Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:35 WIB. Nubia - Ponsel Nubia Red Magic 3 pakai kipas buat dinginkan prosesor.
  • 23:34 WIB. Instagram - Instagram luncurkan stiker kuis.
  • 23:34 WIB. Vine - Vine akan segera bereinkarnasi dengan nama Bytes.
  • 23:32 WIB. Windows - Paint batal hilang dari Windows 10.
  • 23:31 WIB. Lenovo - Lenovo┬áluncurkan Z6 Pro yang punya lima kamera.
  • 23:30 WIB. Tik Tok - India blokir Tik Tok, pengembangnya rugi Rp7 miliar sehari.
  • 23:29 WIB. OnePlus - OnePlus 7 bakal punya layar memukau dan didukung 5G.
  • 23:27 WIB. Xiaomi - Xiaomi ekspansi ke Eropa, buka toko di Rumania.
  • 23:26 WIB. Nintendo - Nintendo murah kabarnya meluncur akhir Juni.
  • 23:24 WIB. Lambretta - Lambretta tak mau comot calon konsumen Vespa.
  • 23:23 WIB. Twitter - Twitter disebut tak berhasil saring bot di trending topic.
  • 23:22 WIB. PBUG - Nepal cabut sementara larangan PBUG.
  • 23:21 WIB. Gesits - Desain final skuter listrik Gesits bakal mejeng di IIMS.
  • 20:50 WIB. Acer - Acer rilis dua Chromebook khusus untuk pekerja frontliner.
  • 20:49 WIB. Huawei - Huawei pastikan ponsel layar lipatnya Mate X meluncur pertengahn tahun ini.

Belanja Iklan Kampanye Tembus Ratusan Miliar, Paling Boros Jokowi atau Prabowo?

Belanja Iklan Kampanye Tembus Ratusan Miliar, Paling Boros Jokowi atau Prabowo? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan selama 21 hari dari 24 Maret-13 April 2019 berhasil meramaikan industri periklanan televisi nasional. Hasil monitoring iklan televisi (TV) Adstensity menunjukkan total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional mencapai Rp602,98 miliar dengan total 14.234 iklan televisi (tvc).

Data Adstensity ini menghitung iklan-iklan televisi di dalam jeda iklan (commercial break) dan tidak menghitung apabila ada iklan televisi yang dibuat dalam bentuk atau bagian dari sebuah program acara khusus.

Lantas berapa belanja iklan yang dikucurkan kedua kandidat Pilpres 2019? Berikut rincian belanja iklan paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selama periode Kampanye Terbuka 2019 iklan Jokowi-Amin paling sering tampil di televisi dengan 2.031 iklan senilai total belanja iklan Rp89,27 miliar. Sementara kubu rival, Prabowo-Sandi menembus 1.467 iklan senilai total belanja Rp76,09 miliar.

Belanja iklan pasangan petahana paling besar di tiga stasiun televisi, yaitu RCTI dengan jumlah total Rp13,68 miliar dari 194 iklan, disusul SCTV sebanyak Rp11,84 miliar dari 170 iklan, dan MNC TV senilai Rp10,97 miliar dari total 199 iklan.

Berbeda dengan rivalnya, iklan pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga paling banyak di tiga stasiun televisi, yaitu SCTV dengan total belanja Rp16,84 miliar dari 189 iklan, Indosiar senilai Rp13,40 miliar dari 174 iklan, dan RCTI dengan total Rp7,71 miliar dari 136 iklan.

Apabila dilihat total pendapatan media televisi, pendapatan terbesar diraih oleh SCTV sebesar Rp108,53 miliar. Stasiun televisi kedua adalah Indosiar dengan Rp97,72 miliar, posisi ketiga ditempati TVOne dengan Rp82,49 miliar, dan keempat RCTI Rp60,69 miliar.

Baca Juga: Exit Poll Keluar? Prabowo atau Jokowi Menang?

Selanjutnya ANTV pada posisi kelima dengan pendapatan sebesar Rp46,29 miliar. Posisi keenam, Metro TV dengan pendapatan Rp46,11 miliar, disusul MNC TV pada posisi ketujuh dengan pendapatan Rp40,66 miliar.

Global TV berada di posisi kedelapan dengan pendapatan Rp39,98 miliar. Posisi kesembilan dan kesepuluh adalah Trans TV dengan pendapatan Rp24,86 miliar dan Kompas TV dengan pendapatan Rp 24,75 miliar. Posisi ke-11 sampai dengan ke-13 adalah Trans 7 dengan pendapatan Rp18,10 miliar, TVRI Rp7,26 miliar, dan NET Rp5,53 miliar.

Tag: Belanja Iklan, Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Rosmayanti

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,782.13 3,743.97
British Pound GBP 1.00 18,347.13 18,157.82
China Yuan CNY 1.00 2,110.41 2,089.28
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,183.00 14,041.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,986.25 9,883.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,808.85 1,790.72
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.96 10,334.90
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,907.65 15,742.77
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,433.31 3,396.47
Yen Jepang JPY 100.00 12,678.11 12,548.93

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6447.885 -14.937 632
2 Agriculture 1442.951 -28.467 21
3 Mining 1811.281 -5.209 47
4 Basic Industry and Chemicals 822.905 -12.606 71
5 Miscellanous Industry 1326.618 -0.874 46
6 Consumer Goods 2506.178 -0.702 52
7 Cons., Property & Real Estate 493.676 2.433 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1162.416 -0.583 73
9 Finance 1299.327 -4.382 91
10 Trade & Service 818.653 3.375 156
No Code Prev Close Change %
1 CAKK 113 141 28 24.78
2 OASA 300 374 74 24.67
3 MBSS 600 705 105 17.50
4 WIIM 256 300 44 17.19
5 KONI 272 318 46 16.91
6 MKPI 15,000 17,175 2,175 14.50
7 FAST 2,100 2,400 300 14.29
8 HDFA 142 162 20 14.08
9 ARTA 406 458 52 12.81
10 MTPS 920 1,035 115 12.50
No Code Prev Close Change %
1 HRME 580 460 -120 -20.69
2 CNTX 570 454 -116 -20.35
3 CPRI 131 112 -19 -14.50
4 ALKA 390 340 -50 -12.82
5 TRIO 121 108 -13 -10.74
6 BUVA 124 111 -13 -10.48
7 LMSH 620 555 -65 -10.48
8 TMPO 178 160 -18 -10.11
9 GSMF 123 111 -12 -9.76
10 MYTX 83 75 -8 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 CPRI 131 112 -19 -14.50
2 JPFA 1,765 1,675 -90 -5.10
3 CAKK 113 141 28 24.78
4 ERAA 1,585 1,655 70 4.42
5 SWAT 118 124 6 5.08
6 CPIN 6,050 5,625 -425 -7.02
7 TLKM 3,850 3,840 -10 -0.26
8 APII 184 185 1 0.54
9 ACES 1,625 1,630 5 0.31
10 BBRI 4,430 4,400 -30 -0.68