Portal Berita Ekonomi Senin, 27 Januari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Tips dan Trik Pemasaran Online Ala Vicenza

Tips dan Trik Pemasaran Online Ala Vicenza - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Strategi sangat dibutuhkan dalam pemasaran untuk memastikan efektivitasnya terhadap peningkatan penjualan ataupun citra merek perusahaan. Tentunya, hal itu juga berlaku untuk pemasaran yang dilakukan secara daring.

Sebuah perusahaan yang menjual peralatan rumah tangga dan alat dapur, Vicenza memiliki strategi yang memang diciptakan untuk pemasaran daring mereka. Pertama, perusahaan memanfaatkan situs resmi mereka, Vicenza.id.

"Kalau di situs resmi kami yang penting tampilannya bagus, responsif, informasinya lengkap, dan ada promosi," kata Marketing Manager Vicenza.id, Yohan Adi Susanto kepada Warta Ekonomi, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga: Selain Penjualan, Pemasaran Online Mampu Tingkatkan Awareness. Ini Buktinya!

Kedua, Vicenza memanfaatkan jejaring media sosial perusahaan, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube untuk mempromosikan jaringan toko perusahaan. Menurut Yohan, aktivitas dan konten di akun-akun itu penting dalam menjangkau para pelanggan Vicenza yang berada di platform digital. Aktivitas yang dimaksud meliputi testimoni, give away, dan pembaruan konten. 

"Yang penting media sosialnya itu harus aktif ya. Dalam arti promosinya tidak cuma itu-itu saja, tidak ada aktivitas; itu biasanya kurang hidup," tambahnya.

Ketiga, Vicenza membuka toko resmi di sejumlah marketplace dan memaksimalkan fitur-fitur khusus. Sejauh ini, kehadiran marketplace dinilai dapat membantu Vicenza dari dari sisi penjualan secara online. Sayangnya, perusahaan tak menyebutkan nama-nama dari marketplace yang dimaksud.

"Kalau official store ada beberapa fitur yang memang kami peroleh (dari marketplace). Kami manfaatkan semua fasilitas dan fitur yang ada dari setiap marketplace itu," jelas Yohan.

Baca Juga: 5 Tips Bisnis Online untuk Pemula Ala Michael Sugiharto

Menurut pria itu, tiap fasilitas di masing-masing marketplace berbeda, sehingga ada kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun, sebisa mungkin Vicenza terus berpartisipasi pada penawaran yang diberikan oleh penyedia platform dagang online itu.

"Fasilitas yang ditawarkan tiap marketplace juga berbeda, intinya apapun yang mereka tawarkan sebisa mungkin kami partisipasi," ungkap Yohan.

Di beberapa kesempatan, Vicenza juga memanfaatkan strategi online-to-offline (O2O) untuk mensinkronisasi penjualan online dan offline. Selain itu, memerhatikan pelayanan, kualitas produk, dan harga yang ditawarkan juga menjadi bagian dari strategi pemasaran daring Vicenza.

Perusahaan itu sendiri baru mulai menekuni pemasaran dan penjualan daring sekitar tiga tahun lalu. Hasilnya, terjadi pertumbuhan penjualan meskipun tak langsung melonjak begitu saja. Kesadaran pelanggan terhadap citra merek Vicenza pun diakui meningkat dengan adanya strategi-strategi pemasaran daring itu.

Baca Juga

Tag: Vicenza.id, Bisnis Online

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Unsplash/John Schnobrich

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,652.30 3,615.58
British Pound GBP 1.00 17,971.87 17,791.69
China Yuan CNY 1.00 1,975.11 1,955.32
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,700.16 13,563.84
Dolar Australia AUD 1.00 9,377.76 9,281.74
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,762.60 1,745.04
Dolar Singapura SGD 1.00 10,146.01 10,043.57
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,144.16 14,989.40
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,366.96 3,331.00
Yen Jepang JPY 100.00 12,517.28 12,390.46
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6244.109 -5.101 675
2 Agriculture 1373.668 -16.149 21
3 Mining 1477.166 -4.026 49
4 Basic Industry and Chemicals 971.995 6.046 77
5 Miscellanous Industry 1214.166 -14.289 51
6 Consumer Goods 2063.089 -15.731 57
7 Cons., Property & Real Estate 473.253 0.567 85
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1099.077 2.296 76
9 Finance 1378.649 3.256 92
10 Trade & Service 741.148 -4.067 167
No Code Prev Close Change %
1 INDO 147 198 51 34.69
2 RELI 130 170 40 30.77
3 LMAS 130 155 25 19.23
4 OMRE 930 1,100 170 18.28
5 KOTA 610 720 110 18.03
6 LPIN 256 298 42 16.41
7 INAF 810 925 115 14.20
8 SDPC 108 123 15 13.89
9 ALMI 308 348 40 12.99
10 PEGE 120 135 15 12.50
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 700 525 -175 -25.00
2 LMSH 446 338 -108 -24.22
3 POLA 171 145 -26 -15.20
4 GLOB 406 350 -56 -13.79
5 DMND 1,530 1,350 -180 -11.76
6 PCAR 324 288 -36 -11.11
7 IGAR 336 300 -36 -10.71
8 SKRN 520 466 -54 -10.38
9 NASA 620 560 -60 -9.68
10 KIOS 420 380 -40 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,700 1,690 -10 -0.59
2 TOWR 830 825 -5 -0.60
3 INAF 810 925 115 14.20
4 BMRI 7,775 7,925 150 1.93
5 LMAS 130 155 25 19.23
6 TCPI 6,875 7,000 125 1.82
7 NIKL 695 675 -20 -2.88
8 BBCA 34,200 34,050 -150 -0.44
9 PGAS 1,915 1,880 -35 -1.83
10 BBRI 4,740 4,740 0 0.00