Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:47 WIB. Pokemon - Gim resmi Pokemon akan rilis di China.
  • 20:46 WIB. Suzuki - Suzuki bantah DR150 meluncur di Jakarta Fair.
  • 20:45 WIB. Avanza - Avanza meluncur di Malaysia, tembus Rp300 juta.
  • 20:27 WIB. Google - Google akan batasi penggunaan Andorid untuk perangkat Huawei.
  • 20:43 WIB. Huawei - Susul AS, perusahaan asal Jerman, Infineon Tecchnologies setop pasok cip ke Huawei.
  • 20:38 WIB. NASA - NASA gandeng SpaceX untuk misi ke Bulan.
  • 20:37 WIB. Smartfren - Smartfren perluas jaringan ke Samarinda dan Balikpapan.
  • 20:36 WIB. Facebook - Penggugat Facebook soal kasus kebocoran data di PN Jaksel bertambah.
  • 20:35 WIB. Huawei - Intel, Qualcomm, dan Broadcom akan susul Google batasi layanannya ke Huawei.
  • 20:32 WIB. Go-Jek - Go-Jek kabarnya akan berekspansi ke Negeri Jiran, Malaysia.
  • 20:29 WIB. Huawei - Huawei sudah punya wacana bikin sistem operasi sendiri.
  • 20:25 WIB. ByteDance - Induk TikTok, ByteDance bikin aplikasi pesan instan penantang WeChat bernama Feiliao.
  • 20:22 WIB. WhatsApp - WhatsApp kini bisa buat krim bitcoin.

Benih Hortikultura Produksi Ewindo Kini Bisa Dibeli Lewat 2 E-Commerce Ini

Benih Hortikultura Produksi Ewindo Kini Bisa Dibeli Lewat 2 E-Commerce Ini - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Produsen benih sayuran tropis 'Cap Panah Merah' PT East West Seed Indonesia (Ewindo) meluncurkan official store 'Panah Merah Go Online' hari ini, Senin (8/4/2019), dengan menggandeng marketplace Bukalapak dan Shopee.

Peluncuran official store online benih hortikultura pertama ini dihadiri Kementerian Pertanian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), pengusaha makanan dan minuman, petani dan komunitas pegiat pertanian.

"Peluncuran Panah Merah Go Online ini adalah upaya kami untuk semakin memudahkan akses terhadap benih unggul berkualitas sekaligus mengantisipasi tren penjualan melalui kanal digital yang berkembang saat ini. Ada dua program unggulan yang kami rilis. Pertama, official store yang kami buka di Bukamall dan Shopeemall. Kedua, Halo Panah Merah, forum sumber informasi pertanian dan konsultasi untuk petani. Kami juga mengundang komunitas pegiat pertanian dari beberapa daerah untuk ikut bergabung secara online di acara ini," ujar Managing Director Ewindo, Glenn Pardede melalui siaran pers kepada redaksi Warta Ekonomi.

Baca Juga: Kurangi Ketergantungan Impor, Ewindo Kembangkan Benih Kacang Hijau

Glenn menambahkan, melalui online store resmi ini, Ewindo berharap dapat memberikan kemudahan bagi petani dalam memeroleh benih berkualitas yang dijamin 100% keasliannya. Sebenarnya bukan hanya petani, tetapi masyarakat secara luas yang gemar bercocok tanam atau aktivis urban farming juga akan dimudahkan untuk mengakses benih unggul berkualitas yang dihasilkan Ewindo.

"Di Panah Merah Go Online, produk benih yang dipasarkan mulai dari varietas baru hingga varietas unggulan, misalnya produk dengan ketahanan virus lebih kuat seperti mentimun, melon, dan cabai," ucap Glenn.

Kanal online ini berperan sebagai pelengkap, khususnya bagi petani yang tempat tinggalnya jauh dari diler atau pun toko pertanian, dan juga bagi petani yang kesulitan mencari benih Cap Panah Merah di daerah sekitarnya. Ewindo menargetkan penjualan online mencapai hingga 1 juta kemasan di tahun ketiga.

Selain menyediakan benih asli berkualitas, Ewindo ingin memastikan petani berhasil dalam bercocok-tanam dengan membuka forum online petani yang disebut Halo Panah Merah. Di forum ini, petani dapat mengakses informasi mengenai hama penyakit, teknik budi daya hingga melaporkan keluhan dari benih Cap Panah Merah yang mereka gunakan. Jika tidak cukup, petani dapat langsung berkonsultasi dengan para ahli budi daya langsung di forum tersebut secara real-time.

Segmentasi pasar kanal online ini tetap seperti channel offline sebelumnya, yakni petani profesional dan petani urban sebagai target utama.

"Yang membedakan adalah cara kami meraih mereka. Kami menggunakan media sosial dan search ads yang bisa kami targetkan secara langsung kepada segmen pasar kami. Tidak hanya itu, kami menggunakan social listening program yang membantu kami memahami kebutuhan pasar baik solusi usaha pertanian mereka di periode tertentu sehingga kami dapat memberikan layanan yang maksimal," ujar Glenn.

Baca Juga: Bersama Pemerintah Indonesia-Australia, Ewindo Diskusikan Kesejahteraan Petani

Saat ini Ewindo memiliki komunitas petani muda 'Petani Muda Panah Merah' yang pada tahun ini ditargetkan jumlahnya mencapai 500 petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti milenial pada umumnya, para petani muda tersebut sangat familiar dengan teknologi digital.

"Melalui penjualan secara online ini, kami berharap petani semakin mudah mengakses benih unggul berkualitas. Seperti diketahui, meskipun porsi benih dalam total biaya produksi petani hanya sekitar 3%, penggunaan benih unggul berkualitas ini adalah variabel utama bagi petani untuk meningkatkan produktivitas," tutup Glenn.

Tag: PT East West Seed Indonesia (Ewindo), Bukalapak, Shopee Indonesia

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Rosmayanti

Foto: Ewindo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,880.41 3,841.09
British Pound GBP 1.00 18,536.70 18,346.04
China Yuan CNY 1.00 2,109.06 2,088.19
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,550.00 14,406.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,059.87 9,957.43
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,853.83 1,835.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,577.20 10,468.72
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,240.71 16,075.66
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,485.03 3,448.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,203.27 13,069.04

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5907.121 80.253 633
2 Agriculture 1351.935 -9.947 21
3 Mining 1609.598 10.601 47
4 Basic Industry and Chemicals 707.320 17.072 71
5 Miscellanous Industry 1203.823 30.883 46
6 Consumer Goods 2359.388 12.835 52
7 Cons., Property & Real Estate 435.075 5.924 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1079.565 21.890 74
9 Finance 1184.407 20.731 90
10 Trade & Service 783.451 0.917 156
No Code Prev Close Change %
1 HDFA 140 180 40 28.57
2 JAST 460 575 115 25.00
3 HRME 260 324 64 24.62
4 MTPS 915 1,140 225 24.59
5 DUTI 4,440 5,500 1,060 23.87
6 BELL 386 458 72 18.65
7 MKPI 12,000 13,975 1,975 16.46
8 JSKY 1,065 1,230 165 15.49
9 MYTX 65 74 9 13.85
10 SSTM 352 400 48 13.64
No Code Prev Close Change %
1 RELI 244 202 -42 -17.21
2 LPGI 4,100 3,400 -700 -17.07
3 INPP 840 710 -130 -15.48
4 BIPP 88 75 -13 -14.77
5 PEHA 1,800 1,550 -250 -13.89
6 MTSM 202 176 -26 -12.87
7 IBFN 228 200 -28 -12.28
8 NICK 322 286 -36 -11.18
9 TRIS 266 238 -28 -10.53
10 NIPS 288 260 -28 -9.72
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,790 3,750 -40 -1.06
2 SRIL 328 342 14 4.27
3 MNCN 920 925 5 0.54
4 CPRI 67 73 6 8.96
5 TLKM 3,510 3,600 90 2.56
6 BBCA 25,900 26,900 1,000 3.86
7 ESTI 96 95 -1 -1.04
8 BMRI 7,075 7,225 150 2.12
9 SMGR 10,550 11,250 700 6.64
10 UNTR 24,825 24,500 -325 -1.31