Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menanti BPS Umumkan Angka Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2019

Menanti BPS Umumkan Angka Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2019 Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Pusat Statistik (BPS) siang ini, Senin (6/5/2019), akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2019. Pengumuman tersebut dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB di Kantor BPS, Jakarta.

Selain mengumumkan pertumbuhan ekonomi nasional, BPS akan mengumumkan indeks tendensi bisnis dan indeks tendensi konsumen kuartal I/2019 dan keadaan ketenagakerjaan Februari 2019.

Sebelumnya Center of Reform on Economics (CORE) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2019 bisa mencapai 5%. Hal ini didorong oleh konsumsi rumah tangga yang relatif stabil.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Stabil, Tapi Masih Harus Kurangi Impor!

“Dari domestik, konsumsi rumah tangga relatif stabil. Sampai Februari lalu, dilihat dari indeks penjualan riil mengalami kenaikan dari beberapa kuartal terakhir. Prospek untuk pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2019 untuk tumbuh di atas 5% sangat besar,” ujar Direktur Eksekutif CORE Mohammad Faisal.

Meski konsumsi rumah tangga stabil dan belanja pemerintah meningkat, investasi dan ekspor diperkirakan masih melambat. Sementara impor akan melambat lebih tajam dari ekspor sehingga defisit menyempit.

“Dengan progres seperti ini, dalam tiga bulan pertama, masih memungkinkan atau masih dalam range yang kita prediksi untuk pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,1%-5,2%,” jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: