Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kata Panglima: TNI Siaga Penuh Jamin Keamanan Pelaksanaan Pemilu 2019

Kata Panglima: TNI Siaga Penuh Jamin Keamanan Pelaksanaan Pemilu 2019 Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Seluruh prajurit TNI tetap bersiaga penuh, selama periode waktu yang telah ditentukan, untuk menjamin keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2019. Oleh karena itu, kedepankan sikap dan perilaku humanis agar tidak memberikan rasa takut atau suasana tegang saat pesta demokrasi berlangsung.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di hadapan ribuan prajurit TNI dan Polri pada acara Istigasah dan Khotmil Quran 'Doa Bersama untuk NKRI' di Lapangan Arafuru, Komando Armada I, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) malam.

Baca Juga: Panglima TNI: Jika Ada Pihak Ganggu Stabilitas Politik, Bakal Berhadapan TNI

"Jangan meninggalkan naluri kewaspadaan, bila terjadi kontinjensi yang tidak diinginkan. Tak lupa setiap saat dalam menjalankan tugas selalu disertai dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan keselamatan dan kelancaran," tambahnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa doa bersama dan khotmil Quran yang diselenggarakan pada Kamis malam juga merupakan salah satu upaya TNI demi suksesnya Pemilu Serentak 2019. "Selaku manusia biasa, kita sudah berusaha sekuat tenaga, namun Tuhan-lah yang akan menentukan hasil akhirnya," ucap Hadi.

Selanjutnya dikatakan bahwa TNI telah melaksanakan latihan, baik parsial maupun gabungan. TNI juga telah berupaya memberi kesadaran kedewasaan berpolitik kepada masyarakat. "Itulah bagian dari upaya terbaik TNI. Selanjutnya kita berserah diri dan bertawakal kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Baca Juga: SMRC: Masalah Agama dan Etnis Masih Jadi Pertimbangan Pemilih

Di sisi lain, Hadi mengatakan bahwa sebagai alat negara yang bertanggung jawab terhadap keamanan nasional, TNI bersama Polri telah berupaya semaksimal mungkin agar Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan dengan aman, damai, lancar, dan sukses.

"Tidak hanya dalam bentuk pengerahan personel dan alutsista, TNI juga berkomitmen kuat tentang netralitasnya. TNI memandang netralitas tersebut sebagai salah satu faktor yang dapat menjamin kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk ini tetap dalam prinsip Bhineka Tunggal Ika," tegasnya.

Panglima TNI mengingatkan bahwa pesta demokrasi ini merupakan tonggak sejarah yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai sebuah negara yang demokratis.

"Seluruh rakyat yang memiliki hak pilih dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik, tanpa rasa waswas, takut, dan khawatir dari aspek keamanannya," harap dia.

"Semoga Pemilu Serentak 2019 dapat berjalan dengan aman, damai, lancar, dan sukses. Semoga pula bangsa ini tetap bersatu dengan segala keragamannya dalam semangat dan prinsip Bhineka Tunggal Ika," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: