Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Satelit Multifungsi Indonesia Akan Terbang di Akhir 2022

Satelit Multifungsi Indonesia Akan Terbang di Akhir 2022 Kredit Foto: Antara/Citro Atmoko
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menandatangani perjanjian regres proyek pengadaan satelit multifungsi bernama Satelit Republik Indonesia (Satria) sebagai penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK).

Proyek itu bekerja sama dengan PT Satelit Nusantara Tiga sebagai badan usaha pelaksana (BUP). Perusahaan itu memenangkan lelang untuk proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) tersebut.

"Satelit ini merupakan yang pertama terbesar di Asia dari sisi kapasitas," ujar Menkominfo Rudiantara di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Kapasitas dari satelit Satria mencapai 150 Gbps dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dengan frekuensi Ku-Band. Menurut Chief RA, sapaannya, nilai kontrak proyek itu mencapai Rp21,4 triliun.

Baca Juga: Satelit Nusantara Satu Mengorbit, PSN Targetkan Hal Ini

Rudiantara berujar, "Nilainya itu untuk merancang, membangun, mengoperasikan, dan memelihara selama 15 tahun."

Konstruksi proyek itu diperkirakan akan dimulai pada akhir 2019. Pada akhir 2022, satelit multifungsi itu ditargetkan sudah berada di slot orbit.

"Setelah ini akan ada penyelesaian pembiayaan (financial close) dulu, kemudian perancangan kurang lebih 3,5 tahun. Jadi akhir 2022 diharapkan satelitnya sudah meluncur," pungkasnya.

Melalui satelit Satria, pemerintah akan menghubungkan 93.900 fasilitas pendidikan, 47.900 pemerintahan, 3.900 pertahanan dan keamanan, dan 3.700 kesehatan. Secara total, ada sekitar 150 ribu titik yang akan terhubung dengan satelit tersebut.

Baca Juga: Susul Satelit Nusantara 1, PSN Siapkan Nusantara 2 dan 3

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: