsultan untuk membantunya:

Keuntungan

Keahlian: Itulah keuntungan pertama dan terbesar dari konsultan bisnis yang tepat; mereka biasanya beroperasi di area yang sempit dan menghadirkan keahlian terperinci dan mendalam yang diperlukan untuk organisasi kamu.

Baca Juga: Temukan Mentor Bisnis dengan Cara yang Tepat, Coba Terapkan Ini!

Mereka juga membantu dalam membawa perspektif yang berbeda ke meja karena keahlian mereka akan diselaraskan dengan kebutuhan organisasi saat ini. Oleh karena itu, mereka tidak hanya dapat membantumu dengan proses pengambilan keputusan, tetapi juga akan membangun struktur yang sesuai dengan tujuan organisasimu.

Netralitas: Seorang konsultan akan selalu tidak memihak dan objektif, mengingat mereka tidak memiliki koneksi pribadi dalam organisasi. Konsultan bisnis selalu memiliki strategi yang jelas terencana yang membantu menjaga rencana di jalur tanpa gangguan internal atau eksternal.

Biaya Tetap: Ketika kamu menyewa seorang konsultan, kamu sudah tahu besaran biaya yang harus dikeluarkan di muka. Tidak ada overhead yang terlibat di sini, dan kamu juga dapat memperpanjang kontrak berdasarkan persyaratan dan hasil yang dicapai selama masa awal.

Kekurangan

Mahal: Harga untuk menyewa seorang konsultan bisnis selalu lebih mahal dibandingkan dengan seorang karyawan. Ketika proyek berjalan dengan anggaran rendah, konsultan harus dipekerjakan hanya saat kamu yakin mereka akan membantu melipatgandakan produktivitas/keuntungan saja ya. Sekadar informasi, selalu ada risiko keuangan yang terlibat dalam mempekerjakan konsultan.

Baca Juga: Jangan Lontarkan 4 Hal "Cringe" Ini Kepada Mentor Bisnis Anda

Ketersediaan: Seorang konsultan biasanya melayani banyak klien sekaligus, yang berarti ketersediaan mereka terbatas. Mungkin ada saat-saat ketika kamu membutuhkannya secara mendesak dan mereka mungkin tidak dapat segera memenuhi itu. Juga, seorang konsultan hanya memberi kamu strategi tanpa menjalankannya. Oleh karena itu, kamu masih memerlukan tim internal untuk menjalankan strategi tersebut.

Ketidakpastian: Konsultan tidak datang dengan jaminan, jadi selalu ada kemungkinan bahwa kamu mungkin tidak mencapai hasil yang telah kamu rencanakan. Kamu bisa meminimalkan risiko ini dengan melihat pekerjaan atau rekam jejak mereka dan melakukan pemeriksaan referensi secara menyeluruh.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan