Portal Berita Ekonomi Minggu, 29 Maret 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:35 WIB. Gold Spot - 1.553 USD/troy ounce (23/3), 1.622 USD/troy ounce (24/3), 1.613 USD/troy ounce (25/3), 1.632 USD/troy ounce (26/3), 1.623 USD/troy ounce (27/3).
  • 10:34 WIB. Brent Oil - 27,03 USD/barel (23/3), 27,15 USD/barel (24/3), 27,39 USD/barel (25/3), 26,34 USD/barel (26/3), 24,93 USD/barel (27/3).
  • 10:31 WIB. WTI Oil - 23,36 USD/barel (23/3), 24,01 USD/barel (24/3), 24,49 USD/barel (25/3), 22,60 USD/barel (26/3), 21,51 USD/barel (27/3).
  • 10:29 WIB. IDR/USD - 16.575 (23/3), 16.500 (24/3), 16.305 (26/3), 16.140 (27/3).
  • 10:27 WIB. CNY/USD - 7,0925 (23/3), 7,0630 (24/3), 7,1148 (25/3), 7,0735 (26/3), 7,0963 (27/3).
  • 10:24 WIB. JPY/USD - 111,21 (23/3), 111,22 (24/3), 111,21 (25/3), 109,60 (26/3), 107,90 (27/3).
  • 10:22 WIB. USD/GBP - 1,1550 (23/3), 1,1759 (24/3), 1,1887 (25/3), 1,2203 (26/3), 1,2457 (27/3).
  • 10:20 WIB. USD/EUR - 1,0723 (23/3), 1,0789 (24/3), 1,0882 (25/3), 1,1030 (26/3), 1,1142 (27/3).

24% Generasi Milenial Indonesia Ingin Punya Bisnis Sendiri

24% Generasi Milenial Indonesia Ingin Punya Bisnis Sendiri - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Generasi muda terus berlomba membangun perusahaan rintisan (startup) dan mengembangkan karier secara mandiri untuk menjadi wirausaha baru.

Pemuda Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN yang berpikiran positif membangun negeri dan menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan teknologi.

Hasil penelitian Sea Group kepada 14.000 anak muda Indonesia menyebutkan 24% responden menginginkan punya bisnis sendiri; 17% bekerja di pemerintahan; 16,5% ingin melanjutkan usaha keluarga; dan 3,2% ingin bekerja di rintisan startup.

Baca Juga: 100 Pengusaha Hingga Pengembang Bikin Startup Cuma 54 Jam

Sea Group bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF) melakukan survei tidak hanya kepada anak muda di Indonesia, namun juga pemuda di Asia Tenggara. Hasil survei mengungkapkan motivasi pekerjaan generasi muda Indonesia adalah ingin memberi dampak positif kepada masyarakat dan komunitas.

Indonesia berada di tingkat paling atas atau 25,7% pemuda yang memiliki keinginan tersebut. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Filipina dan Vietnam. Menurut Chief Economist Sea Group Santitarn Sathiratai, ada korelasi atas hasil penelitian. Dalam penelitian itu ada keinginan anak muda menjadi entrepreneur karena tidak lagi ingin memiliki penghasilan besar.

"Generasi Indonesia masa kini ingin mempunyai nilai dalam hidupnya dan berani untuk menjadi lebih mandiri," ujar Santitarn di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Santitarn, keinginan anak muda tersebut merupakan hal positif. Bila mereka menjadi pengusaha, tentu akan memiliki dampak untuk orang lain. Motivasi generasi muda Indonesia ini menurutnya membuat perusahaan berpikir untuk menawarkan sesuatu yang lebih menarik selain penghasilan.

Santitarn juga mengingatkan anak muda untuk menjadi wirausaha yang mengikuti perkembangan zaman. Memasuki ekonomi digital merupakan jalan terbaik.

"Perusahaan teknologi mengikuti kemauan anak muda. Mereka bukan hanya memberikan yang terbaik untuk pembeli, tapi juga memberdayakan entrepreneur. Ini yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh anak muda," katanya.

Baca Juga: Dear Pendiri Startup, 3 Kesalahan Ini Perlu Dihindari saat Pitching

Lantas, bagaimana pemerintah mendukung generasi muda yang minat menjadi pengusaha digital untuk siap masuk era revolusi 4.0? Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan memiliki program sekolah pencetak wirausaha berbasis digital sejak 2018.

Bekerja sama dengan SEAMEA yakni Asosiasi Kementerian Pendidikan Se-ASEAN memfasilitasi anak-anak SMK wirausaha berbasis digital, dari berdagang online, startup, hingga usaha lain.

Kepala Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Kemendikbud Saryadi Guyatno mengatakan, konsep yang dikembangkan, mulai awarness hingga mentoring, secara daring melalui video confrence oleh narasumber ahli.

Saryadi menyebut dua pelajaran wajib yang diberlakukan kepada semua jurusan di SMK. Pertama simulasi digital, yakni siswa mempelajari teknologi terkini yang digunakan di industri digital. Kedua, produk kreatif dan kewirausahaan.

Salah seorang konsultan startup digital, Rama Mamuaya, mengatakan, 2018 adalah tahun kreatif bagi anak muda. Berbagai ide bisnis muncul, umumnya di bidang financial technology (fintech).

Partner Sindikasi Konten: Okezone

Baca Juga

Tag: Generasi Milenial, Entrepreneur

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Antara/Iggoy el Fitra

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,343.85 4,298.34
British Pound GBP 1.00 19,919.18 19,716.13
China Yuan CNY 1.00 2,306.18 2,282.75
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,311.15 16,148.85
Dolar Australia AUD 1.00 9,948.17 9,845.95
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,104.04 2,083.08
Dolar Singapura SGD 1.00 11,410.39 11,295.27
EURO Spot Rate EUR 1.00 18,010.77 17,829.95
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,812.80 3,766.06
Yen Jepang JPY 100.00 15,047.19 14,893.34
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4545.571 206.667 686
2 Agriculture 935.348 17.815 22
3 Mining 1191.831 20.200 49
4 Basic Industry and Chemicals 585.812 34.750 77
5 Miscellanous Industry 756.867 69.031 51
6 Consumer Goods 1624.014 58.453 57
7 Cons., Property & Real Estate 342.828 24.949 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 793.679 25.982 79
9 Finance 1009.594 53.086 92
10 Trade & Service 580.685 10.972 170
No Code Prev Close Change %
1 LPIN 138 186 48 34.78
2 RIGS 162 218 56 34.57
3 KMTR 180 238 58 32.22
4 FORU 87 110 23 26.44
5 PEGE 160 200 40 25.00
6 BRIS 160 198 38 23.75
7 FPNI 59 73 14 23.73
8 BSDE 600 740 140 23.33
9 ADHI 456 560 104 22.81
10 RUIS 150 184 34 22.67
No Code Prev Close Change %
1 BAYU 1,075 1,000 -75 -6.98
2 ENVY 173 161 -12 -6.94
3 MREI 5,350 4,980 -370 -6.92
4 ASBI 290 270 -20 -6.90
5 NZIA 348 324 -24 -6.90
6 PRAS 160 149 -11 -6.88
7 SSIA 466 434 -32 -6.87
8 ITIC 4,080 3,800 -280 -6.86
9 DUCK 438 408 -30 -6.85
10 VINS 117 109 -8 -6.84
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,940 3,230 290 9.86
2 BBCA 26,400 27,550 1,150 4.36
3 TLKM 2,980 3,090 110 3.69
4 BBNI 3,590 3,990 400 11.14
5 ASII 3,620 4,080 460 12.71
6 BMRI 4,470 4,940 470 10.51
7 KLBF 950 1,010 60 6.32
8 ANTM 416 460 44 10.58
9 KAEF 1,300 1,250 -50 -3.85
10 PAMG 116 119 3 2.59