Portal Berita Ekonomi Rabu, 22 Mei 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:32 WIB. Pemudik - ASDP siap layani 4,67 juta pemudik tahun ini.
  • 10:30 WIB. Tiket - Menhub masih temui banyak keluhan mengenai mahalnya tiket pesawat.
  • 10:29 WIB. Pangan - Asabri gelar pangan murah di Tegal Arul.
  • 10:17 WIB. E-Commerce - Pemerintah menutup ratusan portal e-commerce yang bermasalah.
  • 10:15 WIB. Menhub - Menhub akui masih banyak PR yang harus rampung sebelum lebaran.
  • 10:14 WIB. Asuransi - Program asuransi usaha tani padi belum mencapai target.
  • 10:12 WIB. Arbitrase - Badan Arbitrase Nasional Indonesia perluas jaringan internasional.
  • 10:10 WIB. Maskapai - Maskapai asal China minta kompensasi Boeing imbas kandangkan 737 MAX.
  • 09:11 WIB. PLN - PLN aliri listrik lima desa di Halmahera Selatan.
  • 09:06 WIB. Pertamina - Pertamina bersama OOG sedang melaksanakan persiapan pelaksanaan proyek GRR Bontang.
  • 09:06 WIB. Indocement - Indocement mencatat kenaikan laba 50,2% di kuartal I-2019.
  • 09:06 WIB. BRI - DPLK BRI siapkan strategi untuk raih ROI optimal.
  • 09:05 WIB. KAI - KAI Daop 1 Jakarta hari ini berhenti di Jatinegara untuk mengantisipasi demonstran.
  • 09:05 WIB. IHSG - IHSG dibuka melemah 0,05% ke level 5.948,38 di awal sesi I. 
  • 08:29 WIB. Sukuk - Hingga Senin (20/5), jumlah pemesan ST-004 telah mencapai Rp 2,49 triliun.

Apa Itu Earned Media?

Apa Itu Earned Media? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Earned media atau yang diketahui sebagai media gratis merupakan media yang mencakup publisitas yang diperoleh dari mulut ke mulut, buzz, ulasan, liputan berita, komentar, umpan balik, likes, mentioned, share, dan berbagai upaya promosi selain dari iklan media berbayar atau branding media yang dimiliki.

Melansir dari Crazyegg (25/04/2019), singkatnya, earned media adalah publisitas apa pun yang dibuat oleh pihak ketiga untuk merek Anda.

Jeffrey Dachis, salah satu pendiri Razorfish mengatakan, "Merek-merek masa depan akan dibangun di atas pemasaran yang otentik dan berbasis advokasi yang kemudian diperkuat melalui pemasaran yang dimiliki dan dibayar. Berbeda dengan situasi saat ini, earned media akan mendorong media berbayar dan dimiliki."

Baca Juga: Apa Itu Brand Valuation?

Dalam strategi marketing communication, earned media beriringan dengan istilah lain, yakni paid media, owned media, earned media, yang biasa disebut dengan istilah POE.

Paid media merupakan media yang berbayar, sedangkan owned media merupakan media yang kita miliki. Paid media adalah pemasangan iklan-iklan di berbagai media dengan pembelian space berbayar bisa di TV, koran, majalah, radio, online, dll. Owned media adalah media yang dibuild oleh brand sendiri dan contentnya dikontrol oleh media tersebut, misalnya corporate website, microsite, blog, facebook, twitter, fanpage, dan majalah korporasi.

Singkatnya, dalam strategi marketing, metode apapun yang digunakan baik paid atau pun owned, tujuannya sama, yakni menghasilkan earned media.

Kenapa harus fokus pada earned media?

Pertama, informasi yang paling tepercaya berasal dari pelanggan Anda yang sangat puas, bukan dari slogan pemasaran Anda. Ulasan, berbagi, posting, dan umpan balik pelanggan adalah bagian dari konten yang dibuat pengguna Anda, di mana mereka memainkan peran penting dalam keseluruhan strategi pemasaran tersebut.

Baca Juga: Catat Ya! Ini Waktu Paling Pas Buat Kamu Posting Dagangan di Media Sosial

Selanjutnya, media sosial telah meledakkan jumlah absolut dan jangkauan media yang diterima. Orang tidak akan pernah bisa membeli pelanggan dan pendapat mereka. Jadi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) mereka berfungsi dengan baik.

Artinya, apa pun yang dibagikan pelanggan di jejaring sosial berpotensi menjangkau jutaan orang, semua berkat kekuatan dan keajaiban platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, Google Plus, dan lainnya. Sembilan puluh dua persen konsumen mengatakan bahwa mereka mempercayai media yang dihasilkan, sementara hanya setengah yang percaya iklan yang dibayar.

Baca Juga: Apa Itu Call to Action?

Terkahir, earned media penting karena konversi terjadi ketika pengunjung situs web Anda bertindak berdasarkan Call to Action Anda. Ketika merek Anda telah mendapatkan pujian positif dari sumber yang tidak dibayar, tingkat konversi menunjukkan angka yang lebih baik.

Tag: Earned Media, Istilah Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,882.98 3,843.65
British Pound GBP 1.00 18,520.32 18,331.39
China Yuan CNY 1.00 2,110.39 2,089.52
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,560.00 14,416.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,018.74 9,918.21
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,854.97 1,836.55
Dolar Singapura SGD 1.00 10,569.11 10,463.82
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,256.24 16,089.70
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.51 3,442.63
Yen Jepang JPY 100.00 13,170.51 13,036.72

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5951.372 44.251 633
2 Agriculture 1366.777 14.842 21
3 Mining 1624.810 15.212 47
4 Basic Industry and Chemicals 712.136 4.816 71
5 Miscellanous Industry 1221.444 17.621 46
6 Consumer Goods 2370.755 11.367 52
7 Cons., Property & Real Estate 441.498 6.423 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1080.867 1.302 74
9 Finance 1194.094 9.687 90
10 Trade & Service 790.186 6.735 156
No Code Prev Close Change %
1 CNTX 472 590 118 25.00
2 BSSR 1,280 1,600 320 25.00
3 MASA 454 565 111 24.45
4 INCF 214 266 52 24.30
5 SKBM 300 372 72 24.00
6 MCOR 121 150 29 23.97
7 RELI 202 250 48 23.76
8 MINA 1,240 1,530 290 23.39
9 POOL 1,885 2,280 395 20.95
10 MKPI 13,975 16,725 2,750 19.68
No Code Prev Close Change %
1 MFMI 570 464 -106 -18.60
2 NIPS 260 218 -42 -16.15
3 KOIN 250 212 -38 -15.20
4 YPAS 525 452 -73 -13.90
5 POSA 460 398 -62 -13.48
6 BALI 1,780 1,550 -230 -12.92
7 IIKP 70 61 -9 -12.86
8 TRIS 238 210 -28 -11.76
9 CITY 344 308 -36 -10.47
10 BRAM 9,025 8,100 -925 -10.25
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,750 3,750 0 0.00
2 MNCN 925 945 20 2.16
3 APLI 81 75 -6 -7.41
4 TLKM 3,600 3,600 0 0.00
5 BBCA 26,900 27,300 400 1.49
6 ABBA 142 153 11 7.75
7 BMRI 7,225 7,250 25 0.35
8 UNTR 24,500 24,725 225 0.92
9 MTPS 1,140 1,165 25 2.19
10 BBNI 8,425 8,600 175 2.08