Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonomi Digital Jadi Sorotan di Spring Meetings WBG-IMF 2019

Ekonomi Digital Jadi Sorotan di Spring Meetings WBG-IMF 2019 Kredit Foto: Unsplash/John Schnobrich
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani telah menghadiri rangkaian acara 2019 Spring Meetings of the World Bank Group (WBG) and the International Monetary Fund (IMF) di Washington, D.C., Amerika Serikat pada 12-14 April 2019. Seusai pertemuan tersebut, Menkeu menyampaikan beberapa hasil pertemuan diantaranya hal-hal yang perlu diwaspadai terkait dinamika ekonomi digital.

Pada pertemuan iti, dibahas beberapa isu dari ekonomi digital. Diantaranya peranan e-commerce dan ekonomi digital yang meluas dan akan terus meningkat mendorong negara-negara untuk memperkuat koordinasi perpajakan internasional. Banyak negara sepakat untuk melakukan perbaikan institusi, distribusi serta kompetisi dalam meningkatkan proteksi terhadap kerahasiaan data konsumen. 

Baca Juga: Pemerintah Akan Maksimalkan E-Commerce untuk Genjot Potensi Ekspor

Pertemuan juga membahas kemungkinan kerja sama negara-negara dalam menghindari kemungkinan terjadinya guncangan yang berasal dari teknologi. Oleh karena itu, kebijakan fiskal perlu didesain untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan sumber daya manusia agar tenaga kerja dan generasi muda mendapat manfaat dari globalisasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Pembahasan dalam Spring Meetings juga berfokus pada bagaimana kita bisa meningkatkan kemampuan dari policy untuk meningkatkan produktivitas, terutama bagaimana masyarakat yang akan mengalami era digitalisasi,” jelas Menkeu. 

Di sela pertemuan tersebut, Menkeu dan Gubernur Bank Indonesia juga menghadiri forum pertemuan negara-negara anggota G-20. Forum tersebut membahas prospek ekonomi dunia, digitalisasi, isu kesehatan, pendidikan, perpajakan, serta upaya untuk menjaga dan menciptakan momentum pembangunan infrastruktur yang lebih sustainable.

Sebagai negara yang memiliki cita-cita menjadi negara ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2045, topik pembahasan tersebut penting dan relevan bagi Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: