Portal Berita Ekonomi Senin, 13 Juli 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya!

Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya!
WE Online, Jakarta -

Dengan semakin meningkatnya adopsi teknologi, bisnis pun kian sering bersentuhan dengan dunia digital, termasuk dalam hal pemasaran. Entah itu melalui situs resmi ataupun jejaring media sosial, pemasaran daring semakin dilakoni para pebisnis dari berbagai sektor.

Hal itu juga berkaitan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 150 juta jiwa, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keberadaan konsumen di internet membuat perusahaan mau tak mau harus menghampiri mereka melalui pendekatan daring (online). 

Vicenza.id, perusahaan yang menyediakan beragam peralatan rumah tangga dan dapur, mulai menggarap lahan pemasaran online sekitar tiga tahun lalu. Tak bisa dipungkiri, pemasaran online memang berdampak positif terhadap perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

"Kalau sekarang kan orientasinya memang banyak ya promosi secara online. Jadi, kalau memang yang kami targetkan sesuai, dampaknya bagus," ujar Marketing Manager Vicenza.id, Yohan Adi Susanto ketika dihubungi oleh Warta Ekonomi, Rabu (24/4/2019).

Dampak yang dirasakan ada dua, lanjutnya, yakni meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek Vicenza dan meningkatkan penjualan. Namun, Yohan tak menyebutkan jumlah peningkatan penjualan perusahaan sejak giat melakukan pemasaran online.

"Jadi, entah itu awareness atau penjualan, pasti ada efeknya dari pemasaran online. Pertumbuhan itu pasti ada, meski tidak langsung melonjak tinggi," jelasnya.

Baca Juga: Mulai Kewalahan Lakukan Bisnis Online? Coba Empat Alat Ini untuk Membantu

Seperti yang Yohan sampaikan, pertumbuhannya memang tak langsung signifikan. Apalagi, menurutnya, belum lama sejak Vicenza terjun ke pemasaran daring. Masih ada trial dan error yang harus dihadapi.

"Untuk mencapai itu (pertumbuhan karena pemasaran online) kan kami juga menghadapo trial-error pasti, tidak bisa langsung hasilnya bagus," pungkas Yohan.

Yang pasti, pelayanan, kualitas produk, dan harga selalu diperhatikan oleh Vicenza dalam pemasaran daring. Pemanfaatan jejaring media sosial, situs, dan toko resmi di marketplace pun menjadi penting.

Saat ini, perusahaan itu memasarkan produk secara online lewat situs resminya, Vicenza.id. Lebih lanjut, perusahaan itu pun memanfaatkan fitur-fitur dan layanan toko resmi di beberapa marketplace untuk memaksimalkan pemasaran online mereka.

Baca Juga

Tag: Vicenza.id, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/Rawpixel

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,885.96 3,846.27
British Pound GBP 1.00 18,342.22 18,158.27
China Yuan CNY 1.00 2,081.13 2,059.98
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,573.51 14,428.50
Dolar Australia AUD 1.00 10,114.02 10,011.94
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,880.43 1,861.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,457.46 10,349.69
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,425.80 16,260.92
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,412.20 3,375.88
Yen Jepang JPY 100.00 13,609.93 13,473.25
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5031.256 -21.538 696
2 Agriculture 1053.805 -9.893 23
3 Mining 1284.564 -7.045 48
4 Basic Industry and Chemicals 760.577 -2.704 80
5 Miscellanous Industry 872.398 -10.019 52
6 Consumer Goods 1799.024 -18.272 57
7 Cons., Property & Real Estate 316.058 -3.797 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 893.846 -4.992 78
9 Finance 1112.206 1.603 93
10 Trade & Service 603.264 -3.289 173
No Code Prev Close Change %
1 FITT 53 71 18 33.96
2 UANG 352 440 88 25.00
3 ARGO 1,025 1,280 255 24.88
4 PGUN 260 324 64 24.62
5 LPIN 226 270 44 19.47
6 PRIM 278 320 42 15.11
7 KBLI 408 468 60 14.71
8 PEGE 109 124 15 13.76
9 APLI 110 124 14 12.73
10 MARK 720 805 85 11.81
No Code Prev Close Change %
1 SOFA 111 100 -11 -9.91
2 PANS 930 865 -65 -6.99
3 NASA 129 120 -9 -6.98
4 GHON 1,650 1,535 -115 -6.97
5 CANI 173 161 -12 -6.94
6 ARTA 348 324 -24 -6.90
7 MREI 5,450 5,075 -375 -6.88
8 BUKK 730 680 -50 -6.85
9 PURA 132 123 -9 -6.82
10 LCKM 352 328 -24 -6.82
No Code Prev Close Change %
1 BRIS 438 474 36 8.22
2 KRAS 346 350 4 1.16
3 BCAP 158 159 1 0.63
4 ENVY 126 133 7 5.56
5 BBRI 3,140 3,110 -30 -0.96
6 TOWR 1,070 1,065 -5 -0.47
7 BNGA 755 830 75 9.93
8 BULL 304 326 22 7.24
9 TLKM 3,110 3,110 0 0.00
10 PWON 416 406 -10 -2.40