Portal Berita Ekonomi Kamis, 27 Februari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:17 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,15% terhadap Yuan pada level 7,01 CNY/USD.
  • 16:17 WIB. Valas - Rupiah ditutup negatif 0,61% terhadap Dollar AS pada level 14.025 IDR/USD.
  • 16:15 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,31% pada level 26.778.
  • 16:15 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 0,11% pada level 2.991.
  • 16:14 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup negatif 0,15% pada level 3.112.
  • 16:14 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka negatif 2,15% pada level 6.890.
  • 16:13 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup negatif 2,13% pada level 21.948.
  • 16:12 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup negatif 1,05% pada level 2.054.

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mulai memasuki pasar daring (online) untuk menawarkan produk dan jasa mereka. Maka tak heran bila strategi pemasaran kian bertambah kreatif untuk memastikan perusahaan dapat meyakinkan pangsa pasar yang dimiliki.

Tak sedikit dari perusahaan itu yang mengemas pemasaran dalam bentuk kampanye digital. Sejumlah kampanye itu dibuat sedekat mungkin dengan masyarakat, khususnya target pasar perusahaan. Contoh kampanye pemasaran yang tergolong unik dilakukan oleh jajaran perusahaan teknologi, seperti Go-Jek, Grab, Tokopedia, dan sebagainya.

Baca Juga: Marak Fintech Abal-Abal, Ini Dia Tips Aman Raih Pinjaman Dana Online

Di balik kreativitas dan keunikan, pemasaran digital juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Melansir Finsmes (19/4/2019), berikut ini hal-hal yang dapat mendukung pemasaran digital perusahaan Anda:

SEO

Kata kunci terkait perusahaan itu penting dalam pemasaran digital. Bila Anda ingin kata kunci itu muncul di laman pertama mesin pencarian, silakan gunakan optimalisasi mesin pencarian (Search Engine Optimization).

SEO tidak akan memberikan hasil instan, tetapi itu akan berguna untuk strategi pemasaran jangka panjang. Seperti yang diketahui, cocok atau tidaknya strategi pemasaran dipengaruhi oleh tiap model bisnis sebuah perusahaan.

Bisa dibilang, SEO adalah bagian dari investasi bisnis. Biaya pemasaran untuk SEO tak dikeluarkan terus-menerus, karena sekali situs Anda ada di laman atas maka itu akan bertahan. Hal tersebut meningkatkan tingkat kunjungan, bahkan penjualan.

Chatbot

Chatbot meniru dialog antarmanusia. Teknologi ini membuat perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan dan respon otomatis terhadap pertanyaan mereka. Interaksinya dapat berbentuk tulisan ataupun suara.

Chatbot dapat dikembangkan sendiri atau menggunakan jasa pihak ketiga, seperti kata.ai, startup yang menawarkan produk chatbot. Basis teknologi chatbot adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Pemasaran Video

Pemasaran video menjadi terkenal karena popularitasnya di kalangan konsumen yang lebih menyukai visual ketimbang tulisan. Video harus singkat (umumnya orang melewatinya setelah 10 detik), tajam dan tanpa direct fokus dalam penjualan, menggambarkan cerita, serta mengandung humor. 

Video yang mengandung humor akan dibagikan oleh sesama konsumen. Jadi, pastikan kontennya original. Tentukan target, tujuan, dan platform dengan tepat.

Pemasaran Pos Elektronik (Pos-el/email)

Pos-el masih menjadi salah satu medium untuk menyentuh konsumen secara langsung. Meskipun sudah ada metode baru, menurut data statistik, pemasaran lewat pos-el masih memkliki efektivitas yang tinggi. 

Namun, untuk membuatnya efektif, Anda harus menawarkan personalisasi dan nilai tambah sehingga jangkauannya akan maksimal. Incar pelanggan sesuai preferensi mereka. Kotak masuk pos-el konsumen pasti penuh dan Anda harus kreatif agar pesan pemasaran perusahaan dibuka olehnya. 

Iklan Berbayar

Dalam memasang iklan di platform manapun, Anda harus mengalokasi biaya bulanan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Yang paling penting, alokasi itu harus seimbang dengan laba atas investasi (Return On Investment/ROI) perusahaan.

Gunakan strategi yang variatif untuk menjangkau konsumen, dapat diawali dengan mengecek apa yang diinginkan pasar. Periklanan berbayar digital menjadi semakin kompleks karena banyaknya perusahaan yang menggarap pasar daring. Untuk itu, Anda perlu memikirkan strategi periklanan digital yang kreatif dan luar biasa.

Kampanye #MulaiAjaDulu dari Tokopedia adalah salah satu contoh iklan berbayar yang memiliki nilai keunikan tersendiri. Pun begitu dengan kampanye #UdahSaatnya dari Go-Jek.

Baca Juga

Tag: pemasaran, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: SAP

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,754.92 3,716.77
British Pound GBP 1.00 18,203.22 18,019.30
China Yuan CNY 1.00 2,007.16 1,986.91
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,088.09 13,947.91
Dolar Australia AUD 1.00 9,231.93 9,138.67
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.44 1,789.39
Dolar Singapura SGD 1.00 10,083.81 9,981.33
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,368.70 15,212.99
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,340.78 3,303.63
Yen Jepang JPY 100.00 12,779.47 12,648.87
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5535.694 -153.227 682
2 Agriculture 1207.532 -23.247 22
3 Mining 1368.723 -34.054 49
4 Basic Industry and Chemicals 770.392 -21.052 77
5 Miscellanous Industry 1050.866 -17.023 51
6 Consumer Goods 1799.973 -43.530 57
7 Cons., Property & Real Estate 433.140 -5.803 88
8 Infrastruc., Utility & Trans. 965.769 -20.170 78
9 Finance 1253.766 -51.425 92
10 Trade & Service 676.875 -5.364 168
No Code Prev Close Change %
1 VRNA 75 100 25 33.33
2 ALDO 362 450 88 24.31
3 IBST 6,900 8,275 1,375 19.93
4 FORU 105 122 17 16.19
5 JAYA 71 80 9 12.68
6 SRAJ 200 222 22 11.00
7 OCAP 140 155 15 10.71
8 LRNA 154 170 16 10.39
9 ITIC 1,605 1,760 155 9.66
10 DEAL 187 204 17 9.09
No Code Prev Close Change %
1 AYLS 70 50 -20 -28.57
2 CTBN 3,150 2,370 -780 -24.76
3 ALKA 396 300 -96 -24.24
4 DPNS 254 195 -59 -23.23
5 COCO 930 720 -210 -22.58
6 PICO 695 545 -150 -21.58
7 BALI 930 730 -200 -21.51
8 KPAL 140 110 -30 -21.43
9 BUKK 1,260 995 -265 -21.03
10 MAYA 8,100 6,500 -1,600 -19.75
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 4,480 4,130 -350 -7.81
2 MNCN 1,270 1,290 20 1.57
3 BBCA 32,100 31,450 -650 -2.02
4 TOWR 855 835 -20 -2.34
5 TLKM 3,510 3,470 -40 -1.14
6 BMRI 7,650 7,350 -300 -3.92
7 ANTM 630 600 -30 -4.76
8 DEAL 187 204 17 9.09
9 BHIT 61 59 -2 -3.28
10 PGAS 1,495 1,385 -110 -7.36