Portal Berita Ekonomi Senin, 27 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:00 WIB. Oppo - Oppo luncurkan Reno Z bertenaga Snapdragon 710, harganya Rp3,1 juta.
  • 07:57 WIB. Asus - Asus kirim update Android Pie untuk tiga Zenfone.
  • 07:56 WIB. Medsos - Rudiantara tegaskan pembatasan akses medsos tak langgar HAM.
  • 07:54 WIB. Sony - Sony mulai ungkap kemampuan PS5: loading game lebih cepat dari PS4.
  • 07:53 WIB. Telkomsel - Ulang tahun ke-24, Telkomsel sudah punya 168 juta pelanggan dan 197.000 BTS.
  • 07:52 WIB. Google - Google hapus smartphone Huawei Mate X dan P30 Pro dari website Android. 
  • 07:50 WIB. NASA - NASA temukan lapisan es di permukaan Bulan.
  • 07:49 WIB. Facebook - Facebook disebut rilis uang virtualnya bernama GlobalCoin tahun depan.
  • 07:47 WIB. Amazon - Amazon beri Rp145 juta untuk pegawai yang mau buka bisnis pengiriman.
  • 07:45 WIB. Ransomware - Serangan ransomware di kota Baltimore, AS gunakan program EternalBlue buatan NSA. 
  • 05:28 WIB. Go-Jek - Go-Jek latih UMKM di Jawa Barat melek digital.
  • 05:27 WIB. BSSN - BSSN ingatkan perang siber di Pemilu 2019 ancam pecah bangsa.
  • 05:25 WIB. NASA - NASA gandeng Maxar garap teknologi perjalanan ke Bulan.
  • 05:22 WIB. Lenovo - Lenovo pede tak akan seperti Huawei yang kena blacklist AS.
  • 05:21 WIB. Redmi - Redmi rilis A7 bersamaan dengan K20 besok.

Tips dan Trik Pemasaran Online Ala Vicenza

Tips dan Trik Pemasaran Online Ala Vicenza - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Strategi sangat dibutuhkan dalam pemasaran untuk memastikan efektivitasnya terhadap peningkatan penjualan ataupun citra merek perusahaan. Tentunya, hal itu juga berlaku untuk pemasaran yang dilakukan secara daring.

Sebuah perusahaan yang menjual peralatan rumah tangga dan alat dapur, Vicenza memiliki strategi yang memang diciptakan untuk pemasaran daring mereka. Pertama, perusahaan memanfaatkan situs resmi mereka, Vicenza.id.

"Kalau di situs resmi kami yang penting tampilannya bagus, responsif, informasinya lengkap, dan ada promosi," kata Marketing Manager Vicenza.id, Yohan Adi Susanto kepada Warta Ekonomi, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga: Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya!

Kedua, Vicenza memanfaatkan jejaring media sosial perusahaan, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube untuk mempromosikan jaringan toko perusahaan. Menurut Yohan, aktivitas dan konten di akun-akun itu penting dalam menjangkau para pelanggan Vicenza yang berada di platform digital. Aktivitas yang dimaksud meliputi testimoni, give away, dan pembaruan konten. 

"Yang penting media sosialnya itu harus aktif ya. Dalam arti promosinya tidak cuma itu-itu saja, tidak ada aktivitas; itu biasanya kurang hidup," tambahnya.

Ketiga, Vicenza membuka toko resmi di sejumlah marketplace dan memaksimalkan fitur-fitur khusus. Sejauh ini, kehadiran marketplace dinilai dapat membantu Vicenza dari dari sisi penjualan secara online. Sayangnya, perusahaan tak menyebutkan nama-nama dari marketplace yang dimaksud.

"Kalau official store ada beberapa fitur yang memang kami peroleh (dari marketplace). Kami manfaatkan semua fasilitas dan fitur yang ada dari setiap marketplace itu," jelas Yohan.

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto

Menurut pria itu, tiap fasilitas di masing-masing marketplace berbeda, sehingga ada kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, sebisa mungkin Vicenza terus berpartisipasi pada penawaran yang diberikan oleh penyedia platform dagang online itu.

"Fasilitas yang ditawarkan tiap marketplace juga berbeda, intinya apapun yang mereka tawarkan sebisa mungkin kami partisipasi," ungkap Yohan.

Di beberapa kesempatan, Vicenza juga memanfaatkan strategi online-to-offline (O2O) untuk mensinkronisasi penjualan online dan offline. Selain itu, memerhatikan pelayanan, kualitas produk, dan harga yang ditawarkan juga menjadi bagian dari strategi pemasaran daring Vicenza.

Perusahaan itu sendiri baru mulai menekuni pemasaran dan penjualan daring sekitar tiga tahun lalu. Hasilnya, terjadi pertumbuhan penjualan meskipun tak langsung melonjak begitu saja. Kesadaran pelanggan terhadap citra merek Vicenza pun diakui meningkat dengan adanya strategi-strategi pemasaran daring itu.

Tag: Vicenza.id, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/John Schnobrich

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62