Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Simple! Begini Trik Jitu Pemasaran Bisnis Skala Kecil

Simple! Begini Trik Jitu Pemasaran Bisnis Skala Kecil Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bagi kamu yang memiliki bisnis skala kecil, jangan meremehkan pemasaran ya! Pasalnya, walaupun bisnismu enggak besar, pemasaran itu penting banget untuk memperkenalkan bisnismu ke orang banyak, siapa tahu, langsung bisa meledak besar.

Di zaman yang serba digital saat ini, teknik pemasaran melalui media sosial sudah menjadi tren. Eits, tapi enggak bisa asal-asalan ya. Kamu harus paham tips-tips atau teknik marketing simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan sayap usahamu:

1. Mengembangkan merek

Mengutip dari Business.com, pertama-tama kamu harus mulai mengembangkan brand atau merek kamu, meskipun usahamu hanya kecil-kecilan saja. Kamu bisa memperkenalkan identitas brand ke calon pembeli melalui Instagram atau Facebook.

Baca Juga: Mau Promosi Produk Bisnis di YouTube? Eits, Perhatikan Ini Dulu Ya!

Saat perkenalan, unsur informasi terkait apa yang kamu jual, siapa kamu, apa tujuan usahamu, dan seperti apa persaingan bisnis kamu saat ini harus dimuat ya. Tunjukkan saja kelebihan-kelebihan yang ada di usahamu secara jujur.

2. Membuat logo

Kedua, kamu enggak bisa meremehkan logo. Ketika brand kamu bagus, ada baiknya dibarengi dengan pembuatan logo usaha kamu yang tak kalah bagusnya. Dengan logo yang apik dan menarik, konsumen akan dengan mudah mengingat ciri khas yang kamu tonjolkan. Tapi, jangan lupa ya, harus memiliki filosofinya juga yang bisa mewakili usahamu.

3. Membuat konten blog yang menarik

Kekuatan usaha modal kecil salah satunya ada di internet. Kamu bisa meningkatkan kepekaan orang-orang tentang usahamu sekaligus ajang promosi. Salah satunya, menulis blog di situs-situs komunitas secara menarik dan kemudian menautkan dengan link usaha kamu.

Baca Juga: Catat Ya! Ini Waktu Paling Pas Buat Kamu Posting Dagangan di Media Sosial

4. Manfaatkan Facebook Ads

Untuk mengembangkan pasar usahamu, media sosial menjadi wadah yang paling efektif. Salah satunya, Facebook. Nah, agar halaman usahamu mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, enggak ada salahnya menggunakan Facebook Ads.

Facebook Ads ini memungkinkan profil usahamu terpampang di halaman akun pengguna lainnya. Jadi kesempatan untuk mendapatkan pelanggan jadi lebih besar, sekaligus sarana promosi. Tapi, cara ini enggak gratis ya. Biayanya disesuaikan dengan jumlah klik dan jumlah pageview.

Baca Juga: Gratis Tis Tis Tis... Terapkan Strategi Pemasaran Ini, Gratis dan Efektif Euy

5. Melakukan riset pasar

Kalau mau usahamu sukses, kamu harus rajin juga melakukan riset kecil-kecilan tentang pasar. Karena sejatinya tren pasar saat ini bisa berubah-ubah. Tujuannya untuk memahami kepuasan pelanggan terhadap produkmu. Selain itu, kamu juga jadi punya bekal untuk menentukan kemana arah usahamu nantinya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: