Portal Berita Ekonomi Jum'at, 26 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:57 WIB. Pertamina - Pertamina tetap berkomitmen lanjutkan proyek RDMP Cilacap.
  • 06:35 WIB. Inalum - Inalum masih membutuhkan dana jumbo untuk proyek penghiliran.

Lengkap! Begini Rincian Fitur "Checkout" di Instagram

Lengkap! Begini Rincian Fitur
WE Online, Jakarta -

Mengenai kabar fitur terbaru Instagram yang ramah e-commerce, Checkout, itu benar adanya. Instagram telah resmi meluncurkannya.

Tujuan Instagram untuk membantu para pengusaha berbisnis di platformnya perlahan-lahan mulai terwujud. Dengan kehadiran Checkout, pebisnis e-commerce dan para konsumennya terasa lebih dimudahkan.

Sebelum Anda memanfaatkan fitur ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut yang telah dirangkum Warta Ekonomi melalui laman Entrepreneur (12/4/2019):

Anda dapat meningkatkan penjualan dan membuat belanja lebih nyaman bagi pelanggan Anda

Sebelum pengumuman Instagram tentang Checkout, Facebook telah merilis sebuah laporan tentang bagaimana Instagram meningkatkan merek dan penjualan drive. Laporan itu menyatakan bahwa 87 persen orang yang disurvei mengatakan mereka telah mengambil tindakan setelah melihat informasi produk di Instagram. Empat puluh enam persen dari orang-orang itu benar-benar melakukan pembelian secara online atau offline.

Baca Juga: Keren! Instagram Hadirkan Fitur Baru yang Ramah E-commerce

Dengan diperkenalkannya Instagram Checkout, kita dapat melihat bahwa angka 46 persen naik bahkan lebih tinggi. Lagipula, orang akan lebih cenderung untuk membeli ketika mereka dapat melakukannya langsung dari Instagram, daripada harus menavigasi ke situs web Anda.

Instagram Checkout masih menjalani pengujian beta di luar AS

Sekarang, fitur ini masih dalam versi beta tertutup, hanya terhubung dengan bisnis yang dipilih, dan hanya tersedia untuk orang-orang di Amerika Serikat. Ini berarti bahwa bisnis e-commerce Anda belum dapat memanfaatkan Instagram Checkout dulu dan hanya pengguna Instagram yang berbasis di AS yang dapat membeli produk langsung dari platform dalam jangka pendek.

Dua puluh tiga merek telah dipilih oleh Instagram untuk menjadi yang pertama yang menguji Instagram Checkout. Beberapa merek mulai meluncurkan kemampuan Checkout mereka termasuk: Adidas, Burberry, Dior, H&M, Kosmetik MAC, Kosmetik Kylie, Nike, Prada, Uniqlo, dan Zara.

Selama beberapa minggu ke depan, merek-merek ini dan lainnya akan mulai meluncurkan posting Instagram mereka dengan fitur Checkout, dan pengguna Instagram AS dapat mulai membeli. Zara sudah mulai, membiarkan pengikutnya tahu bahwa mereka dapat "mengetuk untuk berbelanja."

Apakah ada batasan, dan apakah akan dikenakan biaya?

Instagram Checkout tidak diragukan lagi akan menjadi alat yang hebat untuk mendorong lebih banyak penjualan. Tetapi seperti halnya setiap alat e-commerce yang luar biasa, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menyelam terlebih dahulu.

Baca Juga: Bocoran Fitur Baru Instagram, Yuk Diintip!

Pertama, Instagram mungkin akan mengambil potongan dari setiap penjualan yang Anda lakukan dengan Instagram Checkout. Karena fitur ini baru saja diumumkan, kami tidak tahu berapa banyak potongannya. Jadi, ketika Instagram tersedia untuk semua bisnis e-commerce, Anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan itu.

Kedua, Anda tidak dapat menggunakan Instagram Checkout dengan iklan Instagram. Anda hanya dapat menggunakan fitur Checkout di dalam posting di newsfeed dan di Instagram Stories.

Bagaimana dengan privasi pengguna Instagram?

Dengan privasi Facebook dan Instagram yang dipertanyakan dan Mark Zuckerberg baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaannya akan bergeser ke arah yang baru, "model yang berfokus pada privasi," beberapa pelanggan yang mempertimbangkan Checkout mungkin memiliki masalah dengan data dan masalah privasi mereka.

Instagram meyakinkan pelanggan, bahwa informasi dan data mereka tidak akan disalahgunakan. Perusahaan telah menyatakan bahwa mereka tidak akan membagikan informasi pengguna dengan merek yang menggunakan Instagram Checkout untuk menjual produk mereka. Satu-satunya informasi yang akan dibagikan dengan merek adalah informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan penjualan, seperti nama pelanggan, email, alamat pengiriman dan sebagainya.

Baca Juga: Asli! Bisnismu Makin Tokcer Jika Manfaatkan Fitur Instagram Ini!

Bersiaplah untuk memenangkan lebih banyak penjualan dengan Instagram

Fitur Checkout baru di Instagram pasti akan menjadi hit bagi bisnis e-commerce. Karena fitur ini baru saja dimulai, kami dapat berharap informasi lebih lanjut tentang hal itu akan segera terungkap. Namun, sejauh ini, Anda memiliki semua detail yang perlu Anda ketahui tentang Instagram Checkout. Bersiaplah untuk memenangkan lebih banyak penjualan dengan Instagram.

Tag: Instagram, E-commerce

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Jakob Owens

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,802.70 3,763.93
British Pound GBP 1.00 18,402.67 18,212.34
China Yuan CNY 1.00 2,118.50 2,097.40
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,259.00 14,117.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,024.08 9,917.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,817.92 1,799.63
Dolar Singapura SGD 1.00 10,480.71 10,374.81
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,883.10 15,722.10
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,453.38 3,416.51
Yen Jepang JPY 1.00 12,770.02 12,641.71

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6372.787 -75.098 632
2 Agriculture 1421.881 -21.070 21
3 Mining 1794.054 -17.227 47
4 Basic Industry and Chemicals 808.779 -14.126 71
5 Miscellanous Industry 1307.808 -18.810 46
6 Consumer Goods 2452.192 -53.986 52
7 Cons., Property & Real Estate 485.163 -8.513 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1156.206 -6.210 73
9 Finance 1289.730 -9.597 91
10 Trade & Service 814.879 -3.774 156
No Code Prev Close Change %
1 TMPO 160 190 30 18.75
2 MTPS 1,035 1,195 160 15.46
3 NIKL 2,410 2,620 210 8.71
4 APEX 750 815 65 8.67
5 TRST 370 400 30 8.11
6 LPIN 1,060 1,140 80 7.55
7 DVLA 2,120 2,280 160 7.55
8 CNTX 454 488 34 7.49
9 KBLI 382 410 28 7.33
10 RIGS 302 324 22 7.28
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 630 520 -110 -17.46
2 TRIO 108 93 -15 -13.89
3 PADI 715 625 -90 -12.59
4 KIOS 900 800 -100 -11.11
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 HDTX 119 108 -11 -9.24
7 CAKK 141 129 -12 -8.51
8 ALMI 600 550 -50 -8.33
9 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
10 GIAA 500 462 -38 -7.60
No Code Prev Close Change %
1 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
2 SWAT 124 125 1 0.81
3 UNVR 48,650 46,400 -2,250 -4.62
4 BBRI 4,400 4,330 -70 -1.59
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 MNCN 895 945 50 5.59
7 ESTI 99 98 -1 -1.01
8 PTBA 4,130 4,030 -100 -2.42
9 BBCA 28,150 27,975 -175 -0.62
10 CPIN 5,625 5,200 -425 -7.56