Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belanja Iklan Kampanye Tembus Ratusan Miliar, Paling Boros Jokowi atau Prabowo?

Belanja Iklan Kampanye Tembus Ratusan Miliar, Paling Boros Jokowi atau Prabowo? Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kampanye terbuka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dilaksanakan selama 21 hari dari 24 Maret-13 April 2019 berhasil meramaikan industri periklanan televisi nasional. Hasil monitoring iklan televisi (TV) Adstensity menunjukkan total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional mencapai Rp602,98 miliar dengan total 14.234 iklan televisi (tvc).

Data Adstensity ini menghitung iklan-iklan televisi di dalam jeda iklan (commercial break) dan tidak menghitung apabila ada iklan televisi yang dibuat dalam bentuk atau bagian dari sebuah program acara khusus.

Lantas berapa belanja iklan yang dikucurkan kedua kandidat Pilpres 2019? Berikut rincian belanja iklan paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selama periode Kampanye Terbuka 2019 iklan Jokowi-Amin paling sering tampil di televisi dengan 2.031 iklan senilai total belanja iklan Rp89,27 miliar. Sementara kubu rival, Prabowo-Sandi menembus 1.467 iklan senilai total belanja Rp76,09 miliar.

Belanja iklan pasangan petahana paling besar di tiga stasiun televisi, yaitu RCTI dengan jumlah total Rp13,68 miliar dari 194 iklan, disusul SCTV sebanyak Rp11,84 miliar dari 170 iklan, dan MNC TV senilai Rp10,97 miliar dari total 199 iklan.

Berbeda dengan rivalnya, iklan pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga paling banyak di tiga stasiun televisi, yaitu SCTV dengan total belanja Rp16,84 miliar dari 189 iklan, Indosiar senilai Rp13,40 miliar dari 174 iklan, dan RCTI dengan total Rp7,71 miliar dari 136 iklan.

Apabila dilihat total pendapatan media televisi, pendapatan terbesar diraih oleh SCTV sebesar Rp108,53 miliar. Stasiun televisi kedua adalah Indosiar dengan Rp97,72 miliar, posisi ketiga ditempati TVOne dengan Rp82,49 miliar, dan keempat RCTI Rp60,69 miliar.

Baca Juga: Exit Poll Keluar? Prabowo atau Jokowi Menang?

Selanjutnya ANTV pada posisi kelima dengan pendapatan sebesar Rp46,29 miliar. Posisi keenam, Metro TV dengan pendapatan Rp46,11 miliar, disusul MNC TV pada posisi ketujuh dengan pendapatan Rp40,66 miliar.

Global TV berada di posisi kedelapan dengan pendapatan Rp39,98 miliar. Posisi kesembilan dan kesepuluh adalah Trans TV dengan pendapatan Rp24,86 miliar dan Kompas TV dengan pendapatan Rp 24,75 miliar. Posisi ke-11 sampai dengan ke-13 adalah Trans 7 dengan pendapatan Rp18,10 miliar, TVRI Rp7,26 miliar, dan NET Rp5,53 miliar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: