Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Proyek Double Track Cigombong-Cicurug Dipastikan Rampung November 2019

Proyek Double Track Cigombong-Cicurug Dipastikan Rampung November 2019 Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perhubungan memastikan proyek jalur ganda Kereta Api (double track) lintas Cigombong-Cicurug dapat segera rampung pada akhir tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan Menteri Budi Karya Sumadi setelah dirinya meninjau progres pembangunan jalur ganda (double track) KA Bogor-Sukabumi tepatnya pada lintasan Cigombong-Cicurug.

“Kami pastikan bahwa tahun ini proyek double track ini (Cigombong-Cicurug) selesai pada bulan November. Ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat bagi industri yang membuat kesejahteraan Sukabumi semakin hebat,” jelas Menhub dalam keterangannya, Kamis (5/4/2019).

Baca Juga: Kemenhub Ajak KAI-KCI Bentuk Satgas Atasi Gangguan Operasional KRL

Menhub melanjutkan, berharap dengan pembangunan double track ini maka kapasitas angkut penumpang kereta api dari dan menuju Sukabumi dapat meningkat. Terlebih lagi Kementerian Perhubungan telah menghibahkan lokomotif kepada PT. KAI.

“Dengan adanya upaya melakukan revitalisasi jalan dan double track itu sebanyak 7,5 kilometer maka kereta api yang saat ini 6 gerbong bisa menjadi 8-9 gerbong. Kami sudah menghibahkan lokomotif kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) artinya kapasitasnya akan dinaikkan 2 kali lipat jadi baik penumpang maupun barang bisa naik 3 kali lipat,” ucapnya.

Selain membangun jalur ganda Bogor-Sukabumi, dijelaskan Menhub nantinya Kementerian Perhubungan juga akan membangun jalur kereta api ke arah Bandung.

Oleh karena itu Menhub mendorong masyarakat Sukabumi untuk membangun daerah-daerah yang dapat menjadi destinasi wisata di Sukabumi. Dengan begitu diharapkan akan menambah peluang kesempatan kerja bagi masyarakat Sukabumi.

“Kalau dulu orang Jakarta ke Bandung saja, nanti kalau sudah siap pasti bisa ke Sukabumi. Bangunlah vila tempat-tempat menarik sehingga begitu infrastruktur jadi ini bisa jadi destinasi wisata,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: