Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:32 WIB. Google - Google hapus 50 aplikasi jahat yang juga populer di Indonesia.
  • 20:31 WIB. LG - LG kabarnya setop produksi smartphone¬†di negerinya sendiri, Korea Selatan.
  • 20:29 WIB. Tik Tok - India tak lagi blokir Tik Tok.
  • 20:29 WIB. Toshiba - Toshiba kenalkan pembangkit listrik virtual yang dikenal dengan Virtual Power Plant.
  • 20:12 WIB. Xiaomi - Xiaomi punya dua paten baru, yakni tiga kamera depan hingga notch menyembul.
  • 20:10 WIB. Ericsson - Ericsson mau hadirkan jaringan 5G di Indonesia, tapi terkendala dengan ketersediaan spektrum.
  • 19:49 WIB. PUBG - Irak mau blokir gim sejenis PUBG dan Fortnite.
  • 19:45 WIB. Amazon - Ridwan Kamil bilang Amazon mau investasi belasan triliun di Jabar.
  • 19:45 WIB. Apple - Kabarnya Apple mulai ngebet bikin iPhone layar lipat.
  • 19:44 WIB. Samsung - TV 8K Samsung tiba di Indonesia, ada yang seharga Rp1,5 miliar.¬†
  • 19:42 WIB. Xiaomi - Xiaomi rilis Redmi Y3¬†dengan kamera selfie 32 MP, harga Rp2 jutaan.

Mantap! Ini 5 Manfaat AI untuk Bisnis Startup

Mantap! Ini 5 Manfaat AI untuk Bisnis Startup - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Jika Anda berpikir bagaimana kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) akan membangun masa depan, maka berhentilah memikirkan itu. Teknologi berbasis AI sudah memiliki dampak signifikan pada kehidupan banyak orang, termasuk bisnis.

Banyak startup yang sudah mengintegrasikan teknologi AI ke dalam strategi bisnis mereka, tak hanya dalam otomatisasi tugas-tugas dalam perusahaan, tetapi juga ketika ada urusan yang melibatkan komunikasi yang harus melibatkan pelanggan mereka.

Melansir laman techengange, inilah lima cara para perusahaan pemula memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan bisnis mereka:

1. Fitur Rekomendasi

Tiap situs penjualan daring menggunakan beberapa jenis mesin rekomendasi untuk memfilter pencarian menggunakan alforitma data sehingga dapat merekomendasikan item atau layanan yang paling relevan kepada pelanggan.

Kemampuan toko online itu telah berkembang menjadi saran di dalam produk untuk meningkatkan efisiensi. Situs Bookmark.com misalnya, ia memanfaatkan fitur rekomendasi untuk menyoroti dan menyarankan penyusunan ulang segmen yang paling ramai sehingga dapat meningkatkan konversi.

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence?

Fitur rekomendasi bermanfaat untuk bisnis karena mereka dapat membantu personalisasi dan menyediakan informasi relevan kepada konsumen, sesuai preferensi dan selera mereka.

2. Extended Reality

Teknologi extended reality (XR) terdiri atas augmented dan virtual reality. Saat ini, teknologi itu menciptakan jalan baru bagi bisnis untuk memasarkan dan menguji produk dan konsep dengan pelanggan.

Integrasi XR ke dalam pemasaran digital menginspirasi ruang baru untuk kreativitas ketika membentuk pengalaman sebuah merek. Misalnya, IKEA menjelajah ke ranah XR dengan konten interaktif, memungkinkan pelanggan menempatkan furnitur di kamar mereka sendiri melalui aplikasi IKEA Place.

Pemanfaatan XR semacam itu dapat menawarkan manfaat nyata bagi konsumen melalui pengujian produk. Selain IKEA, BMW juga menawarkan layanan serupa, pelanggan mereka dapat mengonfigurasi mobil dengan augmented reality (AR). Kemudian, ia dapat berinteraksi dengan mobil virtual sebelum konfigurasi direalisasikan.

3. Optimalisasi Campaign

Munculnya teknologi baru mengubah cara bisnis dalam melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan inovasi dalam AI, fokus perusahaan bergeser dari strategi analitik lama, menuju strategi pembelajaran mendalam (deep learning) dan pelaporan layanan atribusi.

Kontribusi Ai dalam mengoptimalkan penargetan iklan, meningkatkan harga yang efisien, mengurangi 'jalan buntu' dalam periklanan, dan pada akhirnya menghapus pendekatan set-it forget-it untuk optimasi pemasaran yang cerdas di masa depan.

4. Analisis Media Sosial

Memanfaatkan teknologi pemrosesan bahasa alami, perusahaan pemula atau startup dapat menganalisis profil media sosial, komentar dan posting dari pengikut, dan membantu Anda menyusun daftar topik dan diskusi yang sedang tren.

Dengan begitu, perangkat lunak AI dapat menerjemahkan data media sosial ke dalam saran mengenai topik, nada, emosi, dan konten visual yang dapat melibatkan audiens mereka secara efektif. Perusahaan juga akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mem-posting suatu konten, serta dapat menganilisis performa masing-masing posting-an untuk mengumpulkan wawasan (insight) baru.

Baca Juga: Gmail Pasang Artificial Intelligence untuk Notifikasi

5. Layanan Pelanggan

Ada dua fitur berbasis AI yang berkaitan dengan layanan pelanggan, yakni chatbot dan pemasaran yang dipersonalisasi.

Chatbot dapat dimanfaatkan untuk pertanyaan dasar dan transaksi sederhana. Mereka dapat menjawab pertanyaan sederhana, seperti jam buka dan penjadwalan, selama 24/7. Untuk perusahaan, chatbot dapat membantu dalam diagnosis atau penjadwalan optimasi untuk janji pertemuan.

Sementara itu, untuk pemasaran, data dapat secara otomatis dimasukkan ke dalam CRMs dari chatbot atau asisten suara, yang kemudian dapat digunakan untuk membantu personalisasi produk dan layanan kepada pelanggan.

Semakin banyak pesan yang dipersonalisasi, koneksi dengan pelanggan pun akan semakin kuat. Dengan begitu, startup dapat mendorong loyalitas pelanggan terhadap merek.

Beragam manfaat dari teknologi berbasis AI itu dapat membantu startup untuk tetap kompetitif dari segi bisnis. Perjalanan bisnis pun akan jadi lebih sustainable.

Tag: Artificial Intelligence, Startup

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Unsplash

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,793.33 3,755.17
British Pound GBP 1.00 18,367.32 18,182.56
China Yuan CNY 1.00 2,113.45 2,092.35
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,225.00 14,083.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,988.80 9,886.27
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,814.09 1,795.96
Dolar Singapura SGD 1.00 10,444.97 10,339.94
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,870.83 15,709.59
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,441.81 3,404.98
Yen Jepang JPY 100.00 12,711.11 12,581.97

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6372.787 -75.098 632
2 Agriculture 1421.881 -21.070 21
3 Mining 1794.054 -17.227 47
4 Basic Industry and Chemicals 808.779 -14.126 71
5 Miscellanous Industry 1307.808 -18.810 46
6 Consumer Goods 2452.192 -53.986 52
7 Cons., Property & Real Estate 485.163 -8.513 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1156.206 -6.210 73
9 Finance 1289.730 -9.597 91
10 Trade & Service 814.879 -3.774 156
No Code Prev Close Change %
1 TMPO 160 190 30 18.75
2 MTPS 1,035 1,195 160 15.46
3 NIKL 2,410 2,620 210 8.71
4 APEX 750 815 65 8.67
5 TRST 370 400 30 8.11
6 LPIN 1,060 1,140 80 7.55
7 DVLA 2,120 2,280 160 7.55
8 CNTX 454 488 34 7.49
9 KBLI 382 410 28 7.33
10 RIGS 302 324 22 7.28
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 630 520 -110 -17.46
2 TRIO 108 93 -15 -13.89
3 PADI 715 625 -90 -12.59
4 KIOS 900 800 -100 -11.11
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 HDTX 119 108 -11 -9.24
7 CAKK 141 129 -12 -8.51
8 ALMI 600 550 -50 -8.33
9 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
10 GIAA 500 462 -38 -7.60
No Code Prev Close Change %
1 JPFA 1,675 1,540 -135 -8.06
2 SWAT 124 125 1 0.81
3 UNVR 48,650 46,400 -2,250 -4.62
4 BBRI 4,400 4,330 -70 -1.59
5 CPRI 112 101 -11 -9.82
6 MNCN 895 945 50 5.59
7 ESTI 99 98 -1 -1.01
8 PTBA 4,130 4,030 -100 -2.42
9 BBCA 28,150 27,975 -175 -0.62
10 CPIN 5,625 5,200 -425 -7.56