Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:35 WIB. Nubia - Ponsel Nubia Red Magic 3 pakai kipas buat dinginkan prosesor.
  • 23:34 WIB. Instagram - Instagram luncurkan stiker kuis.
  • 23:34 WIB. Vine - Vine akan segera bereinkarnasi dengan nama Bytes.
  • 23:32 WIB. Windows - Paint batal hilang dari Windows 10.
  • 23:31 WIB. Lenovo - Lenovo┬áluncurkan Z6 Pro yang punya lima kamera.
  • 23:30 WIB. Tik Tok - India blokir Tik Tok, pengembangnya rugi Rp7 miliar sehari.
  • 23:29 WIB. OnePlus - OnePlus 7 bakal punya layar memukau dan didukung 5G.
  • 23:27 WIB. Xiaomi - Xiaomi ekspansi ke Eropa, buka toko di Rumania.
  • 23:26 WIB. Nintendo - Nintendo murah kabarnya meluncur akhir Juni.
  • 23:24 WIB. Lambretta - Lambretta tak mau comot calon konsumen Vespa.
  • 23:23 WIB. Twitter - Twitter disebut tak berhasil saring bot di trending topic.
  • 23:22 WIB. PBUG - Nepal cabut sementara larangan PBUG.
  • 23:21 WIB. Gesits - Desain final skuter listrik Gesits bakal mejeng di IIMS.
  • 20:50 WIB. Acer - Acer rilis dua Chromebook khusus untuk pekerja frontliner.
  • 20:49 WIB. Huawei - Huawei pastikan ponsel layar lipatnya Mate X meluncur pertengahn tahun ini.

Apa Itu Content Marketing?

Apa Itu Content Marketing? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dalam strategi pemasaran produk atau jasamu, ada satu hal yang berperan penting di dalamnya, yakni konten. Mengapa demikian? Konsumen akan lebih mudah tergiur terhadap penawaran yang kamu berikan apabila semuanya terstruktur.

Dengan begitu, content marketing begitu berharga untuk bisnismu. Apa itu content marketing? Melansir dari Forbes (10/4/2019), Content marketing adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan memperoleh audiens yang jelas. dengan tujuan mendorong aksi pelanggan yang menguntungkan.

Dengan demikian fungsi dan tujuan content marketing adalah untuk mengedukasi konsumen dan menjadi jembatan yang menghubungkan antara produsen dan konsumen untuk membentuk sebuah proses komunikasi yang menyenangkan melalui informasi-informasi dari konten yang dimiliki.

Baca Juga: Apa Itu A/B Testing?

Artinya, content marketing bukan sebagai strategi memasarkan produk atau jasa secara langsung, melainkan usaha penciptaan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian.

Menurut The Copyblogger, strategi content marketing adalah membuat pelanggan lebih memahami perusahaan itu sendiri.

Meskipun pada dasarnya content marketing dapat dipahami sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk, akan tetapi content marketing dapat dilihat sebagai sebuah konten media yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan mengetahui sikap target (konsumen) terhadap produsen.

Macam-macam content marketing

Ada berbagai macam content marketing yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

Infografis

Ini umumnya grafik yang panjang dan vertikal yang mencakup statistik, grafik, dan informasi lainnya. Pembuatan infografis bisa melalui kontraktor atau agensi untuk memasukkan strategi dan perencanaan, penelitian, copywriting, dan desain.

Baca Juga: SEO Itu Penting untuk Startup, Ini 7 Alasannya

Halaman web

Apa perbedaan antara halaman web normal dan halaman web yang merupakan pemasaran konten? Halaman web yang merupakan content marketing mengasyikkan dan membuat konsumen betah berlama-lama di sana. Berbeda dengan web normal yang umumnya membosankan dan tak menarik.

Video

Produk juga bisa ditawarkan menggunakan video. Salah satunya dilakukan oleh Gary Vaynerchuk yang merupakan master pemasaran konten menggunakan video online. Dia mulai membuat video untuk mempromosikan toko anggur keluarganya dan melalui video itu dan pemasaran online lainnya dia akhirnya menumbuhkan pendapatan menjadi $45 juta.

Video adalah bentuk pemasaran konten yang sebagian besar belum dimanfaatkan karena orang berpikir itu mahal dan sulit. Tetapi dengan turunnya biaya peralatan kelas profesional membuat konten video dan audio berkualitas tinggi lebih mudah dari sebelumnya.

Buku

Seperti film, orang sering menganggap buku sebagai menjual diri mereka sendiri, tetapi pemasar yang cerdas tidak menjual buku hanya untuk menjual buku, mereka menjual buku sebagai alat pemasaran.

Bagaimana isi dari content marketing?

Isi konten bukanlah penawaran produk, melainkan informasi produk. Tentu informasi yang disertakan adalah informasi yang baik. Misalnya menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut, review dari produk perusahaan tersebut, bagaimana layanannya, dsb.

Baca Juga: Apa Itu Search Engine Marketing?

Intinya, content marketing berisikan tentang bagaimana agar perusahaan itu dikenal orang dan bagaimana produknya bisa memberi manfaat dan sesusai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, pelayanan yang diberikan perusahaan juga harus konsumen ketahui, dengan harapan setelah mengetahui informasi-informasi tersebut, orang menjadi lebih paham dan akan membeli produknya.

Tentu saja, untuk membuat konten menarik, informatif, dikenal orang, bukan perkara mudah. Pembuat konten harus tahu SEO, desain grafis, kode pemograman, teknik menulis dan sebagainya. Makanya tidak heran, apabila saat ini banyak bermunculan jasa content marketing.

Tag: Content Marketing, Istilah Bisnis, Search Engine Optimization (SEO)

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/John Schnobrich

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,782.13 3,743.97
British Pound GBP 1.00 18,347.13 18,157.82
China Yuan CNY 1.00 2,110.41 2,089.28
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,183.00 14,041.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,986.25 9,883.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,808.85 1,790.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.96 10,334.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,907.65 15,742.77
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,433.31 3,396.47
Yen Jepang JPY 100.00 12,678.11 12,548.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6447.885 -14.937 632
2 Agriculture 1442.951 -28.467 21
3 Mining 1811.281 -5.209 47
4 Basic Industry and Chemicals 822.905 -12.606 71
5 Miscellanous Industry 1326.618 -0.874 46
6 Consumer Goods 2506.178 -0.702 52
7 Cons., Property & Real Estate 493.676 2.433 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.416 -0.583 73
9 Finance 1299.327 -4.382 91
10 Trade & Service 818.653 3.375 156
No Code Prev Close Change %
1 CAKK 113 141 28 24.78
2 OASA 300 374 74 24.67
3 MBSS 600 705 105 17.50
4 WIIM 256 300 44 17.19
5 KONI 272 318 46 16.91
6 MKPI 15,000 17,175 2,175 14.50
7 FAST 2,100 2,400 300 14.29
8 HDFA 142 162 20 14.08
9 ARTA 406 458 52 12.81
10 MTPS 920 1,035 115 12.50
No Code Prev Close Change %
1 HRME 580 460 -120 -20.69
2 CNTX 570 454 -116 -20.35
3 CPRI 131 112 -19 -14.50
4 ALKA 390 340 -50 -12.82
5 TRIO 121 108 -13 -10.74
6 BUVA 124 111 -13 -10.48
7 LMSH 620 555 -65 -10.48
8 TMPO 178 160 -18 -10.11
9 GSMF 123 111 -12 -9.76
10 MYTX 83 75 -8 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 131 112 -19 -14.50
2 JPFA 1,765 1,675 -90 -5.10
3 CAKK 113 141 28 24.78
4 ERAA 1,585 1,655 70 4.42
5 SWAT 118 124 6 5.08
6 CPIN 6,050 5,625 -425 -7.02
7 TLKM 3,850 3,840 -10 -0.26
8 APII 184 185 1 0.54
9 ACES 1,625 1,630 5 0.31
10 BBRI 4,430 4,400 -30 -0.68