Portal Berita Ekonomi Sabtu, 21 September 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 05:20 WIB. India - Menkeu: Pajak perusahaan dipotong menjadi 22% (30% sebelumnya) untuk perusahaan domestik
  • 00:46 WIB. Bursa - Indeks FTSE dibuka melemah 0,16% pada level 7.344
  • 20:09 WIB. CPO - Harga CPO CIF Rotterdam diperdagangkan pada level 567,5 dollar/ton
  • 20:05 WIB. Valas - Dollar menguat 0,38% terhadap Poundsterling pada level 1,2479 $/pound
  • 20:04 WIB. Valas - Dollar menguat 0,15% terhadap Euro pada level 1,1024 $/euro
  • 20:03 WIB. Valas - Dollar melemah 0,09% terhadap Yen pada level 107,92 yen/dollar
  • 20:02 WIB. Valas - Dollar melemah 0,05% terhadap Yuan pada level 7,0928 yuan/dollar
  • 20:00 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.501 $/ounce
  • 19:59 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,64 $/barel
  • 19:58 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 64,81 $/barel
  • 18:18 WIB. Korea - Kemenko dan Keuangan: Penurunan ekspor dan investasi terus berlanjut
  • 16:06 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup menguat 0,24% pada level 3.006
  • 16:05 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,54% pada level 2.091
  • 16:04 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup menguat 0,16% pada level 3.163
  • 16:02 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup melemah 0,13% pada level 26.435

Apa Itu Earned Media?

Apa Itu Earned Media? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Earned media atau yang diketahui sebagai media gratis merupakan media yang mencakup publisitas yang diperoleh dari mulut ke mulut, buzz, ulasan, liputan berita, komentar, umpan balik, likes, mentioned, share, dan berbagai upaya promosi selain dari iklan media berbayar atau branding media yang dimiliki.

Melansir dari Crazyegg (25/04/2019), singkatnya, earned media adalah publisitas apa pun yang dibuat oleh pihak ketiga untuk merek Anda.

Jeffrey Dachis, salah satu pendiri Razorfish mengatakan, "Merek-merek masa depan akan dibangun di atas pemasaran yang otentik dan berbasis advokasi yang kemudian diperkuat melalui pemasaran yang dimiliki dan dibayar. Berbeda dengan situasi saat ini, earned media akan mendorong media berbayar dan dimiliki."

Baca Juga: Apa Itu Brand Valuation?

Dalam strategi marketing communication, earned media beriringan dengan istilah lain, yakni paid media, owned media, earned media, yang biasa disebut dengan istilah POE.

Paid media merupakan media yang berbayar, sedangkan owned media merupakan media yang kita miliki. Paid media adalah pemasangan iklan-iklan di berbagai media dengan pembelian space berbayar bisa di TV, koran, majalah, radio, online, dll. Owned media adalah media yang dibuild oleh brand sendiri dan contentnya dikontrol oleh media tersebut, misalnya corporate website, microsite, blog, facebook, twitter, fanpage, dan majalah korporasi.

Singkatnya, dalam strategi marketing, metode apapun yang digunakan baik paid atau pun owned, tujuannya sama, yakni menghasilkan earned media.

Kenapa harus fokus pada earned media?

Pertama, informasi yang paling tepercaya berasal dari pelanggan Anda yang sangat puas, bukan dari slogan pemasaran Anda. Ulasan, berbagi, posting, dan umpan balik pelanggan adalah bagian dari konten yang dibuat pengguna Anda, di mana mereka memainkan peran penting dalam keseluruhan strategi pemasaran tersebut.

Baca Juga: Catat Ya! Ini Waktu Paling Pas Buat Kamu Posting Dagangan di Media Sosial

Selanjutnya, media sosial telah meledakkan jumlah absolut dan jangkauan media yang diterima. Orang tidak akan pernah bisa membeli pelanggan dan pendapat mereka. Jadi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) mereka berfungsi dengan baik.

Artinya, apa pun yang dibagikan pelanggan di jejaring sosial berpotensi menjangkau jutaan orang, semua berkat kekuatan dan keajaiban platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, Google Plus, dan lainnya. Sembilan puluh dua persen konsumen mengatakan bahwa mereka mempercayai media yang dihasilkan, sementara hanya setengah yang percaya iklan yang dibayar.

Baca Juga: Apa Itu Call to Action?

Terkahir, earned media penting karena konversi terjadi ketika pengunjung situs web Anda bertindak berdasarkan Call to Action Anda. Ketika merek Anda telah mendapatkan pujian positif dari sumber yang tidak dibayar, tingkat konversi menunjukkan angka yang lebih baik.

Tag: Earned Media, Istilah Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,773.96 3,736.24
British Pound GBP 1.00 17,748.95 17,572.01
China Yuan CNY 1.00 2,001.27 1,981.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,155.00 14,015.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,608.41 9,511.98
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.08 1,789.13
Dolar Singapura SGD 1.00 10,276.61 10,169.80
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,648.35 15,492.18
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.74 3,348.06
Yen Jepang JPY 100.00 13,113.77 12,980.46

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6231.473 -12.997 654
2 Agriculture 1373.405 5.845 21
3 Mining 1665.437 14.211 49
4 Basic Industry and Chemicals 880.940 -6.688 73
5 Miscellanous Industry 1168.551 -4.934 49
6 Consumer Goods 2224.357 -12.734 53
7 Cons., Property & Real Estate 500.602 -0.838 81
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1228.506 14.718 75
9 Finance 1256.024 -5.058 90
10 Trade & Service 796.555 -5.213 163
No Code Prev Close Change %
1 AHAP 56 75 19 33.93
2 KPAL 560 680 120 21.43
3 TIRA 244 286 42 17.21
4 SAPX 870 1,000 130 14.94
5 POLI 1,165 1,335 170 14.59
6 SMMA 10,000 11,000 1,000 10.00
7 POWR 1,010 1,100 90 8.91
8 HOTL 155 168 13 8.39
9 ABMM 1,805 1,950 145 8.03
10 SSTM 454 490 36 7.93
No Code Prev Close Change %
1 HOME 113 84 -29 -25.66
2 KRAH 1,500 1,135 -365 -24.33
3 VINS 136 103 -33 -24.26
4 OKAS 258 216 -42 -16.28
5 APEX 550 462 -88 -16.00
6 JKON 500 428 -72 -14.40
7 ALKA 488 420 -68 -13.93
8 FILM 480 416 -64 -13.33
9 TRIM 170 150 -20 -11.76
10 GGRP 945 855 -90 -9.52
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,270 1,250 -20 -1.57
2 HOME 113 84 -29 -25.66
3 MAMI 140 147 7 5.00
4 FREN 163 166 3 1.84
5 YELO 176 176 0 0.00
6 BBRI 4,220 4,160 -60 -1.42
7 IPTV 530 520 -10 -1.89
8 TLKM 4,210 4,290 80 1.90
9 KPAL 560 680 120 21.43
10 SWAT 118 120 2 1.69