Portal Berita Ekonomi Minggu, 26 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:23 WIB. Asuransi - Traveloka meluncurkan produk asuransi perlindungan rumah selama momen Lebaran 2019.
  • 23:20 WIB. Hoax - Kemenkominfo mencatat ada sebanyak 30 berita hoax selama momen ricuh 22 Mei.

Apa Itu Brand Equity?

Apa Itu Brand Equity? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Brand Equity atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ekuitas merek adalah hal yang mengacu pada premi nilai yang dihasilkan perusahaan dari suatu produk dengan nama yang dapat dikenali bila dibandingkan dengan padanan generik.

Jelasnya, ekuitas merek merupakan aset yang menciptakan value atau nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas. Melansir dari Investopedia (24/4/2019), ada dua hal yang harus Anda tekankan dari ekuitas merek, yakni meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.

Bagi pemilik brand, meningkatkan kepuasan artinya mengharuskan mereka untuk terus berinovasi agar pelanggan selalu puas dan tak pernah kecewa. Sedangkan dari segi menghargai kualitas, pemilik brand atau pelanggan harus sama-sama mengetahui serta menyadari mana produk yang berkualitas dan mana yang tidak hanya dengan melihat brandnya saja.

Baca Juga: Apa Itu Point of Sale?

Ketika suatu perusahaan memiliki ekuitas merek yang positif, pelanggan rela membayar dengan harga tinggi untuk produk-produknya itu, meskipun mereka tahu pesaing bisa memberikan harga yang lebih murah.

Pada dasarnya, pelanggan rela membayar harga mahal hanya untuk mendapatkan merek dari perusahaan yang mereka tahu, kenal, dan kagumi. Dengan ekuitas merek, laba dari perusahaan tersebut kemungkinan akan lebih besar pada setiap penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness?

Komponen Ekuitas Merek

Sebenarnya, ekuitas merek memiliki tiga komponen dasar, yakni persepsi konsumen, efek negatif atau positif, dan nilai yang dihasilkan. Terutama, persepsi konsumen, yang mencakup pengetahuan dan pengalaman dengan suatu merek dan produknya. Persepsi yang dimiliki oleh konsumen tentang suatu merek secara langsung akan menghasilkan efek positif atau negatif.

JIka ekuitas merek positif, baik itu perusahaan atau pun produk dan keuangannya bisa mendapatkan keuntungan. Jika ekuitas merek tersebut negatif, maka sebaliknya.

Setelah mendapatkan efek positif atau negatif, komponen akan berubah menjadi nilai yang berwujud atau tidak berwujud. Jika efek positif, maka nilai nyata terwujud sebagai peningkatan pendapatan atau laba dan nilai tidak berwujud direalisasikan sebagai pemasaran kesadaran atau niat baik. Bagaimana jika efeknya negatif? Tentu, nilainya pun negatif.

Menumbuhkan Ekuitas Merek

Baca Juga: Simple! Begini Trik Jitu Pemasaran Bisnis Skala Kecil

1. Respon

Respon berbeda dari pelanggan terhadap produk atau jasa membantu dalam menentukan ekuitas merek. Cara pelanggan berpikir tentang merek dan menganggapnya berbeda dari merek lain akan menghasilkan respons positif untuk merek tersebut dan akan berkontribusi pada niat baiknya.

Misalnya, pelanggan memiliki respons positif terhadap laptop Mac karena perangkat lunak anti-virusnya.

2. Pengetahuan merek

Respons dapat dihasilkan hanya jika pelanggan memiliki pengetahuan yang cukup tentang merek. Dengan demikian, pengetahuan merek sangat penting untuk menentukan ekuitas merek. Pengetahuan merek mencakup pemikiran, perasaan, informasi, pengalaman, dll. Yang membentuk hubungan dengan merek.

3. Pemasaran merek

Respons pelanggan yang berbeda yang menambah nilai merek semata-mata bergantung pada pemasaran merek. Merek yang kuat menghasilkan pendapatan besar bagi organisasi dan pemahaman yang lebih baik tentang produk di antara para pelanggan.

Tag: Brand Equity, Istilah Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Stanford University

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62