Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Healthtech China, Grab Akan Rilis Layanan Kesehatan Digital

Gandeng Healthtech China, Grab Akan Rilis Layanan Kesehatan Digital Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Grab akan meluncurkan layanan kesehatan dan asuransi daring di platform mereka pada tahun ini. Tentunya, perusahaan itu akan menggandeng partner strategis untuk merealisasikan rencana tersebut.

Executive Director Grab Indonesia, Ongki Kurniawan mengatakan, layanan kesehatan daring rencananya akan meluncur pada Juni atau Juli 2019. Sementara waktu perilisan layanan asuransi daring masih belum bisa dipublikasikan.

"Akhir kuartal dua atau awal kuartal tiga layanan healthcare sudah mulai bisa diluncurkan," ujar Ongki kepada pers, Kamis (25/4/2019), di CGV Grand Indonesia. 

Untuk meluncurkan layanan itu, Grab menggandeng PingAn, sebuah platform teknologi kesehatan asal China. Nantinya, produk-produk platform itu akan terintegrasi ke aplikasi Grab.

Baca Juga: Hadapi Persaingan dengan Go-Food, Grab Buka 2 GrabKitchen Baru di Jakarta Utara

Ongki mengatakan, "Nantinya pengguna Grab dapat berkonsultasi lewat layanan telemedicine, bukan hanya dibantu oleh dokter, tetapi juga dibantu teknologi AI."

Selain layanan konsultasi daring, Grab juga akan menyediakan produk kesehatan lain, meliputi pemberian resep secara digital hingga pengantaran obat oleh mitra pengemudi. Namun, penambahan produk itu juga harus sejalan dengan regulasi pemerintah.

Perluasan bisnis Grab ke sektor teknologi kesehatan itu bertujuan untuk memudahkan proses penanganan layanan kesehatan. Baik dari segi pasien maupun dokter. 

"Dulu satu dokter cuma bisa menangani 20-30 pasien sehari, di China, dengan adanya healthtech berbasis AI, satu dokter bisa menangani hingga 500 pasien," tutup pria itu.

Baca Juga: Grab Luncurkan Fitur Keamanan Canggih, Apa Ya?

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan