Portal Berita Ekonomi Selasa, 18 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:09 WIB. Huawei - Penjualan smartphone Huawei di dunia bakal turun 40-60%.
  • 08:01 WIB. Perbankan - Bank Mandiri Syariah mencatat transaksi e-channel naik 60% selama libur lebaran.
  • 07:42 WIB. Instagram - Instagram uji cara cepat pulihkan akun yang kena hack.
  • 07:31 WIB. 6G - SK Telecom, operator telekomunikasi Korsel, gandeng Nokia dan Ericsson kembangkan 6G.
  • 07:09 WIB. LG - LG rilis monitor gaming 1 milisecond pertama di dunia.
  • 06:59 WIB. Huawei - Huawei mau pangkas produksi, terancam kehilangan Rp458 triliun.
  • 06:31 WIB. Bursa Global - Nasdaq naik 0,62% menjadi 7.357,31.
  • 06:31 WIB. Bursa Global - Indeks Dow naik 0,09% menjadi 26.112,53.
  • 06:30 WIB. Bursa Global - Indeks S&P naik 0,09% menjadi 2.889,67
  • 06:16 WIB. Minyak - U.S. West Texas Intermediate (WTI) crude futures turun 58 cents menjadi  $51.93 per barrel, turun  1.10 persen pada Senin
  • 06:15 WIB. Minyak - Brent crude futures turun $1.07 menjadi $60.94 per barel, turun  1.73 persen pada Senin.
  • 06:05 WIB. Kairo - Mantan presiden Mesir Mohamed Mursi (67) meninggal di pengadilan.
  • 22:39 WIB. Perbankan - BTN mengincar dana Rp5 triliun lewat obligasi.
  • 22:33 WIB. New Delhi - Hampir 100 orang meninggal bulan ini di India Timur karena demam otak (encephalitis).
  • 22:03 WIB. Perbankan - Pertumbuhan kredit BCA sepanjang kuartal I 2019 tumbuh 13,2% yoy.

Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya!

Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dengan semakin meningkatnya adopsi teknologi, bisnis pun kian sering bersentuhan dengan dunia digital, termasuk dalam hal pemasaran. Entah itu melalui situs resmi ataupun jejaring media sosial, pemasaran daring semakin dilakoni para pebisnis dari berbagai sektor.

Hal itu juga berkaitan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 150 juta jiwa, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keberadaan konsumen di internet membuat perusahaan mau tak mau harus menghampiri mereka melalui pendekatan daring (online). 

Vicenza.id, perusahaan yang menyediakan beragam peralatan rumah tangga dan dapur, mulai menggarap lahan pemasaran online sekitar tiga tahun lalu. Tak bisa dipungkiri, pemasaran online memang berdampak positif terhadap perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

"Kalau sekarang kan orientasinya memang banyak ya promosi secara online. Jadi, kalau memang yang kami targetkan sesuai, dampaknya bagus," ujar Marketing Manager Vicenza.id, Yohan Adi Susanto ketika dihubungi oleh Warta Ekonomi, Rabu (24/4/2019).

Dampak yang dirasakan ada dua, lanjutnya, yakni meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek Vicenza dan meningkatkan penjualan. Namun, Yohan tak menyebutkan jumlah peningkatan penjualan perusahaan sejak giat melakukan pemasaran online.

"Jadi, entah itu awareness atau penjualan, pasti ada efeknya dari pemasaran online. Pertumbuhan itu pasti ada, meski tidak langsung melonjak tinggi," jelasnya.

Baca Juga: Mulai Kewalahan Lakukan Bisnis Online? Coba Empat Alat Ini untuk Membantu

Seperti yang Yohan sampaikan, pertumbuhannya memang tak langsung signifikan. Apalagi, menurutnya, belum lama sejak Vicenza terjun ke pemasaran daring. Masih ada trial dan error yang harus dihadapi.

"Untuk mencapai itu (pertumbuhan karena pemasaran online) kan kami juga menghadapo trial-error pasti, tidak bisa langsung hasilnya bagus," pungkas Yohan.

Yang pasti, pelayanan, kualitas produk, dan harga selalu diperhatikan oleh Vicenza dalam pemasaran daring. Pemanfaatan jejaring media sosial, situs, dan toko resmi di marketplace pun menjadi penting.

Saat ini, perusahaan itu memasarkan produk secara online lewat situs resminya, Vicenza.id. Lebih lanjut, perusahaan itu pun memanfaatkan fitur-fitur dan layanan toko resmi di beberapa marketplace untuk memaksimalkan pemasaran online mereka.

Tag: Vicenza.id, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,844.29 3,805.69
British Pound GBP 1.00 18,159.47 17,976.68
China Yuan CNY 1.00 2,091.38 2,070.50
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,418.00 14,274.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,919.58 9,819.08
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,841.36 1,822.90
Dolar Singapura SGD 1.00 10,522.55 10,413.66
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,181.32 16,015.43
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,455.90 3,418.10
Yen Jepang JPY 100.00 13,278.69 13,142.44

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6190.525 -59.740 634
2 Agriculture 1387.740 6.172 21
3 Mining 1599.384 -15.894 46
4 Basic Industry and Chemicals 740.684 -13.793 71
5 Miscellanous Industry 1278.981 -9.883 46
6 Consumer Goods 2415.601 -31.601 52
7 Cons., Property & Real Estate 467.630 -4.198 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1161.408 -10.915 74
9 Finance 1261.086 -6.995 90
10 Trade & Service 799.348 -10.114 158
No Code Prev Close Change %
1 BOLA 175 296 121 69.14
2 SDMU 54 72 18 33.33
3 SMRU 140 176 36 25.71
4 YELO 192 240 48 25.00
5 POLL 1,200 1,450 250 20.83
6 SOSS 378 430 52 13.76
7 MINA 1,090 1,235 145 13.30
8 MEGA 5,100 5,775 675 13.24
9 ARTA 412 466 54 13.11
10 HRME 292 324 32 10.96
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,300 975 -325 -25.00
2 BMTR 480 360 -120 -25.00
3 FITT 230 173 -57 -24.78
4 SMBR 1,030 785 -245 -23.79
5 SKBM 464 368 -96 -20.69
6 TGKA 4,750 4,000 -750 -15.79
7 WICO 625 530 -95 -15.20
8 SIMA 112 97 -15 -13.39
9 GLOB 348 302 -46 -13.22
10 BHIT 84 74 -10 -11.90
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,300 975 -325 -25.00
2 MAMI 116 124 8 6.90
3 JPFA 1,545 1,410 -135 -8.74
4 SMRU 140 176 36 25.71
5 BMTR 480 360 -120 -25.00
6 CSIS 109 98 -11 -10.09
7 SIMA 112 97 -15 -13.39
8 BBRI 4,230 4,200 -30 -0.71
9 CPIN 4,700 4,380 -320 -6.81
10 BDMN 4,510 4,250 -260 -5.76