Portal Berita Ekonomi Senin, 27 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:00 WIB. Oppo - Oppo luncurkan Reno Z bertenaga Snapdragon 710, harganya Rp3,1 juta.
  • 07:57 WIB. Asus - Asus kirim update Android Pie untuk tiga Zenfone.
  • 07:56 WIB. Medsos - Rudiantara tegaskan pembatasan akses medsos tak langgar HAM.
  • 07:54 WIB. Sony - Sony mulai ungkap kemampuan PS5: loading game lebih cepat dari PS4.
  • 07:53 WIB. Telkomsel - Ulang tahun ke-24, Telkomsel sudah punya 168 juta pelanggan dan 197.000 BTS.
  • 07:52 WIB. Google - Google hapus smartphone Huawei Mate X dan P30 Pro dari website Android. 
  • 07:50 WIB. NASA - NASA temukan lapisan es di permukaan Bulan.
  • 07:49 WIB. Facebook - Facebook disebut rilis uang virtualnya bernama GlobalCoin tahun depan.
  • 07:47 WIB. Amazon - Amazon beri Rp145 juta untuk pegawai yang mau buka bisnis pengiriman.
  • 07:45 WIB. Ransomware - Serangan ransomware di kota Baltimore, AS gunakan program EternalBlue buatan NSA. 
  • 05:28 WIB. Go-Jek - Go-Jek latih UMKM di Jawa Barat melek digital.
  • 05:27 WIB. BSSN - BSSN ingatkan perang siber di Pemilu 2019 ancam pecah bangsa.
  • 05:25 WIB. NASA - NASA gandeng Maxar garap teknologi perjalanan ke Bulan.
  • 05:22 WIB. Lenovo - Lenovo pede tak akan seperti Huawei yang kena blacklist AS.
  • 05:21 WIB. Redmi - Redmi rilis A7 bersamaan dengan K20 besok.

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mulai memasuki pasar daring (online) untuk menawarkan produk dan jasa mereka. Maka tak heran bila strategi pemasaran kian bertambah kreatif untuk memastikan perusahaan dapat meyakinkan pangsa pasar yang dimiliki.

Tak sedikit dari perusahaan itu yang mengemas pemasaran dalam bentuk kampanye digital. Sejumlah kampanye itu dibuat sedekat mungkin dengan masyarakat, khususnya target pasar perusahaan. Contoh kampanye pemasaran yang tergolong unik dilakukan oleh jajaran perusahaan teknologi, seperti Go-Jek, Grab, Tokopedia, dan sebagainya.

Baca Juga: Marak Fintech Abal-Abal, Ini Dia Tips Aman Raih Pinjaman Dana Online

Di balik kreativitas dan keunikan, pemasaran digital juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Melansir Finsmes (19/4/2019), berikut ini hal-hal yang dapat mendukung pemasaran digital perusahaan Anda:

SEO

Kata kunci terkait perusahaan itu penting dalam pemasaran digital. Bila Anda ingin kata kunci itu muncul di laman pertama mesin pencarian, silakan gunakan optimalisasi mesin pencarian (Search Engine Optimization).

SEO tidak akan memberikan hasil instan, tetapi itu akan berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang. Seperti yang diketahui, cocok atau tidaknya strategi pemasaran dipengaruhi oleh tiap model bisnis sebuah perusahaan.

Bisa dibilang, SEO adalah bagian dari investasi bisnis. Biaya pemasaran untuk SEO tak dikeluarkan terus-menerus, karena sekali situs Anda ada di laman atas maka itu akan bertahan. Hal tersebut meningkatkan tingkat kunjungan, bahkan penjualan.

Chatbot

Chatbot meniru dialog antarmanusia. Teknologi ini membuat perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan dan respon otomatis terhadap pertanyaan mereka. Interaksinya dapat berbentuk tulisan ataupun suara.

Chatbot dapat dikembangkan sendiri atau menggunakan jasa pihak ketiga, seperti kata.ai, startup yang menawarkan produk chatbot. Basis teknologi chatbot adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Pemasaran Video

Pemasaran video menjadi terkenal karena popularitasnya di kalangan konsumen yang lebih menyukai visual ketimbang tulisan. Video harus singkat (umumnya orang melewatinya setelah 10 detik), tajam dan tanpa direct fokus dalam penjualan, menggambarkan cerita, serta mengandung humor. 

Video yang mengandung humor akan dibagikan oleh sesama konsumen. Jadi, pastikan kontennya original. Tentukan target, tujuan, dan platform dengan tepat.

Pemasaran Pos Elektronik (Pos-el/email)

Pos-el masih menjadi salah satu medium untuk menyentuh konsumen secara langsung. Meskipun sudah ada metode baru, menurut data statistik, pemasaran lewat pos-el masih memkliki efektivitas yang tinggi. 

Namun, untuk membuatnya efektif, Anda harus menawarkan personalisasi dan nilai tambah sehingga jangkauannya akan maksimal. Incar pelanggan sesuai preferensi mereka. Kotak masuk pos-el konsumen pasti penuh dan Anda harus kreatif agar pesan pemasaran perusahaan dibuka olehnya. 

Iklan Berbayar

Dalam memasang iklan di platform manapun, Anda harus mengalokasi biaya bulanan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Yang paling penting, alokasi itu harus seimbang dengan laba atas investasi (Return On Investment/ROI) perusahaan.

Gunakan strategi yang variatif untuk menjangkau konsumen, dapat diawali dengan mengecek apa yang diinginkan pasar. Periklanan berbayar digital menjadi semakin kompleks karena banyaknya perusahaan yang menggarap pasar daring. Untuk itu, Anda perlu memikirkan strategi periklanan digital yang kreatif dan luar biasa.

Kampanye #MulaiAjaDulu dari Tokopedia adalah salah satu contoh iklan berbayar yang memiliki nilai keunikan tersendiri. Pun begitu dengan kampanye #UdahSaatnya dari Go-Jek.

Tag: pemasaran, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: SAP

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62