Portal Berita Ekonomi Sabtu, 25 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:23 WIB. Asuransi - Traveloka meluncurkan produk asuransi perlindungan rumah selama momen Lebaran 2019.
  • 23:20 WIB. Hoax - Kemenkominfo mencatat ada sebanyak 30 berita hoax selama momen ricuh 22 Mei.

Makin Canggih. . . AI Berperan Penting dalam Bisnis di Masa Depan

Makin Canggih. . . AI Berperan Penting dalam Bisnis di Masa Depan - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Artificial Intelligence (AI) kini menjadi aset bisnis yang layak menjadi perhatian setiap pengusaha. AI mampu membuat kemajuan dalam berbagai topik, mulai dari urutan email berbasis perilaku hingga bot pengiriman pesan yang cerdas dan bahkan analisis kepuasan karyawan internal.

Anda dapat menggunakan AI untuk meningkatkan retensi pelanggan, NPS, tingkat penutupan penjualan, dan prospek yang belum memenuhi syarat. Sulit untuk mengetahui di mana AI akan berada dalam satu atau dua dekade ke depan.

Baca Juga: Mantap! Ini 5 Manfaat AI untuk Bisnis Startup

Apa manfaat AI untuk bisnis baik skala besar maupun skala kecil?

1. Analisis emosional

Salah satu CEO Gartner pernah berkata, "Pada tahun 2022, perangkat pribadi Anda akan lebih tahu tentang keadaan emosi Anda daripada keluarga Anda sendiri."

Emosi AI, juga dikenal sebagai komputasi afektif, yakni iterasi dari AI yang mampu mendeteksi emosi manusia dan merespons emosi-emosi tersebut. Satu studi dari University of Ohio mengklaim bahwa AI sekarang lebih baik dalam mendeteksi emosi daripada manusia.

Baca Juga: Startup Ini Gunakan AI untuk Identifikasi Lingkungan

Bayangkan, dengan AI, Anda bisa mengumpulkan emosi pemirsa ketika menonton video online Anda, atau menggunakan urutan penjualan email, bot perpesanan, dan bahkan opsi telepon dukungan pelanggan yang beradaptasi secara otomatis berdasarkan emosi pengguna.

2. Dukungan pelanggan

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari Entrepreneur (25/04/1997), peningkatan moderat dalam pengalaman pelanggan secara besar-besaran dapat meningkatkan pendapatan. AI bisa memberikan peran penting untuk masa depan industri layanan pelanggan.

3. Penjualan dan generasi pemimpin

AI membuat percikan besar dalam penjualan business to business (B2B) dan generasi pemimpin. Harvard Business Review melaporkan, bisnis yang menggunakan AI dapat mengurangi waktu panggilan hingga 70 persen dan meningkatkan jumlah pelanggan hingga 50 persen.

Selain itu, satu sumber percaya bahwa 85 persen dari tugas yang berhubungan dengan penjualan bisa diserahkan kepada robot pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Jitu, 5 Trik Ini Jitu Buat Pemasar B2B Digital, Cobain Deh!

4. Bakat kecerdasan

Merekrut talenta yang tepat untuk perusahaan Anda bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Untungnya, produk-produk AI dapat menawarkan bantuan.

Menurut survei terhadap 1.000 eksekutif C-Level dari perusahaan besar yang dilakukan oleh Eightfold, 78 persen bisnis yang disurvei menyebut program bakat sebagai "sangat penting," tetapi hanya 44 persen mengatakan bahwa yang mereka gunakan efektif, sisanya berkata itu tak efektif.

AI memainkan peran di sini untuk wawancara, mengkurasi daftar kandidat yang relevan, menghilangkan bias dengan skrining buta, dan mendorong perhatian dengan mobilitas internal di antara fitur-fitur lainnya.

Tag: Artificial Intelligence, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Entrepreneur.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,873.11 3,833.79
British Pound GBP 1.00 18,390.47 18,203.81
China Yuan CNY 1.00 2,105.00 2,084.12
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,523.00 14,379.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,001.99 9,895.63
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,850.58 1,832.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,523.91 10,415.79
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,239.62 16,077.16
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,466.11 3,429.29
Yen Jepang JPY 100.00 13,250.91 13,115.94

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6057.353 24.657 633
2 Agriculture 1373.110 2.580 21
3 Mining 1637.715 -11.489 47
4 Basic Industry and Chemicals 722.150 -0.477 71
5 Miscellanous Industry 1249.820 10.190 46
6 Consumer Goods 2391.895 9.088 52
7 Cons., Property & Real Estate 446.447 1.873 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1120.346 19.080 74
9 Finance 1223.772 6.088 90
10 Trade & Service 792.573 -3.999 156
No Code Prev Close Change %
1 BMSR 86 116 30 34.88
2 PTSN 835 1,040 205 24.55
3 KONI 214 264 50 23.36
4 KOIN 204 242 38 18.63
5 AKPI 450 530 80 17.78
6 HDFA 112 131 19 16.96
7 TRIM 147 170 23 15.65
8 KOBX 161 180 19 11.80
9 POLY 89 98 9 10.11
10 ANDI 1,670 1,820 150 8.98
No Code Prev Close Change %
1 TAXI 90 59 -31 -34.44
2 CNTX 590 458 -132 -22.37
3 GOLD 530 420 -110 -20.75
4 BRAM 8,225 6,600 -1,625 -19.76
5 DUTI 4,600 3,750 -850 -18.48
6 CANI 193 160 -33 -17.10
7 SKBM 450 376 -74 -16.44
8 MKNT 116 97 -19 -16.38
9 FIRE 10,375 8,925 -1,450 -13.98
10 MBTO 139 122 -17 -12.23
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,030 1,055 25 2.43
2 BBRI 3,850 3,850 0 0.00
3 TLKM 3,660 3,750 90 2.46
4 SOCI 196 210 14 7.14
5 BMRI 7,575 7,700 125 1.65
6 JPFA 1,400 1,425 25 1.79
7 FREN 266 284 18 6.77
8 TARA 765 785 20 2.61
9 BBCA 28,025 28,050 25 0.09
10 ERAA 1,105 1,145 40 3.62