Gandeng Intel, SMI Dukung Developer Lokal Kembangkan IoT

Gandeng Intel, SMI Dukung Developer Lokal Kembangkan IoT Kredit Foto: Agus Aryanto

Sejalan dengan inisiatif Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Pemerintah guna mendorong daya saing global, PT Metrodata Electronics, Tbk (MTDL) mendukung para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan solusi terpadu Internet of Things (IoT). Upaya ini dilakukan melalui PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), entitas anak dari MTDL, bekerja sama dengan Intel Corporation.

Dalam kerja sama ini, SMI menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia dan yang pertama kali ditunjuk Intel Corporation sebagai Intel IOT Solution Aggregator. Melalui SMI, Intel akan mempercepat pengembangan solusi IoT termasuk diantaranya Intel Market Ready Solutions dan Intel RFP Ready Kits.

Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur SMI mengatakan, nilai lebih dari kerja sama tesebut akan diberikan kepada mitra bisnis dan pelanggan kami dalam bentuk penyediaan solusi IoT yang mereka perlukan melalui one stop solution.

Baca Juga: Metrodata Perkenalkan Portofolio Produk Gaming Terbaru

"Sebagai Intel IoT Aggregator, SMI akan mencari solusi lokal baru yang dapat diajukan ke Intel sebagai Market Ready Solution, khususnya solusi computer vision," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Juma (26/4/2019).

Melalui kerjasama tersebut, SMI meluncurkan Artificial Intelligence of Things (AIoT) memulai Kompetisi OpenVINO yang terbuka bagi para developer lokal. Selanjutnya untuk memahami platform Intel OpenVINO yang akan jadi dasar aplikasi IOT, digelar rangkaian workshop bertema Intel Vision Technology dan OpenVINO Toolkit, guna memberi arahan bagi para peserta kompetisi di Jakarta.

"Selanjutnya workshop akan dilaksanakan di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya," ujar Agus.

Tahapan selanjutnya adalah peserta diminta untuk mengirimkan proposal dimana akan diseleksi 15 besar peserta. Kemudian para peserta tersebut akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi hingga mendapat 3 besar peserta.

Lalu pengumuman pemenang kompetisi OpenVINO akan dumumkan di bulan Agustus 2019. Solusi yang memenuhi kualifikasi akan di distribusikan oleh SMI dan akan diajukan ke Intel sebagai Intel Market Ready Solutions.

Baca Juga: Bermitra dengan Intel, SMI Jadi IoT Solution Aggregator di Indonesia

SMI merupakan satu-satunya perusahaan yang meluncurkan pelatihan OpenVINO di Indonesia, menyusul Kontes dan Kompetisi bagi aplikasi enterprise, startup, B2B (Business to Business), B2G (Business to Government) hingga G2C (Government to Customers). Sementara Intel AI In Production juga menawarkan beragam kelengkapan mulai dari piranti lunak hingga development kit agar bisnis klien SMI dapat mengembangkan berbagai solusi Artificial Intelligence dalam waktu singkat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini