Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dari Laut Hingga Udara, Menhub Instruksikan Kesiapan Angkutan Lebaran 2019

Dari Laut Hingga Udara, Menhub Instruksikan Kesiapan Angkutan Lebaran 2019 Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menginstruksikan seluruh stakeholders mempersiapkan seluruh moda transportasi menjelang angkutan Lebaran 2019 dengan baik demi keselamatan dan kelancaran pada arus mudik dan balik.

Budi Karya menjelaskan, pihaknya akan mendorong agar keselamatan menjadi isu yang dikemukakan pada penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini, selain tetap memperhatikan kelancaran arus mudik.

"Saya mendorong agar rampcheck pada seluruh moda dapat dilakukan. Pada bus-bus dapat dilakukan rampcheck secara mandiri oleh Kementerian Perhubungan dan dinas perhubungan, serta dilakukan perbaikan berdasarkan hasil rampcheck. Untuk moda udara selain dilakukan rampcheck pada pesawat, maskapai juga harus memastikan agar pilot sehat," jelas Budi Karya Sumadi, Senin (22/4/2019).

Di sektor transportasi darat, Menhub mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik, mengingat angka kecelakaan telah mencapai 70%.

Untuk itu, Menhub meminta masyarakat menggunakan program mudik gratis yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), baik dengan menggunakan bus, kereta api maupun kapal laut.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran, Kemenhub: Ditetapkan dalam Waktu Dekat

Selain itu, untuk antisipasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Kemenhub melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk rekayasa lalu lintas, bisa dengan one way yang rencananya akan dilakukan saat H-3 dan H+3 Lebaran atau pun lainnya. Semua bergantung dengan situasi di lapangan.

Di sektor transportasi udara, Menhub meminta seluruh maskapai untuk fokus menentukan harga tiket agar tidak terlalu tinggi. Selain itu, juga harus melakukan rampcheck pada seluruh maskapai demi mengutamakan keselamatan dan keamanan para penumpang.

"Udara tetap menjadi primadona bagi masyarakat, meski akan bergeser karena tingginya tarif. Sehingga saya dalam minggu ini akan memanggil seluruh maskapai untuk membahas tarif bisa dijangkau. Juga tidak kalah penting tentang rampcheck, kami minta seluruh maskapai memperharikan pilot-pilotnya," jelasnya.

Sementara di moda transportasi kereta api, Menhub meminta untuk mengantisipasi titik-titik longsor guna menjaga keselamatan penumpang. Sedangkan untuk laut, Menhub meminta agar kapasitasnya ditingkatkan karena kapal laut adalah angkutan masa depan.

Secara umum, Menhub mengungkapkan, transportasi menggunakan moda darat dan udara diprediksi akan menjadi moda yang diminati para pemudik tahun ini.

Baca Juga: AP I Siapkan 2.520 Kuota untuk Mudik Gratis 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: