Portal Berita Ekonomi Jum'at, 19 April 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:15 WIB. BBM - Terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4% dan LPG sebanyak 2% di Sumbagut.
  • 21:08 WIB. KBS - Krakatau Bandar Samudra Teken Kesepakatan Akuisisi WSB dan MSB.
  • 21:06 WIB. AP II - AP II sedang mengkaji kembali tiga calon lokasi pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penyaluran kredit sektor agribisnis tahun ini akan lebih baik dari realisasi 2018.
  • 20:57 WIB. BNI - BNI memproyeksikan penurunan suku bunga kebijakan BI tahun ini sekitar 25 bps.
  • 20:56 WIB. BNI - BNI memperkuat sistem keamanan digital banking.
  • 20:55 WIB. Garuda - Garuda Indonesia mencatat laba bersih US$20,48 juta pada kuartal I-2019.
  • 20:55 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah berharap nantinya 20% pembukaan rekening bisa dilayani secara digital.
  • 20:42 WIB. BNI Syariah - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019.
  • 20:42 WIB. KAEF - Kimia Farma menggali potensi penjualan kosmetik di tahun ini.

Bukan, Bukan Perindo, Partai Ini Paling Sering Muncul di TV

Bukan, Bukan Perindo, Partai Ini Paling Sering Muncul di TV - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Hasil pantauan iklan televisi (TV) dari Adstensity pada 24 Maret-13 April lalu menunjukkan total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional pada kampanye terbuka Pemilu 2019 mencapai Rp602,98 miliar dengan total 14.234 iklan televisi (tvc).

Data Adstensity ini menghitung iklan-iklan televisi dalam jeda iklan (commercial break) dan tidak menghitung apabila ada iklan televisi yang dibuat dalam bentuk atau bagian dari program acara khusus.

Dari pantauan ini, sepanjang masa kampanye terbuka, partai yang paling banyak muncul di televisi bukanlah partai dari Hary Tanoesoedibjo, yakni Perindo. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lah yang menempati peringkat pertama dari sisi jumlah iklan di televisi sebanyak 1.277 iklan dengan total belanja Rp42,84 miliar.

Baca Juga: Belanja Iklan Kampanye Tembus Ratusan Miliar, Paling Boros Jokowi atau Prabowo?

Perindo justru berada pada posisi kedua dengan jumlah 1.220 iklan. Meski demikian, Perindo merupakan yang paling boros sebagai pebelanja iklan televisi pada kategori partai politik, menempati posisi pertama dengan nilai Rp82,73 miliar.

Sebagaima diketahui Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo merupakan pemilik grup Media Nusantara Citra (MNC) dan memiliki tiga stasiun TV nasional, yaitu RCTI, MNC TV, dan Global TV.

Selanjutnya posisi ketiga dihuni Partai Hanura dengan 1.053 iklan dan belanja iklan sebesar Rp40,16 miliar. Posisi keempat dan kelima diraih Partai NasDem dengan 800 iklan dengan belanja iklan Rp30,20 miliar dan Partai Golkar dengan 659 iklan dengan belanja iklan sebesar Rp 35,46 miliar.

Partai Garuda menempati posisi keenam dengan 551 iklan. Selanjutnya di posisi ketujuh dan kedelapan ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 532 iklan dan Partai Demokrat dengan 528 iklan. Posisi kesembilan dan kesepuluh ditempati PDI Perjuangan dengan 522 iklan dan PAN dengan 424 iklan.

Yang paling hemat dalam belanja iklan justru datang dari partai capres nomor urut 02, yakni Partai Gerindra. Gerindra hanya muncul dengan 200 iklan senilai Rp7,71 miliar dan berada di urutan ke-16.

Dari tiga besar partai-partai politik yang beriklan, iklan PSI paling banyak muncul di tiga stasiun televisi, yaitu Trans TV dengan total 192 iklan dan nilai belanja iklan Rp4,06 miliar, Trans 7 sejumlah 191 iklan dengan nilai belanja iklan Rp4,36 miliar, dan Indosiar dengan 185 iklan dengan nilai belanja iklan Rp9,81 miliar.

Baca Juga: Exit Poll Keluar? Prabowo atau Jokowi Menang?

Sedangkan Perindo beriklan terutama di tiga stasiun televisi, yaitu RCTI dengan total 276 iklan dan nilai belanja iklan Rp 31,04 miliar, MNC TV sejumlah 262 iklan dan nilai belanja iklan RP 20,16 miliar, serta Global TV sebanyak 261 iklan dengan nilai belanja iklan Rp14,44 miliar. 

Sementara itu, Hanura banyak beriklan di tiga stasiun televisi, yaitu di TVOne dengan total 205 iklan dan nilai belanja iklan Rp7,87 miliar, ANTV dengan total 196 iklan dan nilai belanja iklan Rp12,09 miliar, dan TVRI dengan total 184 iklan dan nilai belanja iklan Rp1,11 miliar.

Tag: Belanja Iklan, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Rosmayanti

Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,756.57 3,718.34
British Pound GBP 1.00 18,368.14 18,184.19
China Yuan CNY 1.00 2,105.18 2,084.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,086.00 13,946.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,113.75 10,011.83
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,795.40 1,777.49
Dolar Singapura SGD 1.00 10,408.63 10,303.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,908.73 15,749.22
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,399.95 3,362.91
Yen Jepang JPY 100.00 12,583.53 12,455.12

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6507.221 25.680 632
2 Agriculture 1488.400 -0.956 21
3 Mining 1783.288 -3.538 47
4 Basic Industry and Chemicals 848.126 -1.627 71
5 Miscellanous Industry 1355.756 16.130 46
6 Consumer Goods 2546.270 -36.045 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.429 6.710 75
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1164.446 9.331 73
9 Finance 1310.375 20.186 91
10 Trade & Service 811.400 -3.387 156
No Code Prev Close Change %
1 HRME 300 374 74 24.67
2 SAPX 555 690 135 24.32
3 APEX 645 790 145 22.48
4 CNTX 414 496 82 19.81
5 MIDI 1,020 1,200 180 17.65
6 INPP 675 790 115 17.04
7 BBLD 484 565 81 16.74
8 KICI 284 330 46 16.20
9 SSIA 570 660 90 15.79
10 GHON 1,325 1,525 200 15.09
No Code Prev Close Change %
1 INRU 720 600 -120 -16.67
2 TMPO 208 180 -28 -13.46
3 MLPT 1,340 1,200 -140 -10.45
4 KOIN 226 204 -22 -9.73
5 SIPD 800 725 -75 -9.38
6 TPMA 278 252 -26 -9.35
7 TRIO 177 161 -16 -9.04
8 JSKY 1,300 1,185 -115 -8.85
9 BDMN 9,425 8,600 -825 -8.75
10 ABMM 2,200 2,010 -190 -8.64
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,340 4,460 120 2.76
2 BBCA 27,475 28,125 650 2.37
3 CPRI 167 177 10 5.99
4 WSKT 2,110 2,160 50 2.37
5 BMRI 7,625 7,800 175 2.30
6 ABBA 178 163 -15 -8.43
7 BGTG 83 82 -1 -1.20
8 UNTR 26,425 26,075 -350 -1.32
9 WIKA 2,330 2,420 90 3.86
10 TLKM 3,870 3,860 -10 -0.26

Recommended Reading