Portal Berita Ekonomi Sabtu, 25 Januari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:16 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka negatif 0,19% pada level 3.319.
  • 23:15 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka positif 0,11% pada level 29.192.
  • 23:10 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka positif 0,04% pada level 9.405.
  • 23:10 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,43% terhadap Poundsterling pada level 1,3067 USD/GBP.
  • 23:09 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,26% terhadap Euro pada level 1,1026 USD/EUR.
  • 23:09 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,05% terhadap Yen pada level 109,43 JPY/USD.
  • 23:06 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.570 USD/troy ounce.
  • 23:05 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 60,88 USD/barel.
  • 23:04 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 54,41 USD/barel.
  • 16:26 WIB. Valas - Yuan ditutup negatif 0,50% terhadap Dollar AS pada level 6,91 CNY/USD.
  • 16:24 WIB. Valas - Rupiah ditutup negatif 0,41% terhadap Dollar AS pada level 13.582 IDR/USD.
  • 16:23 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup positif 0,17% pada level 3.240.
  • 16:22 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,15% pada level 27.949.
  • 16:21 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka positif 1,39% pada level 7.611.
  • 16:02 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup positif 0,13% pada level 23.827.

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mulai memasuki pasar daring (online) untuk menawarkan produk dan jasa mereka. Maka tak heran bila strategi pemasaran kian bertambah kreatif untuk memastikan perusahaan dapat meyakinkan pangsa pasar yang dimiliki.

Tak sedikit dari perusahaan itu yang mengemas pemasaran dalam bentuk kampanye digital. Sejumlah kampanye itu dibuat sedekat mungkin dengan masyarakat, khususnya target pasar perusahaan. Contoh kampanye pemasaran yang tergolong unik dilakukan oleh jajaran perusahaan teknologi, seperti Go-Jek, Grab, Tokopedia, dan sebagainya.

Baca Juga: Marak Fintech Abal-Abal, Ini Dia Tips Aman Raih Pinjaman Dana Online

Di balik kreativitas dan keunikan, pemasaran digital juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Melansir Finsmes (19/4/2019), berikut ini hal-hal yang dapat mendukung pemasaran digital perusahaan Anda:

SEO

Kata kunci terkait perusahaan itu penting dalam pemasaran digital. Bila Anda ingin kata kunci itu muncul di laman pertama mesin pencarian, silakan gunakan optimalisasi mesin pencarian (Search Engine Optimization).

SEO tidak akan memberikan hasil instan, tetapi itu akan berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang. Seperti yang diketahui, cocok atau tidaknya strategi pemasaran dipengaruhi oleh tiap model bisnis sebuah perusahaan.

Bisa dibilang, SEO adalah bagian dari investasi bisnis. Biaya pemasaran untuk SEO tak dikeluarkan terus-menerus, karena sekali situs Anda ada di laman atas maka itu akan bertahan. Hal tersebut meningkatkan tingkat kunjungan, bahkan penjualan.

Chatbot

Chatbot meniru dialog antarmanusia. Teknologi ini membuat perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan dan respon otomatis terhadap pertanyaan mereka. Interaksinya dapat berbentuk tulisan ataupun suara.

Chatbot dapat dikembangkan sendiri atau menggunakan jasa pihak ketiga, seperti kata.ai, startup yang menawarkan produk chatbot. Basis teknologi chatbot adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Pemasaran Video

Pemasaran video menjadi terkenal karena popularitasnya di kalangan konsumen yang lebih menyukai visual ketimbang tulisan. Video harus singkat (umumnya orang melewatinya setelah 10 detik), tajam dan tanpa direct fokus dalam penjualan, menggambarkan cerita, serta mengandung humor. 

Video yang mengandung humor akan dibagikan oleh sesama konsumen. Jadi, pastikan kontennya original. Tentukan target, tujuan, dan platform dengan tepat.

Pemasaran Pos Elektronik (Pos-el/email)

Pos-el masih menjadi salah satu medium untuk menyentuh konsumen secara langsung. Meskipun sudah ada metode baru, menurut data statistik, pemasaran lewat pos-el masih memkliki efektivitas yang tinggi. 

Namun, untuk membuatnya efektif, Anda harus menawarkan personalisasi dan nilai tambah sehingga jangkauannya akan maksimal. Incar pelanggan sesuai preferensi mereka. Kotak masuk pos-el konsumen pasti penuh dan Anda harus kreatif agar pesan pemasaran perusahaan dibuka olehnya. 

Iklan Berbayar

Dalam memasang iklan di platform manapun, Anda harus mengalokasi biaya bulanan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Yang paling penting, alokasi itu harus seimbang dengan laba atas investasi (Return On Investment/ROI) perusahaan.

Gunakan strategi yang variatif untuk menjangkau konsumen, dapat diawali dengan mengecek apa yang diinginkan pasar. Periklanan berbayar digital menjadi semakin kompleks karena banyaknya perusahaan yang menggarap pasar daring. Untuk itu, Anda perlu memikirkan strategi periklanan digital yang kreatif dan luar biasa.

Kampanye #MulaiAjaDulu dari Tokopedia adalah salah satu contoh iklan berbayar yang memiliki nilai keunikan tersendiri. Pun begitu dengan kampanye #UdahSaatnya dari Go-Jek.

Baca Juga

Tag: pemasaran, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: SAP

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,652.30 3,615.58
British Pound GBP 1.00 17,971.87 17,791.69
China Yuan CNY 1.00 1,975.11 1,955.32
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,700.16 13,563.84
Dolar Australia AUD 1.00 9,377.76 9,281.74
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,762.60 1,745.04
Dolar Singapura SGD 1.00 10,146.01 10,043.57
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,144.16 14,989.40
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,366.96 3,331.00
Yen Jepang JPY 100.00 12,517.28 12,390.46
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6244.109 -5.101 675
2 Agriculture 1373.668 -16.149 21
3 Mining 1477.166 -4.026 49
4 Basic Industry and Chemicals 971.995 6.046 77
5 Miscellanous Industry 1214.166 -14.289 51
6 Consumer Goods 2063.089 -15.731 57
7 Cons., Property & Real Estate 473.253 0.567 85
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1099.077 2.296 76
9 Finance 1378.649 3.256 92
10 Trade & Service 741.148 -4.067 167
No Code Prev Close Change %
1 INDO 147 198 51 34.69
2 RELI 130 170 40 30.77
3 LMAS 130 155 25 19.23
4 OMRE 930 1,100 170 18.28
5 KOTA 610 720 110 18.03
6 LPIN 256 298 42 16.41
7 INAF 810 925 115 14.20
8 SDPC 108 123 15 13.89
9 ALMI 308 348 40 12.99
10 PEGE 120 135 15 12.50
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 700 525 -175 -25.00
2 LMSH 446 338 -108 -24.22
3 POLA 171 145 -26 -15.20
4 GLOB 406 350 -56 -13.79
5 DMND 1,530 1,350 -180 -11.76
6 PCAR 324 288 -36 -11.11
7 IGAR 336 300 -36 -10.71
8 SKRN 520 466 -54 -10.38
9 NASA 620 560 -60 -9.68
10 KIOS 420 380 -40 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,700 1,690 -10 -0.59
2 TOWR 830 825 -5 -0.60
3 INAF 810 925 115 14.20
4 BMRI 7,775 7,925 150 1.93
5 LMAS 130 155 25 19.23
6 TCPI 6,875 7,000 125 1.82
7 NIKL 695 675 -20 -2.88
8 BBCA 34,200 34,050 -150 -0.44
9 PGAS 1,915 1,880 -35 -1.83
10 BBRI 4,740 4,740 0 0.00