Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2.000 Pebisnis UKM Bakal Kumpul di Kota Kasablanka, Mau Apa?

2.000 Pebisnis UKM Bakal Kumpul di Kota Kasablanka, Mau Apa? Kredit Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mekari menginisiasi Mekari Conference, kegiatan yang akan dihadiri oleh lebih dari 2.000 pebisnis di bidang UKM. Acara ini diharapkan menjadi wadah bagi UKM Indonesia untuk mempersiapkan dan mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam pengoperasian bisnisnya.

Mengangkat tema Powering Indonesian SMEs with Technology, Mekari Conference yang digelar pada 25 April 2019 di The Kasablanka, Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini akan menghadirkan lebih dari 20 CEO dan founders dari beragam bisnis UKM, startup hingga perusahaan besar di Indonesia.

"Kami percaya perkembangan teknologi yang sangat pesat ini telah mengubah lanskap industri secara signifikan yang berdampak pada operasi bisnis perusahaan besar maupun UKM, untuk itu kami berupaya mendorong UKM Indonesia untuk turut bertransformasi di era digital ini, salah satunya melalui Mekari Conference," kata Suwandi Soh, CEO Mekari, Rabu (10/4/2019).

Baca Juga: Terima Kasih Era Digital! Berkatmu, Anak Muda Indonesia Jadi Mudah Kaya

Kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa UMKM Indonesia merupakan sektor yang memilki dampak besar bagi perekonomian negara. Faktanya, kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia mencapai 64% atau sekitar Rp850 triliun setiap tahun pada produk domestik bruto(PDB). Hal ini mengacu pada data 2017 dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Namun, mengacu pada studi yang dilakukan Deloitte, dari 56,5 juta unit usaha di Indonesia, hanya sekitar 9% UMKM yang sudah mengadopsi teknologi digital dalam pengoperasian bisnisnya secara keseluruhan.

Padahal, berdasarkan temuan dari konsultan manajemen perusahaan global, Deloitte dan McKinsey, UKM yang memanfaatkan teknologi digital dapat memicu perkembangan bisnis dua kali lebih cepat hingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahunan negara sebesar 2%. Hal ini semakin membuktikan bahwa adopsi teknologi bagi UKM menjadi aspek krusial yang harus diperhatikan.

Baca Juga: 4 Bisnis Digital Konsolidasi Dukung Digitalisasi UKM Indonesia

Asal tahu saja, Mekari adalah sebuah perusahaan yang diinisiasi oleh empat penyedia platform bisnis berbasis cloud asal Indonesia, yakni Talenta, Sleekr, Jurnal, dan Klikpajak, untuk mendukung perkembangan UKM Indonesia memanfaatkan teknologi digital.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: