Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KSSK Pastikan Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga di Triwulan I 2019

KSSK Pastikan Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga di Triwulan I 2019 Kredit Foto: Antara/Aji Styawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan, kondisi stabilitas sistem keuangan (SSK) Indonesia pada triwulan I 2019 terjaga dengan baik. Hal ini berdasarkan rapat berkala dalam rangka koordinasi pemantauan dan pemeliharaan stabilitas sistem keuangan KSSK.

KSSK beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Dalam rapat yang berjalan dari malam hari hingga larut malam, kami KSSK menyampaikan hasil pemantauan dari stabilisasi keuangan. Hasilnya, stabilitas keuangan triwulan I 2019 terjaga dengan baik," ujar Ketua KSSK Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Dia mengatakan, simpulan ini berdasarkan hasil pemantauan lembaga anggota KSSK terhadap perkembangan perekonomian, moneter, fiskal, pasar keuangan, lembaga jasa keuangan, dan penjaminan simpanan. Pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung aman dan damai turut meningkatkan kepercayaan publik terhadap SSK.

Baca Juga: Investor Untung Rp79,78 Miliar, Pasar Keuangan Indonesia Berakhir Buntung

Kendati demikian, Sri Mulyani yang juga menjabat Menteri Keuangan, mencermati beberapa potensi risiko, khususnya yang berasal dari perekonomian global.

"Yaitu pelemahan pertumbuhan ekonomi global dan penurunan volume perdagangan dunia, sebagaimana menjadi perhatian dalam Spring Meetings 2019 International Monetary Fund-World Bank," pungkasnya.

Dari sisi domestik, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, tantangan yang dihadapi adalah menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan memacu investasi dan ekspor dengan tetap menjaga stabilitas sistem keuangan.

"Merespons hal tersebut, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan moneter, fiskal, makroprudensial, mikroprudensial, dan penjaminan simpanan untuk mempertahankan stabilitas ekonomi serta menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. Kami berupaya bagaimana menjaga ekpor dan sistem keuangan," tandasnya.

Baca Juga: Neraca Dagang Surplus, Pasar Keuangan Bergerak Mulus

Baca Juga: Pemprov Bali Bakal Sediakan Loket Pungutan Wisman di Terminal Domestik Bandara

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: